4 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

0
946

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa. Memiliki penghasilan tambahan bagi seorang mahasiswa memang suatu hal yang sangat diminati. Selain bisa mengisi waktu luang, kamu juga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa yang sering mengalami krisis dompet, uang jajan pas-pasan, biaya buku juga semakin mahal. Tentu kamu harus memutar otak bagaimana cara bertahan dan bisa survive dengan diri sendiri.

Menjadi mahasiswa bukan berarti kamu harus berpangku tangan. Justeru ketika kamu sudah memasuki dunia mahasiswa banyak hal baru yang bisa kamu coba. Salah satunya mencoba usaha mandiri ala mahasiswa. Selain bisa mengisi waktu luang, kamu juga bisa berlatih menghadapi masa depan dengan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Memulai usaha tidak perlu menunggu lulus, justru saat kamu menjadi mahasiswa adalah masa yang pas untuk menjajaki usaha apa yang tepat buat kamu. Bukan hanya karena kamu bisa menabung untuk masa depan, kamu juga bisa mengambil banyak ilmu dan pengalaman. Kamu bisa memulainya dengan mencoba hal-hal yang sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Dalam memulai usaha kita juga dituntut untuk berpikir kreatif dan selalu memberikan novasi baru serta kata-kata motivasi kerja. Agar bisnis kita tidak monoton dan selalu berkembang. Banyak di antara para mahasiswa yang berhasil mencetuskan ide-ide kreatif mereka dalam bentuk usaha-usaha ringan baik di dalam kampus atau di luar kampus.

Membangun sebuah usaha memang tidak mudah. Diperlukan ketekunan dan kesabaran agar bisnis kita bisa berjalan. Selain itu, kita juga harus bisa melihat peluang yang ada, bersikap jeli dan kritis terhadap setiap kesempatan. Karena biasanya dunia mahasiswa adalah dunia untuk belajar, serta lingkungan yang pas untuk memulai usaha.

Hal ini dikarenakan biasanya menjadi mahasiswa banyak hal yang dibutuhkan. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha dengan menyediakan jasa atau barang-barang kebutuhan orang lain. Seperti berjualan pakaian, alat-alat belajar, pulsa elektrik dan lain sebagainya. jika kamu termasuk seorang konseptor, kamu bisa juga lo melamar ke perusahaan-perusahaan, hotel ataupun yang lainnya sebagai pegawai magang. Tentu dengan begitu kamu akan mendapat banyak pengalaman, dan bisa mengumpulkan banyak rupiah.

Masih bingung mulai dari mana?

Kebanyakan dari kita akan ragu dan bingung mau memulai usaha dari mana. jangan hawatir, kamu bisa memulai usahamu dari hobi dan apa yang kamu sukai. Dengan begitu kamu akan merasa nyaman dengan apa yang kamu lakukan. Jika kamu suka menulis, kamu bisa melamar menajdi penulis freelance. Jika kamu suka menari kamu bisa magang di sanggar-sanggar tari. Dan masih banyak lagi hal-hal baru yang perlu kamu coba. Menjadi mahasiswa memang tidak memulu soal belajar, karena banyak pengalaman yang harus kita cari untuk bekal di masa depan.

Tidak sedikit lo mahasiswa yang sudah mulai merintis bisnisnya di masa kuliah, setelah lulus menjadi pengusaha sukses. Berawal dari hobi, melalui usaha, dan akhirnya menjadi manusia yang sukses dalam berkarir. Berbisnis memang tidak selamanya mulus, terkadang ada juga yang gagal. Tapi kamu kan mahasiswa, tentu harus berjiwa muda, yang tidak mudah menyerah dan memiliki kemauan yang kuat. Dengan begitu pasti usahamu akan berjalan dan berkembang.

Walaupun apa yang kamu kerjakan adalah hal yang kamu sukai, tapi jangan sampai belajarmu terbengkalai karena usaha yang baru kamu rintis. Karena saking semangatnya bisa-bisa kamu melupakan kewajiban utamamu sebagai pelajar. Intinya manusia yang sukses tentu harus bisa membagi waktunya dengan baik.

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Berikut ada beberapa jenis bisnis kreatif ala-ala mahasiswa yang bisa kamu coba lakukan.

