Kreativitas Dari Barang Bekas, Bermanfaat Dan Bikin Rumah Lebih Cantik

0
901

Kreativitas dari barang bekas itu seperti apa? Kamu pernah dong lihat anak TK bikin prakarya, seperti bikin rumah-rumahan dari stik ice cream bekas? Bahkan ada loh, orang biasa yang akhirnya tajir melintir karena menggunakan bekas sumpit yang dia kumpulkan dari berbagai restoran untuk dijadikan prakarya dekorasi rumah. Jadi, untuk bahan utamanya yaitu kayu, dia nggak ada modal sama sekali. Keren, kan?

Nah, untuk kamu yang suka prakarya dan pengen bikin sesuatu yang bernilai juga bermanfaat dari barang-barang bekas yang dipandang sebelah mata, kamu bisa menggunakan berbagai ide prakarya berikut.

Kreativitas Dari Barang Bekas: Botol

Membuat Pot Hias

Membuat Pot Hias

Yuk, bantu kurangi sampah atau limbah plastik terutama dengan mengurangi penggunaan botol. Salah satu caranya adalah mengubah botol bekas menjadi prakarya yang menggemaskan. Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, botol bisa diubah menjadi tempat bunga atau pot hias yang sangat lucu. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu tinggal menggunting boto sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Kemudian, buat tampak lucu dengan dicat seperti karakter binatang.

Dijamin deh, hiasan kayak gini bisa kamu jual loh, baik dengan cara online atau offline ke teman-teman terdekat. Atau kamu juga bisa memberikan secara Cuma-Cuma ke beberapa teman sebagai cara kamu untuk membangkitkan kesadaran sesama saja, bahwa gerakan mendaur ulang seperti yang sudah kamu lakukan ini bisa dilakukan oleh banyak orang.

Jadi, semacam untuk membuka mata banyak orang bahwa ini adalah cara yang luar biasa, sekaligus bermanfaat dan  bisa dijadikan bisnis untuk menyelematkan lingkungan. Tak hanya itu, hiasan kayak gini juga tampak cantik untuk dekor rumah. Dijamin, bakalan betah loh kerja atau duduk santai didepan pot imut kayak gini. Kalau ditaruh di ruang tamu, pasti bakalan bikin kamu banjir pujian.

Membuat Pot Gantung Dari Botol Bekas

Membuat Pot Gantung Dari Botol Bekas

Dukung lingkungan agar tampak lebih hijau dan segar dengan menambahkan pot bunga atau tanaman yang digantung di dinding. Kalau menurut kamu, pekarangan rumah benar-benar sempit dan ingin digunakan untuk hal lainnya, sepertinya cara seperti ini sangat cocok untuk menambah kesan natural dan sejuk di depan rumah loh.

Idenya sangat sederhana, tapi benar-benar bermanfaat dan sangat mendukung lingkungan yang sehat. Selain kreatif, kreativitas dari bahan bekas ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan juga tidak menghabiskan banyak biaya.

Hiasan Lampu Warna-Warni Dari Botol

Kreativitas Dari Barang Bekas Botol, Hiasan Lampu

Hiasan lampu di atas ternyata dibuat dari botol bekas loh. Botol plastik atau botol berbahan kaca sangat bermanfaat untuk membuat prakarya yang satu ini. Cara membuatnya juga mudah, yaitu hanya dengan memotong bagian atas botol untuk dijadikan hiasan. Botol juga menambah warna lebih di bagian dekorasi eksterior. Sehingga, rumah jadi tampak cantik, unik, dan tentu berbeda dengan rumah lainnya. Nah, untuk area belakang rumah yang belum ada hiasannya, karya kreatif yang satu ini wajib kamu tiru!

Tempat Pensil Kreatif Dari Botol Bekas

Kreativitas Dari Barang Bekas Botol Untuk Tabung Serbaguna

Punya anak di rumah? Rasanya menyenangkan jika bisa belajar melatih kreativitas dari bahan bekas, terutama botol bekas. Botol adalah sampah yang sangat mudah ditemukan. Jadi,kalau habis minum air mineral, kamu bisa mengubahnya menjadi prakarya yang cantik dan berguna seperti tempat serbaguna ini. Kamu bisa menggunakannya untuk bunga hias, tempat sendok, atau untuk peralatan menulis yang ekonomis. Lucu, kan?

