Tips Bisnis Sukses: 8 Kesalahan Yang Bikin Bisnis Sulit Berkembang

0
953

Kamu mungkin sudah memposting semua konten bisnis di website, sebagaimana biasanya. Bahkan, kamu juga menggunakan sosial media lainnya seperti yang disarankan banyak innovator tentang tips bisnis sukses. Kamu juga merasa bahwakamu sudah melakukan semuanya. Namun, sebuah kenyataan yang tak dapat dihindari adalah bahwa hasilnya masih belum terlihat. Modal yang kamu keluarkan juga belum kembali.

Jika berbicara tentang apa saja sih tips bisnis sukses supaya kamu bisa meningkatkan pengunjung yang berdampak pada meningkatnya pelanggan dalam waktu yang sama, tentu tidak mudah. Nah, daripada membuat kesalahan yang lebih panjang, sebaiknya kamu harus tahu apa saja yang harus kamu perbaiki. Mungkin saja kamu sudah melakukan beberapa kesalahan berikut sehingga bisnis yang seharusnya berkembang malah stuck dan tidak ada progress yang nyata.

Memulai Bisnis Tanpa Mengerti Pasar

Memulai Bisnis Tanpa Mengerti Pasar

Ini sama seperti menghancurkan bisnis sendiri. Padahal, dengan ide bisnis yang hendak kamu jalankan, kamu sangat berpotensi menarik perhatian investor. Untuk itu, perhatikan bagaimana kondisi pasar yang sedang booming saat ini. Target yang harus kamu lakukan adalah untuk berkompetisi secara sehat dengan para pesaing di bidang bisnis yang kamu lakoni.

Jadi, adalah sebuah kesalahan besar kalau kamu tidak pernah memeriksa nama perusahaan besar yang sukses sesuai bidang yang ingin kamu dalami. Lalu, bandingkan apakah produkmu nanti mampu menyaingi mereka. Cari informasi dan lakukan pengamatan yang mendalam supaya bisnis kamu bisa berkembang dan berhasil.

Membangun Bisnis Tanpa Menggunakan Data

Semua orang tentu penasaran bagaimana cara bisnis cepat sukses. Namun, percayalah bahwa bisnis yang kamu jalani membutuhkan proses yang panjang, bahkan sebelum kamu mendirikan bisnis itu sendiri.

Ya, sangat penting untuk mengumpulkan data. Padahal, kamu bisa menggunakan data. Misalnya, kamu bisa menggunakan data dari hasil analisis web, hasil informasi dari customer support, atau hasil pencarian populer di halaman Google tentang bisnis tertentu. Bahkan, ketika beberapa customer menanyakan produk tertentu, dan sangat sering, informasi ini bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usahamu loh. Tanpa menggunakan data-data tersebut, maka kamu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan calon customer dan mereka akan meninggalkan kamu, mencari rival bisnismu yang menyediakan tentunya.

Tips Bisnis Sukses Tidak Bisa Terjadi Tanpa Mengerti Motivasi Target Pembeli

Ketika kamu bisa mengerti apa sih motivasi target pembeli untuk membeli produk atau menggunakan jasa dalam bisnis kamu, maka itu artinya kamu akan memberikan pelayanan terbaik. Sangat penting sekali mencari alasan mengapa mereka lebih cenderung memilih brand yang kamu miliki. Dengan mengerti apa motivasi mereka, maka kamu akan lebih berusaha memberikan yang terbaik, sehingga kamu punya lebih banyak motivasi dan pilihan yang ditawarkan untuk melayani.

Tips Bisnis Sukses: Ketika Pembeli Tidak Kembali

Cara bisnis cepat sukses lebih cenderung pada ketika kamu mampu menjaga setiap pembeli atau pengguna bisnis yang kamu tawarkan. Tentu, ini adalah proses panjang yang berkesinambungan, namun tidak sedikit pemula yang mengetahuinya. Biasanya, para pelaku bisnis merasa cukup senang ketika banyak yang menggunakan jasanya, namun tidak mampu menjaga agar pembeli tersebut kembali saat membutuhkan bisnis tersebut di lain waktu.