1. Menjadi penulis freelance

Menulis memang pekerjaan yang menyenangkan. Banyak orang yang memiliki hobi menulis dan bisa menyalurkan hobinya dengan baik, tumbuh sebagai penulis yang sukses. Bahkan diundang di mana-mana untuk memberikan kuliah singkat, ceramah bahkan sekedar membagi tips bagaimana menulis yang baik dan benar.

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis non fiksi atau fiksi berupa kartun muslimah, tak ada salahnya bercita-cita menjadi penulis handal. Kamu bisa mencoba pengalaman yang satu ini lo. Selain bisa mengembangkan hobi yang kamu miliki, kamu juga bisa mencoba menjadi pengusaha yang menerima gaji setiap bulannya. Dari hobi yang menyenangkan, kamu bisa menabung dan megumpulkan rupiah sebanyak-banyaknya. Belaum lagi pengalaman yang di dapat, kamu bakal dikenalkan dengan sistem kerja freelance yang terus menerus dikejar oleh deadline. Kalau soal fee-nya, itu tinggal bagaimana kesepakatanmu dengan klien. Ada yang dibayar pertulisan ada juga yang dibayar borongan. Tapi semuanya tetap menyenangkan dan patut dicoba.

2. Menjual pulsa elektrik

zaman sekarang siapa sih yang tidak butuh pulsa? Apalagi para mahasiswa yang setiap harinya menjelajah dunia internet. Pastilah kebutuhan pulsa di lingkungan mahasiswa sangat tinggi. Nah, bagi kamu yang lagi nyari ide buat mulai usaha, kamu bisa mencoba usaha yang satu ini.

Banyak dari mahasiswa yang hendak memulai usahanya mencoba denganĀ  menjual pulsa elektrik. Selain mudah dilakukan, usaha ini juga tidak begitu membutuhkan modal yang banyak. Keuntungannya pun juga lumayan jika dikelola dengan baik. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal 100-150 rb saja untuk mengisi saldo pulsa. kemudian kamu bisa menjual dan mengambil keuntungan 1000-1500 rb rupiah per transaksi. Memang tidak terlalu banyak, tapi jika kamu telaten dan bisa mendatangkan pembeli dalam jumlah banyak, keuntungan ini akan berlipat-lipat ganda.

3. Mencoba bisnis online

Peluang usaha mahasiswa selanjutnya adalah mencoba bisnis online. Bisnis ini bisa kamu coba dengan menjual kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, peralatan dapur, barang elektronik dan lain sebagainya. Bisnis ini bisa kamu peruntukan bagi teman-teman mahasiswamu atau pembeli lain di dunia maya. Keuntungan yang diperoleh juga lumayan. Tergantung bagaimana kamu mengelola dan seberapa aktif dalam mempromosikannya.

Kamu bisa menjual barang-barang melalui situs-situs online yang sudah banyak tersedia. Untuk jenisnya sendiri ada beberapa jenis bisnis onlne yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjual barang milik sendiri atau milik orang lain. Jika kamu tidak memiliki barang, kamu bisa mencoba menjadi reseller atau dropshiper dari penjual online lainnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, tidak perlu modal fisik yang banyak seperti toko-toko offline.

4. Menjadi guru bimbel atau les privat

Sejaun ini masih banyak mahasiswa yang masih membutuhkan tutor atau bantuan orang lain agar lebih memahami mata kuliah yang di pelajari. Les privat atau bimbingan belajar ini dilakukan agar mahasiswa lebih menguasai materi pelajaran dan mampu meningkatkan indeks prestasinya (IP). Kesempatan ini bisa kamu jadikan peluang bisnisĀ  dengan menyediakan jasa les privat ataupun bimbingan belajar.

Usaha ini bisa kamu lakukan sendiri atau membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang guru. Beberapa orang ini akan menjadi satu lembaga di bawah managementmu dan kamu lah yang akan mengorganisirnya. Jangan lupa untuk memilih anggota kelompok guru yang kredibel dan memiliki trakckrecord yang tinggi. Karena biasanya semakin bagus pengalaman dan prestasinya, maka akan semakin dicari oleh para mahasiswa. Kamu juga haru mempromosikan usahamu ini agar banyak peminatnya. Semakin banyak peminat, maka akan semakin banyak orang yang akan mempercayai usahamu.

Demikian beberapa hal kreatif yang patut kamu coba. Melihat setiap hal menjadi peluang dan selalu berpikir kreatif tidak ada salahnya bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + fourteen =