Kreativitas Dari Bahan Bekas Kardus

Cara Membuat Cable Organizer Dari Kardus

Tinggal di rumah bersama anak-anak itu artinya adalah bagaimana agar seluruh hal yang berhubungan dengan stop kontak, sakelar atau kabel harus benar-benar aman dari jangkauan anak. Kamu bisa membuat sesuatu yang sederhana, tapi sangat bermanfaat untuk safety, yaitu cable organizer. bahkan, ini bisa jadi cara kreatif ketika kamu merasa meja kerja tampak berantakan karena terlalu banyak kabel disekitarnya. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal mencari kardus bekas untuk dijadikan tempat colokan. Selanjutnya, tambahkan lubang untuk masing-masing kabel supaya tidak saling membelit satu sama lain.

Tempat Sampah Kreativitas dari Barang Bekas

Tempat Sampah Imut Dari Kardus

Salah satu manfaat melatih kreativitas dari bahan bekas adalah kamu jadi lebih mampu mengubah banyak hal yang semula tidak berguna menjadi lebih bermanfaat. Bahkan, kamu juga tidak harus beli barang-barang tersebut jika sudah bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang sangat murah. Nah, untuk kamar kamu yang sering banget berantakan karena kebiasaan nyemil di kamar dengan seluruh bungkus snack yang berakhir di meja belajar, waktunya bikin tempat sampah dari kardus bekas ini untuk mempercantik kamarmu.

Magazine Holder Mudah

Bikin meja kamu tampak rapih dengan menggunakan kardus. Kardus yang semula tidak terpakai kini bikin meja kerja jadi tampak lebih tertata. Meja kerja yang rapih dengan semua dokumen yang ditata, pasti bikin produktivitas kerja kamu jadi lebih baik dari sebelumnya. Nah, untuk kamu yang kerja di rumah, magazine holder dari kardus ini sebaiknya jadi proyek prakarya minggu ini.

Lampu Belajar Kreatif Dari Kardus

Kreativitas Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Lampu Belajar

Kreativitas dari bahan bekas ini memang terbilang rumit, karena desainnya yang futuristik dan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Namun, kalau hasilnya bisa jadi kayak gini, siapa sih yang bisa mengalihkan perhatian dari ? Perhatikan bahwa untuk membuat proyek prakarya seperti ini membutuhkan kesabaran karena harus menggunting masing-masing bagian satu per satu. Tapi, kalau bisa membuat meja belajarmu tampak cantik, kenapa enggak?

Kreativitas Dari Barang Bekas: Stik Es Krim

Hiasan Dinding Kreatif Dari Stik Es Krim

Membuat Hiasan Dinding

Stik esk krim dijual dengan harga murah di pasaran sehingga bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai prakarya. Stik es krim juga mudah ditemukan, jadi rasanya tidak butuh waktu lama untuk membuat prakarya yang satu ini. Nantinya, kamu bisa meletakkan mainan anak sehingga fungsinya menjadi rak, atau untuk menghias dinding saja seperti gambar di atas. Yang jelas, untuk ruangan yang sudah tampak penuh dan ingin kamu tambahkan dekorasi, hiasan dinding seperti ini sangat cocok karena tidak menimbulkan kesan mencolok. Sederhana, tapi sangat kreatif tentunya.

Kreativitas dari Barang Bekas Stik Es Krim Untuk Tempat Charge HP

Stik Es Krim Untuk Tempat Charge HP

Mau charge hape tapi suka bingung dimana meletakkan Hp kalau colokannya cukup tinggi? Nah, kamu bisa loh membei beberapa bungkus stik es krim. Biasanya, stik seperti ini dijual per bungkusan dengan isi mencapai 20 stik atau lebih. Kamu bisa membuat tempat untuk charge hape yang kemudian tinggal ditambahkan kawat di bagian belakangnya supaya bisa digantung dengan mudah, tepat dibawah colokan listrik. Dengan demikian, kapanpun kamu ingin mengisi daya ponselmu, kamu bisa meletakkan ponsel kesayangan di tempat charge stik es krim ini, kreatif kan?

Nah, itulah berbagai cara bagaimana kamu bisa menggunakan kreativitas dari barang bekas agar bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-sehari. Selain membuat hidup terasa mudah, kreativitas dari barang-barang bekas juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat rumah tampak lebih cantik tanpa harus mengeluarkan banyak uang.  Menurut kamu, mana nih yang cocok untuk kamu jadikan proyek prakarya di rumah minggu ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =