Cerita Pendek Motivasi Kerja Team

0
836

Cerita Pendek Motivasi Kerja Team

Cerita Pendek Motivasi Kerja Team. Entah tidak tahu kenapa, kerja sama tim seringkali dihindari oleh kebanyakan orang di lingkungan kerja. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang dikarenakan mereka merasa sanggup bekerja independen tanpa bantuan orang. Sehingga, mereka tidak membutuhkan bantuan orang lain. Ada juga yang dikarenakan memang ingin pekerjaan yang lebih private. Sehingga, mereka enggan bekerja sama.

Padahal, yang namanya team work itu mampu memberikan banyak manfaat. Baik itu untuk dirinya sendiri ataupun perusahaan. Maka dari itulah, sudah seharusnya setiap pegawai itu menurunkan ego-nya dalam bekerja di sebuah perusahaan. Menjaga kekompakan antar tim di kantor itu harus selalu dilakukan. Supaya setiap pegawai bisa lebih produktif untuk membuat perusahaan semakin maju.

2 Contoh Cerita Pendek Motivasi Kerja Team

Maka dari itulah, penting sekali untuk menghindari sikap bisa bekerja mandiri. Bagaimanapun juga, bekerja berkelompok itu jauh lebih baik dibandingkan bekerja secara mandiri. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat Anda akan paham tentang pentingnya bekerja sama secara team dilingkungan kerja. Berikut ini adalah 2 cerita pendek tentang motivasi kerja secara team, antara lain:

Cerita Motivasi Kerja Team Pertama

Suatu ketika ada sebuah tim dari 35 karyawan sedang berkumpul untuk pembentukan tim. Mereka semuanya adalah tim muda yang antusias dan cerdas. Sayangnya, meskipun mereka semua cerdas, namun tidak mau saling berbagi informasi ataupun memberikan solusi antara pegawai satu dengan yang lain. Sehingga, hal ini membuat pemimpin perusahaan merasa bahwa pegawainya terlalu fokus pada dirinya sendiri dan tidak bisa dijadikan sebagai tim.

Maka dari itulah, pemimpin perusahaan kemudian mulai memberikan kegiatan tim yang menyenangkan. Supaya setiap pegawainya mau belajar betapa pentingnya bekerja sama antar tim. Caranya adalah, pemimpin tersebut membawa timnya ke cafe. Semua kursi mejanya disingkirkan. Selanjutnya, cafetaria tersebut didekorasi dengan desain yang menyenangkan, seperti diberikan ratusan balon yang warnanya berbeda-beda dan ada 1 kotak besar balon.

Sehingga, hal ini membuat semua tim merasa senang.  Dari sinilah, pemimpin tersebut meminta setiap pegawai memilih balon dan meledakkannya. Setelah itu, menulis nama di atasnya. Saat balon tersebut muncul kembali, itu artinya mereka di luar permainan. Saat ini, ada 30 pegawai mendapatkan namanya di balon. Kemudian, mereka diminta meninggalkan balonnya ke luar ruangan. Mereka diberi informasi bila mereka akan lolos pada putaran kedua.

5 menit setelah itu, pemimpin membawa timnya ke ruangan lagi dan memberikan tantangan lagi. Yaitu,harus menemukan balon yang telah ditinggalkan tadi di antara rautsan balon lainnya di cafe yang besar. Jika balon itu muncul lagi, maka mereka didiskualifikasi. Setelah 15 menit berlalu, tidak ada satupun yang dapat menemukan balonnya. Sehingga, permainan berlanjut pada putaran ketiga.

Di babak ketiga, pemimpin meminta anggotanya menemukan balon di ruangan itu yang ada namanya dan memberikan balon itu ke orang yang namanya tertulis di balon. Dalam hitungan menit, akhirnya setiap anggota tim mendapatkan balonnya dengan namanya sendiri. Dari sinilah bisa diambil kesimpulan bahwa akan lebih efesien setiap pekerjaan bila setiap orang mau berbagi atau bekerja sama. Karena pemecah masalah itu jauh lebih baik dikerjakan bekerja sama dibandingkan sendirian.

