Kata-kata Motivasi Kerja Untuk Karyawan

0
1019

Kata-kata motivasi kerja untuk para karyawan

Kata-kata motivasi kerja. Mau percaya ataupun tidak, bekerja siang dan malam memang terkadang membuat diri kita merasa jenuh. Saat kejenuhan ini tiba kinerjapun akan menurun. Sebagian orang mungkin akan memilih break sejenak dan berlibur untuk menghilangkan kejenuhan ini. Namun ada juga yang memilih tetap konsisten bekerja walaupun pikiran sudah kemana-mana. Biasanya tipe orang seperti ini akan mencari motivasi dari lingkungan sekitarnya. Baik dari teman, maupun kerabat dekat.

Tau nggak sih, jika kejenuhan ini dibiarkan datang, bisa-bisa kualitas kerjamu akan menjadi sangat buruk. Tak ubahnya kemalasan, kejenuhan juga bisa jadi virus yang mematikan. Bisa-bisa kerjaanmu berantakan hanya karena virus jenuh yang datang tiba-tiba. Oleh sebab itu bagi para karyawan sangat dianjurkan untuk merefresh diri dari segala kesibukan. Ibarat baterai, jika sudah dicash akan full kembali.

Sebagai manusia biasa, kapasitas kita tentu terbatas. Manusiawi sekali jika terkadang semangat kita rusak dan menurun. Biasanya semangat yang turun ini disebabkan berbagai hal. Baik factor dalam diri sendiri ataupun factor lingkungan. Biasanya kejenuhan yang datang dari dalam diri sendiri disebabkan karena kurang adanya optimisme. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencoba untuk mengapresiasi diri sendiri. Selalu bersyukur dan mencoba menghargai hasil kerjamu sendiri. Adapun kejenuhan yang disebabkan oleh factor lingkungan, biasanya karena kondisi lingkungan yang kurang positif. Lingkungan yang kurang positif ini akan bnayak mempengaruhi kinerjamu dan semangatmu.

Lalu bagaimana mengatasi semangat kerja yang menurun ini? Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda-beda untuk menjaga dan mengembalikan semangat mereka. Ada yang berlibur, berolahraga, nonton atau mencariĀ  motivasi dari lingkungan sekitar. Nah, di antara cara untuk menjaga semangatmu agar tetap stabil, kamu bisa melihat beberapa tips di bawah ini.

Daftar Isi

Tips menjaga semangat kerja

1. Ingat keluarga di rumah

Keluarga adalah satu-satunya alasan kita untuk tetap bekerja. Ada tanggung jawab yang harus kita pikul sebagai seorang kepala keluarga. Jika kita sedang jenuh dan down, mengingat-ingat keluarga bisa menjadi salah satu alternatif agar samangat kerjamu kembali lagi. Mengingat bahwa siapa lagi yang bisa diandalkan kalau bukan dirimu. Kalau kamu jenuh dan tidak bersemangat, lalu dimana mereka harus bersandar?

2. Ingat mimpi dan cita-cita

Sebagian dari kita terkadang memang memiliki motovasi terpendam dalam diri. Biasanya motivasi ini berupa mimpi dan cita-cita sejak kecil yang ingin diwujudkan. Untuk mewujudkannya tentu harus disertai usaha yang optimal. Nah untuk meningkatkan dan menjaga semangat kerjamu, kamu bisa mengingat apa yang menjadi ambisi dan mimpu agar jenuhmu hilang kinerjamu juga kembali on.

3. Percaya kepada diri sendiri

Sebagian para pekerja biasanya merasa jenuh karena kurangnya percaya diri. Mereka kurang mampu mengoptimalkan kemampuan mereka dalam bekerja sehingga meresa minder dan berkecil hati. Hal ini tentu akan memberikan efek jenuh bahkan bosan kepada kerjaan yang sedang kita geluti. Untuk mencegah hal itu terjadi, mulailah untuk percaya dengan dirimu sendiri. Mengoptimalkan kerjamu dan berusaha untuk menghargai jerih payahmu sendiri. Dengan begitu kamu akan lebih merasa optimis dan kerjamu juga akan kembali bersemangat.

4. Pilihlah tempat yang tidak tertutup

Kebanyakan jenuh yang datang ini disebabkan diri kita yang merasa sumpek. Jika kamu merasa sumpek perasaanmu juga akan terganggu dan memicu timbulnya rasa jenuh dan malas. Nah untuk mencegah hal ini usahakan untuk duduk dan bekerja yang terbuka, memiliki sirkulasi udara yang bagus serta pencahayaan yang terang. Dengan begitu kamu akan merasa fresh dan nyaman.

