5 Cara Sukses Yang Selalu Dipegang Para Bilioner, Kamu Wajib Tahu

0
738

Cara sukses untuk membangun bisnis tentu membutuhkan passion. Tapi, passion sendiri ternyata nggak cukup loh. Seringkali ketika kamu mendengar cerita orang sukses, pasti hal yang paling sering muncul dalam benak adalah karena mereka bekerja dengan passion. Passion menjadi hal pertama yang sering kita puji ketika melihat kesuksesan, bukan? Seolah-olah passion adalah satu-satunya yang berperan penting yang membuat orang-orang sukses berhasil menaklukkan semua aral yang melintang. Passion memang terbilang efektif untuk membuat kamu tetap bertahan melakukan segalanya, bahkan ketika orang lain normalnya akan memilih mundur dengan kegagalan tersebut. Tapi, apakah passion saja yang punya peran?

Cara Sukses: Tahu Apa Yang Ingin Kamu Raih Dari Usaha Hari Ini

Cara Sukses: Tahu Apa Yang Ingin Kamu Raih Dari Usaha Hari Ini

Bilioner, pemenang NBA, pemilik media, pengusaha real estate atau orang-orang sukses lainnya selalu tahu apa yang mereka usahakan karena memang ada maksud dan tujuannya. Mereka tahu apa yang mereka lakukan hari ini karena mereka ingin mencapai sesuatu. Itulah mengapa, mereka benar-benar merencanakan segalanya dengan baik, bekerja sekeras mungkin supaya apa yang mereka targetkan bisa terwujud.

Jadi, kalau kamu ingin jadi orang sukses dan punya segudang impian, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah untuk mencari tahu apa saja. Kemudian, buatlah sebuah rencana sehingga kamu bisa membuat semua jadi nyata. Misalnya, kamu bisa membuat dokumen untuk mencatat seluruh target. Kamu juga harus membuat list atau daftar yang akan kamu lakukan setiap harinya untuk mencapai target tersebut. Mengapa mereka melakukan semua hal ini seperti merencanakan sesuatu terlalu berlebihan? Hal ini karena mereka sadar bahwa mimpi tidak bisa terwujud begitu saja, secara kebetulan. Jadi, kalau kamu ingin kesuksesan yang nyata, maka berusahalah dengan keras.

Cara Sukses Cuman Bisa Dilakukan Dengan Totalitas Kerja

Jika kamu harus bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, maka selama durasi waktu tersebut, kamu melakukan semua hal untuk tetap hidup. Kamu menggunakan hasil kerja untuk membayar tagihan-tagihan supaya rumah, baju, dan makanan tetap ada.

Tapi, jam-jam tersebut ternyata bukan yang bakal menentukan kesuksesanmu. Semua yang kamu lakukan di jam-jam tersebut adalah untuk mencari nafkah. Jadi, kalau kamu ingin mencari cara sukses, kamu harus mengorbankan semua jam tersebut. Dibutuhkan totalitas kerja ketika kamu ingin sukses. Mungkin kamu harus bekerja lebih banyak, sampai larut malam, atau apapun itu hingga bertahun-tahun hanya untuk bisa sukses.

Pasalnya, kalau kamu tidak bisa membuat dirimu lebih disiplin dalam bekerja dengan begitu keras setiap minggunya dalam kurun waktu yang kamu sendiri tidak tahu kapan, maka rasanya sulit untuk mengatakan bahwa kamu pasti bisa sukses di masa depan nanti.

Fokus Pada Pengembangan Diri

Menariknya, orang-orang yang luar biasa sukses pasti punya pemikiran yang selalu berbeda. Itulah mengapa mereka bisa sukses. Mereka bisa berpikir dengan cara yang berbeda karena mereka menerima masukan yang positif dari berbagai hal seperti rajin mengadakan perkumpulan, rajin baca buku, rajin ngobrol dengan orang-orang yang positif, mengikuti pelatihan personal, mengunjungi seminar. Mereka mendapatkan banyak ilmu dari pengusaha sukses lainnya. Jadi, kalau kamu ingin benar-benar sukses dengan apa yang kamu kerjakan, itu artinya kamu juga harus meniru cara sukses mereka; fokus untuk mengembangkan diri.

