Biografi Chairul Tanjung, Anak Singkong Jadi Pengusaha Tajir!

Biografi Chairul Tanjung menjadi kisah inspiratif bahwa hidup yang kurang beruntung, bukan berarti semua peluang sukses jadi tertutup. Siapa yang nggak kenal Chairul Tanjung? Putra dari Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah lahir tahun 1962, tepatnya 16 Juni di Sibolga.

Ayahnya hanya bekerja sebagai seorang wartawan dengan upah minim. Kehidupan kurang beruntung membuat keluarga dengan enam anak ini harus menjual rumah. Kemudian, mereka pun pindah di sebuah losmen sempit.

Hidup Susah, Chairul Tanjung Sekolah Sampai MBA!

Walaupun hidup terasa pahit, Chairul Tanjung punya semangat mengenyam pendidikan yang luar biasa. Dari bangku Sekolah dasar, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Van Lith di Jakarta tahun 1975. Hingga kemudian, ia berhasil menikmati bangku kuliah di Universitas Indonesia, mengambil jurusan Kedokteran Gigi.

Hidup Susah, Chairul Tanjung Sekolah Sampai MBA!

Lulus di UI tahun 1987 bukan berarti kisahnya selesai begitu saja. Gelar MBA berhasil ia raih tahun 1993, setelah mengenyam pendidikan di Executive Insitute Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, yang dikenal dengan sebutan IPPM.

Bagaimana perjuangan Chairul Tanjung untuk biaya kuliah?

Harus pontang-panting! Ia jualan buku, fotokopi, buka jasa kaos, bahkan pernah buka toko khusus peralatan kedokteran serta laboratorium.

Belum berjalan mulus, ia juga harus menghadapi masalah kebanyakan pedagang: Kebangkrutan.

Tapi, Bukan Choirul Tanjung namanya kalau ia menyerah begitu saja. Ia tetap pribadi yang suka bekerja keras dan punya pendirian teguh untuk menyelesaikan pendidikan. Bahkan, di tahun 1984-1985, Chairul Tanjung berhasil menyabet penghargaan Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional.

Sempat Bangkrut Bolak-Balik

Membuka usaha di bidang toko perlengkapan kedokteran dan berakhir bangkrut, membuat Biografi Chairul Tanjung semakin menarik disimak. Bagaimana tidak, ia masih tak gentar untuk menjajal usaha kontraktor.

Baca Juga :   10 Kata Motivasi Sukses Ini Bikin Kamu Lebih Semangat Jalani Hidup

Berakhir bangkrut kembali, ia pun bekerja di perusahaan baja. Lalu, pindah ke perusahaan rotan. Lulus dari bangku kuliah juga membuat Chairul Tanjung menggandeng tiga temannya. Mereka pun mulai mendirikan PT Pariarti Shindutama dan mulai memproduksi sepatu anak-anak ekspor.

Dalam bisnis tersebut, Chairul Tanjung mengeluarkan modal Rp 150 Juta dengan pinjam Bank Exim. Kemudian, ia mampu membuat 160 ribu pasang sepatu. Walau bisnis berkembang pesat, jalan buntu pun terjadi karena adanya perbedaan visi serta expansi usaha. Sampai dititik ini,

Sangat disayangkan, kerja sama mereka mendapat jalan buntu karena perbedaan visi dalam hal ekspansi usaha. Keputusan berat harus diambil,

Momen tersebut lantas membuat ia memisahkan diri dari rekan-rekannya dan mulai bisnis sendiri.

Cara Unik Bangun Usaha Chairul Tanjung Hingga Sukses!

Chairul Tanjung, dengan semua proses sulit yang ia alami, ia menjelma menjadi pengusaha sukses. Apalagi, ia juga punya karakternya supel, bahkan dengan sosok tukang pengantar surat saja dia tidak enggan untuk berteman.

Selain itu, ia juga tidak pernah menutup diri. Ia mulai membangun relasi dengan berbagai perusahaan, mulai dari yang masih baru sampai yang sudah populer.

Cara Unik Bangun Usaha Chairul Tanjung Hingga Sukses!

Bisnis yang ia arahkan adalah konglomerasi, perusahaan dengan ragam bisnis dan tidak terkait satu sama lain. Tiga bisnis utama yang ia bangun adalah Properti, Multimedia, dan Keuangan.

Perkembangan bisnis yang ia kelola membuat Chairul Tanjung terkenal sebagai pengusaha yang lebih suka mengakuisisi perusahaan. Pasalnya, ia tidak ada waktu banyak untuk membangun usaha dari nol.

Kesuksesan di Berbagai Bisnis

Dari Biografi Chairul Tanjung yang menarik, daftar bisnis yang dimilikinya terbilang cukup banyak, seperti berikut:

Bidang Keuangan – Asuransi Jiwa Mega Life, Asuransi Umum Mega, Para Multi Finance, Bank Mega Syariah, Mega Capital Indonesia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   7 Cara Motivasi Diri Agar Kerja Sukses & Punya Produktivitas Tinggi

Bidang Finansial, Media, Hiburan, dan Gaya Hidup – Mega Corp, Ct Global Resources, dan Trans Corp.

Ada juga di bidang Multimedia dan Penyiaran – Trans Studio, Trans Lifestyle, Mahagaya Perdana, Trans Fashion, Trans7, dan Trans TV.

Bidang Investasi dan Bisnis – Pemilik saham 40% Carrefour Indonesia.

Chairul Tanjung Corp juga punya Bandung Supermall yang menjelma jadi Trans Studio Mall. Total luasnya mencapai 3 hektar dengan total biaya pembangunan mencapai 99 miliar.

Kata Kata Motivasi Dari Biografi Chairul Tanjung

Dari kisah hidupnya, ada banyak pesan yang bisa dipelajari. Jangan pernah merasa enggan membangun relasi. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, semakin besar pula peluang kamu untuk membangun usaha. Selain itu, lakukan transaksi sekalipun dengan perusahaan kecil.

Karena kisahnya yang begitu memotivasi, Tjahja Gunawan Adireja, wartawan Kompas bersama dengan penerbit Buku Kompas kemudian menerbitkan buku “Chairul Tanjung si Anak Singkong”.

Buku tersebut menceritakaan biografi Chairul Tanjung yang diluncurkan di usianya yang ke-50.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + seventeen =