Kata Motivasi Belajar Singkat dan Padat

0
1014

Kata Motivasi Belajar Singkat dan Padat

Kata Motivasi Belajar Singkat dan Padat. Jika kamu ingin sukses hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berusaha. Yaitu berusaha untuk tidak menyerah dan berusaha untuk terus belajar. Belajar memang bisa kapan dan dimana saja. Tapi bukan berarti kamu bisa menunda dan melupakan belajarmu. Untuk sesaat terkadang kita memang sering lupa. Karena sudah terlanjur enjoy dengan aktifitas akhirnya belajar kita terkesampingkan.

Dari masa kecil hingga dewasa, pasti pernah dong sesekali merasakan malas dalam belajar. Malas dalam belajar memang manusiawi, tapi jika sudah kelewatan bisa menjadi bumerang dalam hidupmu lo. Malas belajar bisa menjadi penghambat mencapai cita-cita dan kesuksesan dalam hidup. Ada beberapa faktor yang menyebabkan malas dalam belajar. Baik dari diri sendirir atau dari lingkungan sekitar. Intinya malas menjadi pemicu utama terhambatnya seseorang dalam belajar.

Rasa malas memang bisa menjadi candu kalau tidak dilawan. Lebih-lebih jika saat libur panjang tiba, pasti akan sangat sulit untuk mengembalikan semangat kita dalam belajar. Bisa sangat berbahaya jika rasa malas ini menghambat aktifitas sekolah. Jika tidak dilawan, bisa-bisa kamu akan menjadi budak kemalasan ini. Nah, bagaimana agar kamu bisa melawan rasa malas? Berikut ada beberapa tips untuk melawan rasa malas.

Tips melawan rasa malas

  1. Selalu ingat cita-cita kita

Saat kita ingat cita-cita apa yang ingin kita capai, rasanya kita ingin selalu berusaha untuk mewujudkannya. Karena dengan cita-cita tersebut kita memiliki tujuan mulia. Dengan keinginan untuk segera menggapai cita-cita tersebut berarti kita ingin segera mewujudkan tujuan mulia itu. misalnya cita-cita kita ingin menjadi dokter, mendirikan Academic Indonesia, atau menjadi polisi. Maka mau tidak mau kita harus selalu giat belajar untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Karena dengan cita-cita tersebut kita bisa menolong dan menyembuhkan orang yang sakit.

  1. Ingat nasihat orang tua

Biasanya para orang tua akan selalu menasihati anaknya untuk rajin dan terus belajar. Karena dengan rajin dan terus belajar kita bisa membahagiakan dan membanggakan orang tua kita. pasti tidak mungkin dong, kita membuat mereka kecewa. Dengan selalu mengingat nasihat orang tua, semangat kita untuk belajar akan terus membara.

  1. Cari lingkungan pergaulan yang positif.

Lingkunganmu adalah cerminan dirimu. Jika kita berteman dengan orang yang rajin dan penuh semangat, pasti kita juga akan tertular menjadi pribadi yang bersemangat. Sebaliknya jika kita berteman dengan lingkungan yang negatif tentu kita juga akan terpengaruh. Memang sebagian orang ada yang bisa membawa diri dan tidak terpengaruh. Tapi untuk lebih berhati-hati dan menjaga semangatmu lebih baik pilihlah lingkungan yang positif. Agar belajarmu nyaman.

  1. Jangan menunda pekerjaan

Karena malas adalah sejenis virus yang akan berkembang jika kamu diamkan, maka jangan sampai virus tersebut berkembang biak. Salah satu caranya adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, bisnis rumahanmu dan belajarmu. Jika ada tugas bergegaslah untuk menyelesaikannya. Jika tidak, kamu akan merasa nyaman, dan jika sudah nyaman maka akan sangat malas untuk beranjak. Maka jangan sampai tugasmu menumpuk ya dan semakin membuatmu malas menyelesaikannya.

  1. Mencari motivasi dari diri sendiri atau lingkungan sekitar

Di antara cara-cara yang efektif untuk mencegah rasa malas ini adalah dengan mencari motivasi agar kembali bersemangat. Baik dari dalam diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar. Biasanya kita juga perlu untuk memberi apresiasi untuk diri kita sendiri, seberapapun hasil yang sudah kita kerjakan. Karena dengan begitu diri kita terasa dihargai dan beguna. Bisa juga dengan mencari kata-kata motivasi belajar singkat dan padat yang bisa menjadikan semangat belajar kita kembali membara. Kata-kata ini bisa kita dapatkan di banyak tempat. Baik dalam buku, quote, ataupun dari teman dan saudara.

