50 Wisata Jawa Tengah Terlengkap Bikin Malas Pulang

0
1398

Punya rencana liburan dan wisata jawa tengah? Jawa tengah punya banyak destinasi wisata loh. Selain hutan pinus, pantai, wahana bermain, Anda juga bisa menemukan banyak wisata alam yang masih jarang dikunjungi. Ada banyak potensi wisata yang ditawarkan di provinsi tersebut. Beberapa diantaranya adalah tempat wisata terbaru yang bikin Anda jadi malas pulang, apa saja? Berikut informasi yang dapat Anda simak.

Daftar Isi

1. Wisata Jawa Tengah di Pinusan Kragilan (Magelang)

Sebagai salah satu kota yang masuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah, Magelang hadir mengangkat potensi wisata karena kekayaan alamnya berupa hutan pinus yang lebat. Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang ingin hunting beberapa foto keindahan alam dengan latar belakang deretan pohon pinus yang menawan. Terletak di Desa Pogalan, Pakis, Kota Magelang, Jawa Tengah, tempat wisata jawa tengah ini menawarkan sesuatu yang berbeda yaitu jalanan yang panjang, deretan pohon pinus membentuk lorong, juga berbagai spot untuk berfoto ria.

Wisata Jawa Tengah Selfie Pinusan Kragilan

Disana, Anda dapat mengambil banyak foto dengan beberapa spot menarik seperti sepeda langit, ayunan, rumah pohon, gardu pandang dengan bentuk love, dan lainnya. Menariknya lagi, Anda tidak perlu menguras kantong. Pasalnya, Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp. 3000 untuk tiket masuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk tiket masuk roda empat.

2. Waduk Gunung Rowo (Gunung Muria)

Bosan berkunjung ke Borobudur dan ingin mencari sensasi destinasi lainnya di Jawa Tengah? Tidak perlu kuatir! Anda juga bisa menghabiskan waktu di Waduk Gunung Rowo. Destinasi wisata Jawa Tengah ini termasuk dalam salah satu destinasi yang jarang orang tahu. Selain sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, Anda bahkan bisa bertemu turis disana. Waduk tersebut berada di Desa Sitiluhur, Gembong.

Wisata Alam Jawa Tengah Waduk Gunung Rowo

Selain itu, lokasi wisata yang ditawarkan cukup unik karena terletak di area lembah, dekat lereng Gunung Muria. Terdapat sebuah bukit yang merupakan bumi perkemahan. Spot bukit tersebut juga menjadi andalan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam. Selain bisa melihat bagaimana indahnya langit sore, Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Muria dan Laut Jawa.

3. Wisata Jawa Tengah Saloka Park (Semarang)

Terletak di Kecamatan Tuntang, Kota Semarang, wisata jawa tengah ini sangat cocok untuk membuat Anda memboyong keluarga besar. Memang, harga tiket disana cukup mahal, yaitu mencapai Rp. 120.000 per orang. Akan tetapi, dijamin Anda akan malas pulang ketika sudah memasuki area wisata. Pasalnya, tiket masuk tersebut sudah membuat Anda bebas menikmati semua wahana dari pagi sampai sore.

Wisata Jawa Tengah Saloka Park Keluarga

Konsep wisata yang diusung cukup unik, yaitu menyuguhkan area wisata yang luas, dengan wahana yang tak kalah serunya. Sekilas, wisata ini akan mengingatkan Anda dengan Dufan yang ada di Jakarta. Anda dapat bermain wahana air, belajar mengenal binatang di Museum, dan bahkan menguji nyali Anda dengan masuk di Rumah Hantu!

4. Eco Park Dusun Semilir (Semarang)

Tempat wisata selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Eco Park Dusun Semilir. Ecopark ini dilengkapi dengan lima Kubah Stupa yang megah sebagai daya tarik utam. Bentuknya sangat mencolok sehingga dapat Anda lihat dengan jelas. Tak hanya itu, konsep wisata ini memiliki desain yang estesis dan sangat menarik.

Eco Park Dusun Semilir Wisata di Jawa Tengah

Bahkan disana, Anda dapat asik berbelanja oleh-oleh, menikmati lorong jembatan Senggol yang panjang dengan anyaman bambu menghiasi bagian atapnya. Anda wajib berkunjung disini untuk menikmati pemandangan di area dusun sekaligus berfoto ria.

5. Wisata Jawa Tengah Kedung Prahu (Pati)

Sekilas, Kedung Prahu tampak seperti sungai dengan batuan besar. Namun, tahukah Anda bahwa tempat ini sangat layak dikunjungi untuk melepas penat? Ya, Kedung Prahu memiliki pemandangan dan struktur alam yang indah dengan sentuhan air terjun mini. Lokasi wisata ini terletak di Tambakromo, yaitu di Dukuh Slening. Anda harus menuju ke Desa Larangan, tepatnya di Pegunungan Kendeng Pati untuk mengakses lokasi wisata tersebut.

