Apa itu Inspirasi dan Kenapa Inspirasi itu Penting dalam Hidup Kita? Berikut Penjelasannya

Apa itu Inspirasi ?

Pengertian Inspirasi – Hal yang sering kita dengar tapi banyak yang tidak tahu apa arti sebenarnya dari kata ini. Biasanya kata inspirasi sering kali dikaitkan dengan motivasi, tetapi kedua hal tersebut sangatlah berbeda.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Inspirasi artinya Ilham atau Terilhami.
Itu berarti seseorang yang mendapatkan ilham sama layaknya mendapatkan inspirasi.

Inspirasi secara umum adalah dorongan yang muncul pada seseorang yang mampu merangsang pikiran manusia untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan hal kreatif. Kilatan ide-ide kreatif yang muncul tiba-tiba atau dengan sendirinya itu disebut buah dari inspirasi.

Dengan kata lain, Inspirasi adalah suatu proses mendapatkan atau memunculkan ide kreatif pada seseorang yang dipicu oleh sesuatu.

Kenapa Inspirasi menjadi hal yang sangat penting ?

Apakah anda pernah pergi ke sungai dan melihat perahu ? Orang yang ingin menggerakkan perahunya butuh sebuah dayung. Sama halnya dengan inspirasi, hidup ini layaknya perahu tersebut.

Untuk mencapai suatu tujuan, kita butuh dayung agar bisa bergerak. Ketika anda ingin menjadi seorang Pebisnis sukses anda butuh inspirasi. Dan inspirasi tidak akan muncul pada diri orang yang hanya memiliki tekad setengah-setengah.

Karena, notabene nya orang yang malas tidak memiliki niat untuk mencapai tujuan. Sedangkan untuk mendapatkan inspirasi butuh niat dan tekad yang kuat, dengan kata lain motivasi.

Kita ambil contoh dari seorang pengusaha sukses yaitu CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Nadiem Makarim adalah seorang pengusaha sukses asal Indonesia.

Beliau memiliki pemikiran yang rasional dan sangat kreatif. Dengan niat dan tekad yang kuat, Nadiem Makarim memunculkan inspirasi untuk membuat perusahaan start-up Decacorn yang kita kenal sebagai Go-Jek itu.

Baca Juga :   Kata Motivasi Belajar Singkat dan Padat

Inspirasi nya muncul ketika melihat keadaan ibukota Jakarta yang macet dan kendala transportasi di Indonesia. Dia melihat, kondisi para pekerja lepas dibidang transportasi seperti ojek, memiliki kendala dalam mendapatkan pelanggan.

Dan munculah ide untuk menciptakan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi android saat ini. Hingga sekarang perusahaan Go-Jek dikenal sebagai perusahaan start-up terbesar di Indonesia.

Jadi, apakah anda memiliki tujuan yang yang ingin anda capai ? jika iya, maka anda sangat membutuhkan inspirasi.

Kapan munculnya Inspirasi ?

Inspirasi dapat muncul kapan saja dan dimana saja bahkan secara tiba-tiba. Tapi kemunculan inspirasi juga dapat kita rangsang oleh sesuatu, meski tidak pasti kapan munculnya.

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Untuk merangsang kemunculan inspirasi kita bisa melakukan sesuatu seperti mendengar, merasakan, ataupun melakukan suatu tindakan secara langsung.

Contoh inspirasi yang muncul dengan melakukan tindakan : Budi ingin menulis novel tentang cinta. Untuk mendapatkan inspirasi, Budi membaca beberapa novel tentang cinta yang ingin ditulisnya.

Contoh inspirasi yang muncul dari merasakan : Bisnis model seperti Gojek yang terinspirasi dari permasalahan ojek pangkalan dan penumpangnya. Sulitnya mendapat tumpangan dan mencari ojek dijalanan, membuat sosok Nadiem Makarim membangun perusahaan Gojek yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan itu.

Apakah Inspirasi dan Inspiratif itu sama ?

Inspirasi dan inspiratif itu adalah istilah yang berbeda. Inspirasi adalah proses dorongan yang memunculkan ide kreatif. Sedangkan Inspiratif adalah instrumen dalam mendapatkan inspirasi.

Biasanya inspiratif muncul dari orang lain, seperti dari kisah cerita, kisah hidup, dan hal lainnya yang mampu merangsang inspirasi.

Contoh Inspiratif : Kisah Sukses Founder KFC yang sukses diusia tuanya, Kisah sukses Jack Ma yang berasal dari kalangan bawah, Kisah sukses Chairul Tanjung pemilik Trans Media.

Baca Juga :   Hadits Tentang Pendidikan & Prinsip Mencari Ilmu

Berikut contoh video yang inspiratif dari Jeff Bezos orang terkaya didunia, yang saya dapatkan dari Youtube :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + fifteen =