Cerita Motivasi Kerja Team Kedua

Untuk cerita motivasi kerjasama tim yang kedua adalah dari tupai dengan semut hitam. Saat itu, ada petani duduk di tepi sawah dan melihat ladang. Dia senang karena ada banyak pohonnya yang akan panen. Sehingga, dia menghitung keuntungannya. Kemudian, muncul tupai yang melompat dari pohon ke pohon yang lain. Setelah itu, petani sedih karena tupai akan merusak hasil panennya. Setelah itu, rasa semut hitam yang melihat wajah petani yang sedih langsung mengumpulkan pasukan untuk mengusir tupai itu.

Semut hitam tersebut baris dari akar hingga batang pohon tertinggi. Tupai yang menyaksikan barisan semut hitam langsung pergi. Hal ini dikarenakan kekompakan semut hitam yang jumlahnya banyak inilah membuat tupai takut dengan semut hitam. Petani kemudian penasaran, kenapa tupai yang pantai pergi dari ladangnya. Setelah mendekati pohon, dia melihat ada barisan semut di pohon. Kemudian, petani langsung bersyukur karena ad asemut hitam yang berhasil menghalau hama tupai.

Dari kisah ini bisa diambil kesimpulan bahwa sepandai-pandainya tupai dalam melompat, pasti bisa jatuh. Jadi, tidak ada satupun orang yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti punya kekurangan. Maka dari itulah, gunakan talenta yang diberikan Tuhan sebaik-baiknya untuk hal yang positif. Selalu bersyukur terhadap talenta yang diberikan Tuhan adalah hal yang baik untuk membuat Anda bisa menjadi lebih baik.

Nah, setelah melihat dari cerita pendek tentang motivasi kerja sama tim tersebut, maka kini saatnya memahami manfaat bila bekerjasama secara tim itu ada banyak. Salah satunya adalah bisa meningkatkan efisiensi kerja. Setiap orang yang ada dalam tim pasti punya pemikiran yang tidak sama. Namun, saat bekerja sama, anggota tim harus membuat kesepakatan yang sama.

Setiap anggota tim harus paham akan targetnya dalam berkelompok. Jadi, setiap anggota tim harus punya visi yang sama. Dengan kerjasama yang baik, maka efisiensi kerja akan semakin meningkat. Karena semua anggota akan menjalankan tugasnya sesuai tanggung jawabnya sendiri. Sehingga, pekerjaan menumpuk pun akan cepat beres. Hal ini dikarenakan ada banyak ide kreatif yang muncul saat bekerja sama dengan tim.

Tim Vs Kerja Sendiri

Saat seseorang bekerja sendirian, pikirannya lama berkembang. Sehingga, akan sulit menemukan ide kreatif. Berbeda sekali bila bekerja sama dengan tim. Anda bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman 1 tim. Sehingga, hal ini membuat kreatifitas semakin terbangun. Karena disaat bekerja sama dengan tim, ada diskusi yang dilakukan untuk membahas semua hal berkaitan dengan pekerjaan.  Dengan begitu, terciptalah sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pekerjaan.

Itu artinya, beban pekerjaan menjadi terasa lebih ringan bila dilakukan secara bersama-sama. Meskipun setiap orang punya tugas yang dibagi rata oleh atasan. Namun, dengan bekerja sama, semua orang bisa saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama. Jadi, disini Setiap pegawai bisa saling tolong menolong dan sama-sama belajar untuk tidak hanya memperhatikan kepentingannya sendiri. Namun, lebih fokus pada kepentingan bersama.

Setidaknya, dengan kerjasama tim yang baik, maka setiap pegawai bisa sama-sama saling menguatkan ketika berada di masa sulit. Semua pegawai akan saling mendukung dan juga melengkapi visi yang sama. Dengan cara inilah, setiap pegawai bisa saling mengandalkan dan menguatkan. Bandingkan saja bagaimana bila Anda bekerja sendiri. Anda pasti kewalahan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Yang pasti, dengan kerja sama tim yang baik, perusahaan bisa lebih maju dan berkembang. Bagaimanapun juga, kolaborasi tim itu bisa berdampak kemajuan perusahaan. Produktifitas kerja semakin meningkat dengan kerja sama tim yang baik yang turut berpatisipasi dalam pekerjaan, sama seperti ketrampilannya masing-masing. Sehingga, setiap proyek yang dikerjakan menjadi cepat selesai dan proyek lainnya bisa segera dikerjakan juga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − seven =