Wisata di Jawa Tengah Kedung Prau

6. Taman Nasional Karimunjawa (Jepara)

Tentu saja, Anda mungkin tidak asing dengan taman nasional yang satu ini. Objek wisata tersebut juga bahkan terkenal namanya hingga ke mancanegara. Itulah mengapa sebaiknya Anda berkunjung ke tempat wisata tersebut ketika sedang berada di Jepara. Jika Anda di bagian barat laut Jepara, jarak tempuh menuju lokasi ini hanya sekitar 83 km.

Cagar alam laut tersebut dilindungi pemerintah dan masuk dalam salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang populer. Selain wisata laut yang ditawarkan, Anda dapat menikmati bagaimana budaya dan tradisi yang dipelihara oleh penduduk lokal. Tak hanya interaksi sosial, tetapi Anda juga dapat melakukan banyak kegiatan seperti memancing, berenang, mengeksplor laut, juga menyelam.

7. Candi Borobudur (Magelang)

Magelang juga punya banyak destinasi wisata yang membuat kota di Jawa Tengah ini sangat populer. Walaupun Candi Borobudur bukan tempat wisata yang baru, akan tetapi masih menyimpan daya tariknya tersendiri. Apalagi, situs peninggalan sejarah tersebut masih membuat banyak orang terkesima bagaimana membangun candi tersebut. Pasalnya, letak Candi Borobudur berada di dataran tinggi.

Hal menarik lainnya adalah darimana bahan bebatuan tersebut diambil, kemudian bagaimana memindahkan semua bebatuan tersebut karena jarah tempuhnya yang tak dekat. Teka-teki tersebut tentu sampai sekarang masih tidak dapat dipecahkan. Dengan total 1460 relief dan 504 stupa, UNESCO menjadikan Candi Borobodur sebagai World Heritage Sites. Banyak wisatawan tertarik berkunjung karena keindahannya yang memukau dan nilai seni yang menakjubkan.

8. Benteng Vander Wijck (Gombong)

Pernah dengar destinasi wisata Jawa Tengah yang satu ini? Mungkin tidak. Objek wisata tersebut termasuk objek wisata yang jarang orang tahu. Terletak di kota Gombong, benteng tersebut menjadi saksi peninggalan penjajan Belanda. Pasalnya, benteng ini berdiri pada abad ke 18 dengan berbagai peninggalan sejarah yang masih dapat Anda saksikan dalam bangunan tersebut.

Tak hanya belajar tentang sejarah, Anda juga dapat melihat bagaimana indahnya arsitektur kuno yang tetap utuh di tempat tersebut. Dengan luas mencapai 3,6 kilometer, ada banyak bangunan kuno seperti barak, markas para pasukan VOC di masa lampau.

9. Tlogo Muncar (Kaliurang)

Destinasi wisata di Jawa Tengah selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Tlogo Muncar. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini menawarkan pemandangan alam yang menyegarkan. Selain pepohonan hijau, bebatuan yang masih alami, Tlogo Muncar menawarkan udara yang sangat sejuk, sehingga menciptakan kesan bahwa tempat ini masih benar-benar asri dan tak terjamah.

Lokasi Tlogo Muncar ini ada di wilayah Kaliurang, daerah yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang. Suhu di tempat tersebut cukup dingin, bahkan saat pagi hari suhu di sekeliling air terjun mencapai 20 derajat Celsius. Untuk Anda yang baru saja berwisata ke Lembah Merapi, jangan lupa mampir di air terjun ini ya.

10. Museum Purbakala Sangiran (Sragen)

Sedang berada di sekitar Sragen? Sebaiknya Anda luangkan waktu untuk berkunjung ke Museum Purbakala. Di museum tersebut, terdapat hingga 13.809 fosil manusia purba. Tak heran jika kemudian UNESCO juga menjadikan museum tersebut sebagai World Heritage Site atau situs warisan dunia.

Tak tanggung-tanggung, dengan seluruh koleksi fosil dalam museum tersebut, Museum Sangiran berkontribusi besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan bagi dunia, terutama untuk biologi, paleoanthropologi, geologi, dan arkeologi.

11. Museum Kereta Api (Ambarawa)

Anda dapat berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa jika ingin mempelajari bagaimana kehidupan masyarakat Jawa. Untuk menuju ke lokasi tersebut, dibutuhkan waktu 30 menit menggunakan kendaraan. Permudah perjalanan Anda selama di Jawa Tengah dengan meningkatkan mobilisasi. Anda dapat menggunakan jasa rental mobil agar perjalanan lebih lancar dan nyaman.

Tempat wisata edukasi ini sangat unik karena menjadi rumah bagi 21 lokomotif tua yang merupakan peninggalan Belanda. Anda dapat melihat-lihat seluruh koleksi lokomotif dan berkeliling dengan menggunakan kereta wisata.

12. Dataran Tinggi Dieng (Wonosobo)

Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tempat wisata populer yang ada di Dieng. Dieng punya banyak lokasi wisata yang membuat Jawa Tengah semakin ramai oleh wisatawan di setiap momen liburan. Dataran tinggi ini terletak di Wonosobo, yaitu sekitar 30 km saja jika Anda berada di pusat Kota Wonosobo.

Lokasi wisata terletak di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Wonosobo. Landscape yang begitu cantik membuat Dataran Tinggi ini dijuluki sebagai tempat para dewa dewi bersemayam. Selain Candi-candi Hindu,  Anda bahkan dapat menikmati spot lainnya seperti Sumur Jalatunda, Telaga Warna Dieng, dan Bukit Sikunir Dieng.

13. Wisata Jawa Tengah Bukit Pangonan (Dieng)

Selain Bukit Tinggi Dieng, Anda juga bisa langsung menuju ke Bukit Pangonan yang masih dalam satu area wisata yang sama. Bukit ini menawarkan pemandangan yang masih asri ditambah dengan padang rumput. Tentu wisata seperti ini tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya di Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan pemandangan savanna memang hanya ada di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Nusa Tenggara.

Wisata Jawa Tengah Bukit Pangonan

Padang savanna tersebut sangat unik karena dapat menampilkan pemandangan yang berbeda, tergantung dari musim. Misalnya saja, saat kemarau, padang savanna tampak dipenuhi rumput menguning yang kering menghampar menyelimuti bukit. Kemudian, ketika terkena mentari pagi, rumput yang menguning ini akan tampak seperti kecoklatan dan begitu indah. Berbeda lagi jika berkunjung ke tempat tersebut saat musim hujan. Savanna akan dipenuhi dengan rumput lebat nan hijau. Tentu ini sangat menyenangkan untuk melepas penat. Namun, Anda harus berhati-hati karena lokasi bukit bisa licin saat musim hujan.

14. Pantai Pasir Kencana (Pekalongan)

Objek wisata di Pekalongan, Jawa Tengah ini cocok untuk Anda yang lebih suka destinasi wisata pantai. Pantai tersebut dilengkapi dengan Jembatan Cinta, sebuah spot mistis yang rumornya akan dapat menyatukan sepasang kekasih. Tak hanya itu, lokasi pantai juga menawarkan pemandangan yang menawan. Karena adanya Jembatan tersebut, tidak sedikit pengunjung yang merasa tertantang untuk membawa pasangan dan menguji cinta mereka. Tidak heran jika pantai tersebut masuk dalam salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang romantis.

Wisata Jawa Tengah Pantai Pasir Kencana

Jika Anda berada di pusat Kota Pekalongan, Anda dapat menuju ke tempat wisata tersebut setelah menempuh perjalanan 4,5 km. Kegiatan yang paling cocok dilakukan di pantai ini adalah berfoto ria juga menikmati pemandangan matahari tenggelam. Tentu saja, Anda pasti akan larut dengan suasana romantis tersebut. Jadi, jangan sampai tidak membawa pasangan, ya!

15. Wisata Jawa Tengah Air Terjun Montel (Kudus)

Terletak di Kudus, Wisata alam ini terbilang wisata yang masih belum terekspos. Letak air terjun tersebut berada di Kaki Gunung Muria dengan pemandangan yang asri walaupun pemerintah lokal telah bergerak melihat potensi wisata dengan membuat akses lebih mudah.

Wisata Jawa Tengah Air Terjun Montel

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan debit air yang deras. Tidak heran jika kemudian terdapat cekungan kolam dibawahnya untuk para wisatawan bermain air. Dengan lokasi wisata yang terletak di dataran tinggi, udara terasa sejuk dan sangat segar untuk menghilangkan rasa stress.

16. Wisata Jawa Tengah Baturaden (Banyumas)

Punya rencana bisnis ke Banyumas dan boyong keluarga? Jangan lewatkan serunya wisata Jawa Tengah Baturaden ya! Terletak di Kecamatan Baturaden, lokasi wisata sangat seru untuk dikunjungi. Pasalnya, situs wisata ini terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya arah selatan.

Destinasi wisata ini sudah sangat populer di telinga para wisatawan karena pemandangan alam yang menakjubkan ditambah dengan udara sejuk. Tak hanya itu, Anda juga bahkan dapat melihat kota Purwokerto serta Pulau Nusa Kambangan. Beberapa pantai indah di Cilacap juga tampak terlihat. Spot terkenal yang ada di Baturaden adalah pemandian air panas yang dikenal dengan Pancuran Pitu.

Destinasi untuk keluarga ini juga menawarkan pemandangan hutan alam yang lebat, sehingga cocok dijadikan tempat untuk berkemah bersama keluarga dan kerabat. Jika Anda berada di Baturaden, Anda harus menempuh 2 km untuk menuju ke lokasi wisata ini. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Taman Kaloka Widya Mandala, sKebun Binatang dan museum satwa khas Indonesia.

17. Sungai Progo (Magelang)

Bosan lihat pemandangan alam atau matahari tenggelam? Waktunya atur jadwal Anda untuk bepergian dan mencoba berkunjung ke Magelang. Magelang punya spot rafting yang sangat populer dengan arus yang menantang. Disebut sebagai Sungai Progo, sungai ini bisa Anda akses setelah menempuh panjang 12 km dengan waktu yang dibutuhkan hingga 3 jam.