Kata Motivasi Belajar Singkat dan Padat

Berikut beberapa kata motivasi belajar singkat yang bisa kamu jadikan pemantik agar kamu selalu bersemangat dalam menjalankan aktifitas belajarmu.

1. Hidup itu singkat!

Artinya, jika tidak kamu manfaatkan sebaik-baiknya bisa-bisa akan menjadi sia-sia. Sebaiknya selama hidup ini kamu manfaatkan untuk mencapai hal-hal positif seperti cita-cita, keinginan orang tua, dan membantu orang lain. Semua itu bisa kamu lakukan diawali dengan belajar yang rajin. Agar semua hal positif dapat kamu lakukan tentu harus kamu mulai dengan belajar dan usaha yang tekun.

2. Demi masa depan!

Kata-kata singkat ini memiliki makna yang dalam. Artinya jika kamu ingin memiliki masa depan yang cerah dan bagus, kamu harus memulainya dari sekarang. Memulai usaha dengan belajar yang sungguh-sungguh. Karena kunci kesuksesan seseorang adalah dengan usaha keras dan tidak mudah putus asa. Jika kamu tiba-tiba terserang virus malas, kamu bisa mengatakan kata-kata ini dan tanamkan dalam hati. Karena keberhasilan itu tidak diraih dengan mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Kita perlu jatuh bangun untuk mengubah masa depan kita menjadi lebih baik lagi.

3. Demi hidup dan dunia yang lebih baik

kata-kata ini memiliki arti bahwa kita harus hidup dengan target dan keinginan  untuk mau berubah. Kita tidak boleh pasrah dan menyerah tanpa usaha untuk berubah menjadi lebih baik. Biasanya orang yang memiliki keingingan kuat dan ambisi yang hebat, masa depannya akan lebih baik. karena dia akan mati-matian berusaha untuk belajar dan meraih kesuksesan. Dia juga sadar betul kesuksesan dan perubahan tidak mungkin datang dengan sendirinya tanpa usaha. Belajar dan usaha adalah kunci utama untuk merubah hidup kita untuk lebih baik.

4. Ingat orang tua

Orang tua adalah orang yang paling mencintai kita di dunia ini. Mereka adalah manusia yang rela mengorbankan segalanya demi melihat anak-anak mereka sukses dan bahagia. Nah, jika kalian sedang dilanda rasa malas untuk belajar, sebaiknya ingatlah kedua orang tuamu dan bagaimana pengorbanan mereka. Niscaya kamu bakal bersemangat lagi untuk terus belajar.

5. Usaha tidak pernah membohongi hasil

Barang siapa berusaha sekuat tenaga, maka ia akan menuai hasil yang memuaskan. Motivasi singkat ini adalah cerminan kamu di masa depan. Artinya, bagaimana dan seberapa rajin kamu belajar saat ini maka segitu juga kamu akan menuai hasilnya. Jika kamu ingin hasil lebih, kamu juga harus berusaha lebih. Sebaliknya jika kamu malas-malasan berusaha dan belajar, kamu pun akan mendapatkan balasan sebesar usaha yang kamu lakukan.

6. Tidak ada yang sia-sia!

Percayalah bahwa setiap yang kamu lakukan tidak ada yang sia-sia. Sebagaimanapun hasil yang kamu peroleh itu adalah jerih payah yang kamu lakukan. Jika hasilnya maksimal berarti cukup memberi apresiasi pada diri sendiri. Namun jika hasilnya kurang makasimal, maka tidak ada salahnya berintrospeksi dan meningkatkan kualitas belajarmu. Belajar yang sungguh-sungguh  pasti akan membuahkan hasil walaupun harus jatuh bangun terlebih dahulu. makanya sebaiknya kamu ingat betul bahwa tidak ada hal yang sia-sia di dunia ini. Sekecil apapun usahamu untuk belajar akan mempengaruhi bagaimana hidupmu di masa depan.

Itulah beberapa kata motivasi sekaligus maknanya yang barang kali bisa memompa semangat belajarmu. Kata-kata ini bisa bermanfaat tergantung bagaimana kita mengartikannya. Jika diartikan positif maka akan memberi dampak yang positif. Tapi jika sebaliknya diartikan negative makan juka akan memberi dampak yang negatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 4 =