Kenapa sih harus mengembangkan diri? Apa sih tujuannya? Tentu, ini sangat mempengaruhi kesuksesanmu nanti. Tujuan pengembangan diri adalah untuk merubah sistem operasi mental yang kamu miliki saat ini, sehingga nanti kamu bisa menghasilkan apa yang ingin kamu hasilkan. Bagaimana cara memulai merubah hal tersebut? Cara yang paling sederhana adalah dengan berkomitmen untuk menginvestasikan waktumu, kurang lebih 30 menit setiap harinya untuk berjanji memperbaiki diri. Inilah cara yang tepat untuk me-reset atau memprogram ulang otak kamu sehingga kamu bisa menghadapi tantangan dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Jangan Takut Dengan Resiko Yang Sudah Kamu Perhitungkan

Salah satu persyaratan utama cara sukses yang dilalui oleh para pengusaha adalah keberanian atau kemauan untuk menghadapi resiko. Resiko bisa muncul dalam bentuk waktu dan modal atau uang. Jadi, pastikan kamu tidak keberatan atau siap dengan resiko dalam dua hal tersebut.

Walaupun kamu merasa harus berani mengambil resiko, hilangkan pemikiran bahwa kamu akan mengambil resiko jika memang itu perlu. Artinya, selalu pikirkan bahwa pasti ada jalan agar kamu bisa meminimalisir hal buruk terjadi. Kadang-kadang memang tidak ada jalan lain, tapi bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Artinya, sebelumnya, selalu yakin dengan dirimu sendiri untuk berusaha keras dan melakukan yang terbaik supaya kamu tidak pernah membiarkan resiko kerugian terjadi sehingga kamu benar-benar tidak bisa mengembangkan usaha. Kamu pernah dengar pepatah bahwa semakin tinggi resiko yang kamu ambil, maka semakin besar pula hasil yang akan kamu capai.

Cara Sukses Ala Einstein

Semua tindakan yang kamu ambil harus karena ada tujuan tersendiri. Setiap detik, menit, dan hari yang kamu lewatkan, kamu harus bisa bertanya dengan dirimu sendiri, apa tujuan semuanya ini. Apakah semua tindakan tersebut sudah yang terbaik untuk kamu? Jika kamu punya impian, apakah semua tindakan yang sudah kamu kerjakan hari ini adalah bagian dari usaha untuk mewujudkan mimpimu?

Kalau jawabannya adalah “Iya, semua hal yang saya kerjakan hari ini sesuai untuk target atau tujuan saya.”, maka itu artinya kamu sudah berada di jalan yang benar untuk sukses. Sebaliknya, kalau masih belum, itu artinya kamu harus merenungkan quotes terkenal dari Albert Einstein:

“The important thing is to keep the important thing the important thing.”

Maksudnya, sesuatu yang penting adalah untuk menjaga prioritas sebagai prioritas. Misalnya, kalau kamu punya bisnis yang baru dan kamu bekerja sendirian, kamu nggak perlu harus membuat buku panduan karyawan. Kamu harus mencari cara bagaimana meningkatkan penjualan. Kalau target meningkatkan penjualan sudah berhasil, pasti nanti juga kamu bakalan butuh karyawan untuk membantu mengatasi permintaan pelanggan, bukan?

Jadi, apa yang harus kamu lakukan setiap hari?

Einstein bilang adalah mengerjakan apa yang paling penting dan terus melakukan hal itu, konsisten, supaya kamu bisa mencapai target sesuai yang kamu harapkan. Kamu bakalan terkejut dengan cara ini karena sangat-sangat efektif untuk membiasakan diri agar tetap produktif.

Lakukan Semua Cara Sukses Di Atas, Jangan Setengah-Setengah

Lakukan Semua Cara Sukses Di Atas, Jangan Setengah-Setengah

Tentu saja, semua juga tahu bahwa masing-masing poin di atas pasti punya kelebihan masing-masing. Tapi, bagaimana kalau kamu bisa melakukan semua hal tersebut? Kalau kamu bisa menjalankan semua hal di atas, berarti kamu belajar melakukan semua hal penting tersebut seiring berjalannya waktu.

Juga, sangat penting untuk kamu ketahui bahwa cara sukses hanya bisa dilakukan dengan mencapai semua poin di atas secara keseluruhan. Itu artinya, kalau kamu sudah bekerja keras, sudah bisa lebih baik secara personal, sudah membuat tujuan, tapi kamu masih takut untuk mengambil resiko yang sudah kamu perhitungkan, maka hasilnya juga tidak akan efektif. Empat poin yang sudah berhasil kamu lakukan tidak akan cukup untuk membayar satu poin penting, yaitu mengambil resiko. Satu poin di atas kamu abaikan, maka semuanya akan runtuh dan sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × five =