Di lokasi tersebut, Anda dapat memilih berbagai rute arung jeram yang Anda inginkan seperti Arung Jeram Hulu, Arung Jeram Progo Atas, dan Arung Jeram Progo Bawah. Untuk Sungai Progo Bawah, terletak di Kabupaten Progo yaitu kota Jogjakarta, sedangkan untuk Sungai Progo Hulu dan Progo Atas masih dalam wilayah Magelang.

18. Wisata Jawa Tengah Ketep Pass (Magelang)

Apa sih yang ditawarkan oleh Ketep Pass untuk para pengunjungnya? Masih di sekitar Magelang, Ketep Pass hadir untuk menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, melihat luncuran awan panas dari Gunung Merapi, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengajak keluarga untuk belajar di Museum Vulkanologi. Bahkan, masih ada banyak spot seperti Gardu Pandang, Teropong, Bioskop Mini, dan Pelataran Panca Arga.

Gardu Panjang menjadi spot yang paling populer di lokasi wisata tersebut. Sesampai disana, Anda akan menemukan dua teropong yang terletak di Gardu Pandang dan di Pelataran Panca Arga. Ketika Anda berada di Panca Arga, Anda dapat melihat lima gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu. Ketep Pass menjadi wisata Magelang yang terkenal karena tiket masuk terjangkau dengan spot bervariasi.

19. Kampung Batik Laweyan (Solo)

Pindah ke Solo, ada bermacam-macam tempat wisata di Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika di Malang ada Kampung Pelangi, Solo kini punya Kampung Batik Laweyan. Cerita bermula ketika Kiai Ageng Henis, yaitu kakek Panembahan Senopati mendidik penduduk lokal untuk membatik. Kampung Laweyan konon disebut-sebut sebagai kampung yang sudah ada sebelum Keraton Kasunanan terbentuk. Seperti yang kita ketahui bahwa Keraton tersebut mulai eksis di pertengahan abad 16.

Di kampung ini, Anda akan terpukau dengan arsitektural Eropa yang kokoh dan megah. Disebut-sebut jika rumah-rumah ini dulunya adalah hunian saudagar batik. Kemudian, kampung dengan luas 24 hektar ini terbagi dalam tiga blok. Selama disini, Anda dapat berburu kain batik yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan batik motif lainnya.

20. Ngarsopuro Night Market (Solo)

Selain Kampung Batik, Anda juga dapat menikmati sensasi berada di tengah-tengah Ngarsopuro Night Market, Solo. Seperti namanya, tempat ini adalah pasar malam dimana Anda dapat membeli batik, kerajinan tangan, souvenir, bahkan berburu kuliner khas solo yang wajib Anda cicipi.

Pasar malam di solo ini selalu ada dari hari Sabtu sampai Minggu dari pukul 7 malam sampai 9 malam. Tempat berdagang ini hanya berlaku bagi para pedagang yang memiliki kartu tanda penduduk Solo. Selain itu, Anda dapat menikmati aneka hiburan seperti live performance music etnik, jazz, dan tarian lainnya. Semua pertunjukan tersebut dipersembahkan oleh komunitas penggiat seni.

21. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Solo)

Wisata solo lainnya yang wajib Anda kunjungi untuk menambah wawasan adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo. Keraton ini terbilang tua karena didirikan sejak tahun 1744. Pada waktu itu, Sunan Paku Buwono II mendirikan keraton dengan beberapa bagian seperti Panggung Sanggabuwana yang disebut-sebut sebagai tempat bersemedi dan  tempat pertemuan dengan Nyai Roro Kidul.

Kini, keraton tersebut digunakan sebagai museum untuk menyimpan barang-barang peninggalan juga fragmen candi-candi yang ada di Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata ini juga tidak jauh dari Pasar Klewer. Sehingga, Anda dapat sekalian berburu kain batik khas solo.

22. Bukit Gombel (Semarang)

Nikmati pemandangan berbeda dari Kota Semarang. Anda dapat melihat hamparan kota Semarang dari tempat tinggi ini. Selain melihat bagaimana lampu kota tampak penuh berwarna-warni, Anda juga dapat melihat batas pantai secara jelas. Tidak heran jika Bukit Gombel menjadi lokasi wisata semarang yang ramai dikunjungi pada malam hari.

Namun, tentu tidak akan mudah untuk menuju ke Bukit Gombel. Anda harus melalui rute jalan yang terbilang cukup berbahaya dan berliku ketika ditempuh saat malam hari. Sehingga, sebaiknya bawa sopir yang memiliki pengalaman berkendara di malam hari. Bahkan, Bukit Gombel juga disebut-sebut menjadi bukit yang angker karena sering terjadi kecelakaan maut.

23. Jalan Pahlawan (Semarang)

Siapa bilang kalau wisata harus ke tempat yang mahal dengan tiket masuk yang menguras kantong? Ya, Anda juga bisa melepas lelah seusai pertemuan bisnis dengan melipir ke Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Jalan ini sering ramai di malam hari karena menjadi tempat yang menarik.