5. Mencari motivasi dari luar

Beberapa pekerja akan memilih jalan lain untuk menanggulangi malas dan suntuk yang melanda. Di antarnya dengan mencoba mencari motivasi-motivasi ringan yang membangun. Motivasi ini bisa didapat dari kata-kata singkat yang menyulut semangat. Kata-kata motivasi bisa kamu dapatkan melalui tulisan-tulisan ringan, quote maupun dari teman atau kerabat. Di antara kata-kata singkat untuk memotivasi kinerjamu adalah sebagai berikut.

6. Bekerja demi masa depan

Kalimat ini memiliki arti bahwa kita harus giat bekerja demi masa depan ynag kita impikan. Banyak dari kita yang tiba-tiba semangatnya down di tengah jalan. Biasanya saat kita menyadari bahwa motivasi berkerja adalah demi masa depan yang cerah, semangat kita akan kembali lagi. Akan lebih baik jika kita bisa menanamkan kalimat ini di dalam hati agar kapanpun kita merasa capek dan jenuh kita kembali ingat akan tujuan dan motivasi hidup kita.

7. Susah lho cari kerja sekarang!

Kamu yang sudah dapat kerja, jangan main-main ya sama pekerjaanmu. Ingat di luar sana masih banyak orang yang lari-larian cari kerja demi sesuap nasi. Beruntunglah kamu sudah memiliki pekerjaan dan menghasilkan uang. Nah jika tiba-tiba kamu jenuh kamu bisa mengingat kebereruntungan ini. Bersyukur karena sudah memiliki pekerjaan. Tinggal bagaimana kamu menjalaninya dengan penuh semangat dan suka cita.

8. Bekerja lebih banyak!

Orang-orang hebat yang terukir dalam sejarah adalah orang-orang yang banyak bekerja. Barang siapa bekerjanya lebih banyak, maka hasil yang akan dituai pun juga lebih banyak. Bagi kamu yang sedang dilanda kejenuhan akibat kebanyakan kerja, kamu bisa mengingat-ingat kata motivasi ini agar semangatmu kembali muncul. Percayalah, bahwa tidak ada pekerjaan yang sia-sia. Seberapa banyak kamu bekerja maka segitu juga kamu akan mendapatkan hasil dan manfaatnya. Jika ingin sukses maka bekerjalah, dan jika ingin lebih hebat makan lebih banyaklah bekerja.

9. Cintai pekerjaanmu!

Bekerja adalah rutinitas para karyawan setiap harinya. Menjalankan kesibukan yang sama setiap hari terkadang akan menjadikan kita bosan dan jenuh. Namun, apabila pekerjaanmu adalah sesuatu yang yang kamu suka dan kamu cintai, tentu jenuh dan bosan ini tidak akan datang. Karena kamu melakukannya dengan enjoy dan nyaman. Maka untuk meminimalisir terjadinya kejenuhan dan hilangnya semangat kerjamu, maka mulailah mencintai pekerjaan yang kamu geluti. Jadikanlah dirimu senyaman mungkin saat sedang bekerja agar kamu tidak cepat merasa bosan. Mencintai pekerjaan adalah salah satu cara efektif untuk mencegah datangnya bosan dan membuat semangat kerja selalu ada.

10. Mulailah dari sekarang!

Jika kamu punya mimpi, cita-cita dan ambisi, tentu kamu akan berpikir bagaimana mewujudkannya. Salah satu cara untuk menjadikan mimpimu jadi kenyataan adalah dengan usaha dan kerja. Mulailah dari sekarang, karena saat kamu menunda-nunda pekerjaan maka kerjaanmu akan semakin menumpuk dan menjadikan diri kita semakin malas. Saat malas datang, mimpi yang sudah kita idam-idamkan tentu harus tertunda lagi dan lagi. Maka belajarlah memulai segalanya sejak awal. Sehingga kerjaannya bisa dilakukan sedikit demi sedikit. Dengan begitu kamu bisa lebih nyaman dan ringan dalam menjalani pekerjaanmu.

Demikian beberapa kata motivasi kerja singkat yang bisa membangkitkan lagi semangatmu saat dilanda kejenuhan dan kebosanan. Untuk menambah semangat, kamu juga bisa membaca kata motivasi belajar secara lebih detail di web kami. Semoga bermanfaat dan membuatmu kembali fresh dan nyaman dalam bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 5 =