Jalan Pahlawan

Ada banyak lampu hias dengan trotoar yang selalu ramai pengunjung. Ketika sore hari, tidak sedikit warga lokal yang nongkrong disana untuk bermain-main. Suasana jadi semakin asik ketika akhir pekan.

24. Air Terjun Kali Pancur (Semarang)

Anda dapat menjelajahi Desa Nogosaren, Getasan, Semarang untuk menemukan air terjun Kali Pancur. Tempuh perjalanan sekitar 14 km menuju ke arah barat jika Anda berangkat dari arah kota Salatiga. Air terjun di lokasi ini terbilang masih asri. Para pengunjung yang membawa kendaran harus memarkirkannya sekitar 3 km dari lokasi.

Wisata di Jawa Tengah Air terjun

Wisata jadi terasa seru karena Anda harus menyusuri jalan setapak. Namun, mata Anda akan terasa segar karena disuguhi dengan pepohonan hijau, suara air sungai juga batu-batu alam.

25. Brown Canyon (Semarang)

Disebut Brown Canyon karena memang canyon yang muncul di lokasi ini akan membaut Anda serasa sedang berlibur di luar negeri. Tentu saja ini adalah fenomena alam yang sangat jarang terjadi di lokasi lainnya, apalagi di Indonesia yaitu di Pulau Jawa.

Wisata Jateng Brown Canyon

Fenomena alam ini membuat Semarang jadi lebih dikenal pengunjung, terutama unutk fotografer yang hobi mengambil banyak gambar unik. Selain itu, Brown Canyon ini menunjukkan bebatuan oranye kecokelatan yang membuat Anda akan takjub.

26.  Kota Lama/ Little Netherland (Semarang)

Kota Lama menyuguhkan tata bangunan yang mengusung gaya Eropa. Itulah alasan mengapa Kota Lama Semarang juga dikenal dengan julukan Little Netherland. Ada beberapa landmark menarik di spot wisata yang satu ini seperti Gereja Blenduk, yaitu gereja tua dengan usia 2.5 abad atau lebih. Disebut Blenduk karena terdapat kubah, ditambah atap yang melengkung dengan warna merah. Gereja ini dilengkapi dengan pilar kokoh sebanyak empat buah, juga menara kembar.

Kota Lama Jateng

Bagi pecinta sejarah, Kota Lama Semarang memberikan kesan tersendiri. Tidak heran jika area tersebut juga sering menjadi objek fotografi. Tidak hanya Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang juga memikat banyak pengunjung karena landmark lainnya seperti Polder Air Tawang, Kawasan Stasiun Tawang, juga Pabrik Rokok Praoe Lajar yang masih beroperasi hingga saat ini.

27.  Wisata Jawa Tengah Lawang Sewu (Semarang)

Pemerintah Kota Semarang wajib diapresiasi karena telah berusaha keras untuk melakukan peremajaan bangunan bersejarah, Lawang Sewu. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1904 sebagai peninggalan sejarah penjajahan Belanda. Lawang Sewu dulunya adalah kantor pusat perusahaan kereta api milik Belanda.

Lawang Sewu Semarang Jateng

Disebut Lawang Sewu, bukan karena jumlah pintu yang mencapai 1000. Hal ini karena Lawang Sewu punya 429 buah pintu dengan daun pintu 1.200 lebih. Akan tetapi, disebut Lawang Sewu karena jumlah pintunya yang begitu banyak. Banyak pengunjung yang dibuat penasaran karena ingin tahu bagaimana ruangan bawah tanah. Namun, itu artinya Anda harus merogoh kocek lebih, karena tiket masuk tidak termasuk akses ke ruang bawah tanah.

28. Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

Jika Anda sudah selesai berjalan-jalan menikmati beberapa tempat wisata kota Semarang, jangan lupa untuk meluangkan waktu menunaikan ibadah wajib, yaitu shalat. Anda dapat shalat sekaligus istirahat sejenak di Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini merupakan landmark penduduk Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 2001, walaupun baru diresmikan di tahun 2006.

Masjid Agung Jawa Tengah

Bagian unik pada masjid ini adalah adanya campuran arsitektur bangunan yang bergaya Jawa, Romawi, dan Islam. Fasilitas di masjid tersebut juga terbilang lengkap seperti studio radio, museum, payung elektrik, dan Al Quran raksasa.

29. Wisata Jawa Tengah Hutan Pengaron (Semarang)

Masih di sekitar Semarang, Anda juga dapat berkunjung ke Hutan Pengaron. Lokasi wisata ini kami rekomendasikan untuk Anda yang suka dengan kegiatan outdoor. Selain suasana hutan yang masih asri, lokasinya juga terbilang luas. Lokasi wisata ini terletak di Desa Susukan, Ungaran, Semarang. Untuk Anda yang dari arah Ungaran Kota, maka Anda tinggal mengendarai kendaraan, menempuh jalan sekitar 2 km saja untuk sampai di lokasi tersebut.

Pengaron Jawa Tengah

Hutan Pengaron sangat cocok untuk kegiatan outdoor karena dilengkapi dengan fasilitas trail seperti motorcross juga mobil yang dapat menyusuri hutan. Bahkan, hutan ini juga memiliki area outbound serta area perkemahan. Memang, hutan ini adalah hutan lindung namun juga ditujukan untuk mendongkrak potensi wisata. Meskipun banyak fasilitasnya, tetap saja hutan ini masih tampak asri. Bahkan, Anda masih bisa mendengarkan suara berbagai binatang juga burung liar di hutan.

30. Candi Ngempon (Semarang)

Sebagai salah satu candi peninggalan Hindu, Anda dapat berkunjung ke lokasi wisata setelah menempuh jarak 2 km dari pasar Karangjati, Kota Semarang. Untuk menuju ke lokasi, maka Anda harus masuk ke Kelurahan Ngempon, Bergas, Semarang.

Candi Ngempon Jateng

Disana, Anda akan menemukan banyak candi yang kembar. Akan tetapi, ada satu candi yang paling besar. Sedangkan beberapa candi lainya tampak hancur, namun masih dalam proses rekonstruksi. Bangunan candi-candi ini tampak megah ditambah dengan adanya patung didalamnya. Rasanya sangat menarik ketika Anda pergi kesana, menyewa guide untuk tahu lebih banyak tentang histori candi dan seluruh legenda dalam Hindu tua.

31. Pantai Menganti (Kebumen)

Satu lagi dari Kabupaten Kebumen yang turut meramaikan wisata Jawa Tengah, Pantai Menganti. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Karangduwur. Pantai ini juga tak jauh dari Pantai Pecaron. Seperti pantai lainnya di Kecamatan Ayah, tidak akan mudah untuk menuju ke Pantai Menganti. Hal ini dikarenakan jalan yang harus ditempuh banyak tikungan sempit. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai tersebut, pastikan untuk selalu memarkir kendaraan sedikit jauh dari area. Kemudian, Anda dapat menyusuri jalan dengan berjalan kaki.

Pantai Menganti Jawa Tengah

Salah satu alasan mengapa pantai ini adalah pantai yang unik karena lokasinya yang seolah terjepit. Ya, pantai tersebut tampak berada di tengah-tengah bukit tinggi sehingga lebih mirip dengan pantai laguna. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi, namun ditepis oleh bukit yang menjorok. Jadi, ombak laut tidak akan menyentuh bibir pantai selatan. Pemandangan unik dan suasana yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

32. Taman Air Panas Guci (Tegal)

Di Kecamatan Bumijawa, yaitu di Kabupaten Tegal, Anda dapat menemukan taman air panas guci di desa Guci. Lokasinya tepat berada di bawah kaki gunung Slamet, tepatnya di bagian utara. Selain itu, taman air panas ini berada di ketingian 1.050 meter di atas permukaan laut dengan luas area mencapai 210 hektar.

Leganya, tempat wisata ini memiliki fasilitas dan tempat yang lengkap. Tidak hanya itu, salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah adnya mata air panas yang alami. Sedangkan untuk fasilitasnya, Anda dapat menikmati kolam renang panas, kolam renang biasa, kolam untuk berendam dan juga arus jeram. Jika perut mulai keroncongan, Anda dapat berjalan kaki berburu berbagai oleh-oleh di pasar dekat area wisata.

33. Wisata Jawa Tengah Mata Air Cokro (Klaten)

Terletak di Desa Cokro, Kota Klaten, objek wisata ini merupakan salah satu mata air yang populer. Selain airnya yang masih terus dijaga kebersihannya, mata air tampak benar-benar jernih. Bahkan, Anda masih dapat melihat bagian dasar kolam. Tidak hanya itu, pemandangan dan fasilitas waterboom juga akan memanjakan Anda.

Mata Air Cokro

Jika Anda penasaran bagaimana mungkin mata air ini memiliki air yang benih, jawaban yang paling tepat adalah karena air berasal dari sumber mata air yang asli, langsung sehingga tidak ada air PAM untuk campuran.

34. Wisata Jawa Tengah Colo (Kudus)

Kawasan wisata Colo menyuguhkan pemandangan wisata alam yang bikin Anda malas pulang. Letak kawasan wisata Colo yaitu 18 km jika posisi Anda berada di pusat Kota Kudus. Tepatnya, Wisata Colo berada di Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe. Sekilas, tempat ini akan membuat Anda teringat wisata Bopeng, Magelang. Kawasan wisata colo juga merupakan situs dimana terdapat makan Sunan Muria.

Desa Wisata Colo

35. Wisata Jawa Tengah Karang Bolong (Kebumen)

Pantai Karang Bolong berada di Kecamatan Buayan dengan pasir pantai abu-abu juga beberapa batu karang yang melengkapi panorama pantai. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat bukit-bukit yang tinggi. Pantai tersebut juga menjadi magnet bagi para wisatawan karena adanya hunian burung walet, tepatnya dalam gua. Terdapat tiga gua, yaitu Gua Pasir, Karang Bolong, dan Karang Duwur. Gua Karang Bolong adalah gua dengan lorong memanjang hingga 30 m, lebar 10 meter dan tinggi mencapai 5 meter. Bahkan, gua ini diperkirakan berusia 15 sampai 30 juta tahun.

Pantai Karang Bolong

36. Pantai Pulau Panjang (Jepara)

Suka destinasi wisata Jawa Tengah dengan pantainya? Jepara punya Pantai Pulau Panjang yang cukup seru. Anda harus naik kapal terlebih dahulu, berangkat dari Pantai Kartini. Perjalanan akan membutuhkan waktu 10 menit.

Pantai Pulau Panjang

Pulau Panjang sangat cantik dengan hamparan pasir putih, namun lautan yang dangkal. Bagian dasar laut tampak indah karena terumbu karang yang nampak jelas. Sedangkan pada bagian tengah pulau tersebut adalah hutan tropis, dimana ada banyak pohon tinggi menjulang, ditambah semak dan perdu. Rasanya menyenangkan jika bisa trekking di pulau bersama rombongan.

37. Pantai Nampu (Wonogiri)

Selain Pantai Pulau Panjang, Anda juga dapat berkunjung ke Pantai Nampu yang berad di Desa Dringo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Wonogiri masih memiliki penduduk yang sepi sehingga pantai seperti ini terasa sepi dan sunyi seperti tak terjamah. Pantainya tampak masih alami, walaupun akses jalan cukup mudah dengan jalan beraspal. Selain itu, pengunjung dapat menikmati fasilitas lengkap seperti tempat makan, tenda penunjuk, area parker, juga toilet. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, air laut yang masih jernih, namun ombaknya yang besar membuat Anda harus waspada jika ingin berenang.

Wisata Jawa Tengah Pantai Nampu

38. Wisata Jawa Tengah Gua Petruk (Kebumen)

Goa Petruk bikin Anda merasa betah karena takjub dengan eksistensinya. Goa yang terletak di Desa Candirenggo, Kec. Ayah, Kab. Kebumen ini berada di atas bukit kapur dengan tinggi 75 meter. Artinya, Anda harus menaiki anak tangga untuk menuju ke goa.

Wisata Jawa Tengah Gua Petruk

Goa ini begitu indah karena masih alami dengan panjang 2000 meter walaupun hanya bisa ditelusuri sampai 350 meter saja. Uniknya, Goa ini bertingkat, dengan total tiga lantai. Tak hanya itu, tetapi juga adanya stalaktit dan stalagmite dari air kapur membuat Goa semakin cantik. Anda akan diajak berkeliling dengan seorang ahli, Dr. Koo yang menjadi pemandu.

39. Gunung Merbabu (Semarang)

Ingin mendaki gunung? Anda dapat merencanakan liburan dengan mendaki gunung Merbabu yang berada di Kab. Magelang, Kab. Boyolali, Kota Salatiga, juga Kab. Semarang. Gunung ini sangat kokoh dengan dua puncaknya yang tertinggi, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif. Bahkan, pengunjung dapat melihat lima kawahnya, yaitu Kawah Condrodimuko, Kendang, Kombang, Sambernyowo, dan Rebab. Kesulitan mendaki gunung Merbabu relative sedang, namun pemandangannya tidak akan membuat Anda menyesal.

Gunung Merbabu Jateng

40. Wisata Jawa Tengah Kali Pusur (Klaten)

Klaten cocok untuk dijadikan tempat melepas penat, terutama jika Anda ingin bermain air. Tempat wisata di klaten ini juga terbilang dekat dengan Umbul Cokro Tulung. Selain menikmati segarnya aliran air sungai yang tidak menentu, menikmati river boarding disana juga tergolong aman dan bahkan sangat seru. Ada pemandu dan operator yang nanti akan mendampingi Anda.

Kali Pusur Jateng

41. Umbul Ponggok (Klaten)

Destinasi wisata Klaten selanjutnya adalah Umbul Ponggok. Disana, Anda dapat menyelam lalu melihat bagaimana cantiknya ikan-ikan yang menghuni laut. Tak hanya itu, bahkan Anda dapat menyelam sambil main video game atau nonton TV.

Umbul Ponggok Jateng

Padahal, Umbul Ponggok ini tidak membuat Anda menyelam di laut lepas, akan tetapi di kolam renang yang sangat besar. Kolam renang dibuat sedemikian rupa agar tampak seperti laut, dengan tambahan bebatuan yang mirip batu karang, juga berbagai ikan dengan warna dan bentuk bervarisi. Tentu kesan bahwa Anda sedang berada di dasar laut begitu terasa.

42. Candi Prambanan (Klaten)

Candi Prambanan memiliki keunikan sendiri, sehingga rasanya tidak pantas untuk dibanding-bandingkan dengan Candi Borobudur. Bahkan, Candi Prambanan juga menjadi salah satu landmark wisata Jawa Tengah.  Candi ini sangat luas sehingga tersebar di berbagai daerah yang ada di Kabupaten Klaten.

Candi Prambanan Jateng

Banyak wisatawan tertarik mengunjungi Candi Prambanan karena legenda Roro Jonggrang dan Bndung Bondowoso. Konon, Candi yang keseribu dalam Candi Prambanan adalah wujud Roro Jonggrang karena dikutuk Bandung Bondowoso.

43. Wisata Jawa Tengah Grojogan Sewu (Tawangmangu)

Hendak pergi ke Tawangmangu? Jangan lupa untuk mampir sejenak ke Grojogan Sewu. Tempat wisata ini sangat ramai jika dikunjungi pada musim liburan. Disana, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri, termasuk kera-kera liar. Ketika berkunjung, pastikan waspada dan hati-hati dengan barang bawaan Anda agar tidak dicuri kera.

Grojogan Sewu Jateng

44. Pantai Pecaron (Kebumen)

Berada di Ds. Srati, Kec. Ayah, Kab Kebumen, wisata Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Anda yang suka wisata outdoor yang masih alami. Sampai saat ini, fasilitas masih tampak minim, bahkan tidak ada kamar mandi umum atau tempat istirahat. Itu artinya, Anda harus pergi ke Desa Srati untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Pantai Pecaron Jateng

Pantai ini tampak cantik dengan bentuk laguna, hampir mirip dengan Pantai Menganti karena kedua pantai tersebut terletak dalam kawasan yang sama. Selain itu, Anda dapat melihat bagaimana muara sungai bertemu laut. Pantai ini juga punya pasir yang masih bersih dengan pemandangan bukit yang hijau.

45. Goa Rong (Semarang)

Sedang berada di area Tuntang, Semarang? Jangan lupa untuk berhenti dan meluangkan waktu sejenak di Goa Rong. Objek wisata ini membuat mata terasa segar karena hamparan bukit hijau di tempat tinggi. Selain itu, wisata ini juga dikenal sebagai Bukit Rong dengan ketinggian 690 meter dari atas permukaan laut. Bahkan, Anda juga dapat menikmati hamparan kebun karet.

Goa Rong View Jateng

46. Pantai Bandengan (Jepara)

Sebagai salah satu pantai andalan Jepara, Pantai Bandengan masih belum begitu populer. Pantai ini juga dijuluki sebagai Pantai Tirta Samudera. Fasilitas terus ditambah guna menarik perhatian para pengunjung. Anda dapat menikmati berbagai hiburan seperti flying fish, wave house, flyboard, banan boat, waterski, penginapan, toko souvenir, dan musola.

Pantai Bandengan Jawa Tengah

47. Putuk Setumbu (Magelang)

Bukit yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut ini berada di gugusan Pegunungan Menoreh. Selain menjadi tempat wisata terpopuler untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam, posisi Putuk Setumbu juga membuat Anda dapat melihat Candi Borobudur dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Putuk Setumbu Jateng

48. Wisata Jawa Tengah Telaga Sunyi (Banyumas)

Wisata Banyumas yang bikin malas pulang adalah Telaga Sunyi. Letaknya di Hutan Wisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat duduk disana, menikmati telaga dengan pemandangan alam yang masih alami dan air yang jernih. Untuk anak-anak, sebaiknya hati-hati jika ingin berenang karena kedalaman adalah 3 meter.

Telaga Sunyi

49. Curuk Sipendok (Banyumas)

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang senang menikmati pemandangan di sekitar air terjun. Air terjun ini cukup tinggi, yaitu 92 meter dan berada di lereng Gunung Slamet. Pemerintah lokal berusaha untuk menjaga keasriannya, sehingga Anda harus parkir sedikit jauh dari lokasi. Kemudian, perjalanan untuk bisa sampai ke lokasi harus ditempuh dengan jalan kaki.

Lokasi wisata ini berada di Ds. Karang Tengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Karena berada di lokasi bumi perkemahan, maka rasanya menarik jika Anda berkemah disana barang sejenak. Fasilitas di sekitar air terjun juga cukup legnkap seperti panggung pentas, taman anak-anak, dan lainnya.

50. Puri Maerokoco (Semarang)

Suka budaya Jawa Tengah? Wah, saatnya Anda berkunjung ke Puri Maerokoco. Tempat wisata ini seperti TMII-nya orang Jawa Tengah. Disana, ada banyak kebudayaan khas Jawa Tengah seperti rumah adat, pakaian khas, juga permainan tradisional. Jika Anda memboyong keluarga, si kecil akan merasa betah karena berbagai wahana menarik seperti sepda air, kereta, perahu dan lainnya.

Puri Maerokoco Wisata di Jateng

Nah, itulah 50 destinasi wisata jawa tengah yang pasti bakalan bikin waktu Anda berkunjung ke Jawa Tengah terasa semakin menarik. Tentu saja, wisata-wisata di atas membuat Anda jadi malas pulang. Manakah wisata yang belum pernah Anda kunjungi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × three =