Padahal, menjaga agar pelanggan tetap kembali ke lapak yang kamu sediakan adalah hal penting. Hal ini seperti bagaimana kamu bisa memberikan pelayanan terbaik. Pasalnya, para konsumen hanya mau menerima tawaran pelaku bisnis yang memberikan pelayanan tepat. Apa saja pelayanan yang dimaksud? Misalnya saja, dari segi harga, kualitas barang, sampai proses pengiriman. Kalau kamu mengerti seperti apa pengaruh kepuasan pelanggan dalam strategi pelayanan bisnis yang kamu lakukan, tentu bisnis yang kamu jalani bisa berkembang lebih baik.

Tidak Melakukan Optimasi Konten Dalam Jangka Panjang

Jarang update jualan? Mulai sekarang, jangan pernah melakukan hal tersebut lagi jika kamu ingin tahu apa saja cara sukses bisnis di usia muda.

Ketika kamu sudah memposting bisnis yang kamu tawarkan, entah di Facebook, WA, website, atau lainnya tapi kamu tidak pernah membahas lagi konten tersebut, itu artinya kamu sedang membuat masalah yang besar. Padahal, optimasi konten yang berkualitas sangatlah penting supaya orang-orang tetap mengenali brand bisnis yang kamu usung. Hal ini juga penting agar mereka tahu bahwa kamu masih bergerak dan menawarkan bidang usaha tersebut secara aktif.

Jadi, pastikan bahwa mulai saat ini kamu akan rajin posting jualan atau tawarkan jasa yang kamu miliki secara rutin. Dengan melakukan hal ini, maka kamu juga bisa menjaga agar para pelanggan mau menggunakan bisnis yang kamu miliki sekaligus untuk menarik minat para calon pembeli di masa depan.

Tips Bisnis Sukses: Lakukan Sesuatu Setelah Posting Jualan

Kamu sudah berbagi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan dalam bisnis yang kamu lakoni. Tentu sudah cukup bagus karena kamu menggunakan media sosial. Namun, kesalahan yang paling besar yang banyak orang tidak menyadari adalah bahwa mereka tidak melakukan interaksi apapun yang menarik target pembeli. Posting jualan, dan selesai hanya begitu saja.

Padahal, tips bisnis sukses sangat membutuhkan hal ini agar ada hubungan atau ikatan dengan customer dan meningkatkan peluang penjualan. Misalnya, setelah kamu melihat calon pembeli datang dan meninggalkan komentar dalam postingan kamu, maka sebaiknya segera balas degnan cepat untuk membangun hubungan dan mengesankan calon pembeli. Berikan ide dan konten segar ketika hendak mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Pelajari Bagaimana Pesaing Bisa Berkembang

Pelajari Bagaimana Pesaing Bisa Berkembang

Salah satu tips bisnis sukses yang bisa kamu coba adalah dengan mengamati bagaimana perusahaan rival bisa berkembang sampai saat ini. Jadi, bukan hal baik kalau kamu merasa di atas angin dan mengabaikan semua inovasi yang dilakukan oleh rivalmu. Ini hanya akan membuat bisnismu makin mudah hancur. Itulah mengapa, sebaiknya selalu pelajari hal baru dari pengalaman rival termasuk dalam hal investasi, tambah wawasan kamu bagaimana mereka bisa mengembangkan bisnis dan bandingkan dengan bisnismu sendiri.

Cara Sukses Bisnis Di Usia Muda Tidak Lepas Dari Karyawan

Ingatlah, karyawan bukan hanya mereka yang akan bekerja membantumu supaya pekerjaan selesai sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Tidak, karyawan bisa melakukan lebih dari itu. Salah satu alasan mengapa bisnis bisa berkembang dengan cepat adalah karena loyalitas karyawan, kekompakan, dan teamwork yang bagus.

Adalah sebuah kesalahan jika kamu hanya berceramah di depan mereka tentang rencana bisnis yang ingin kamu lakukan. Pada akhirnya itu hanya sebuah angan-angan yang tidak akan pernah terlaksana. Percayalah, karyawan tidak membutuhkan hal itu. Bahkan, itu hanyalah pidato yang membuat mereka bosan dan ingin semua cepat kelar. Kamu sudah membangun bisnis ini dalam sementara waktu, maka sangat penting untuk menyampaikan alasan mengapa usaha ini sangat membuat kamu bersemangat.

Tak hanya itu, kamu juga wajib memberikan apresiasi kepada karyawan. Minimal, sediakan fasilitas terbaik yang membuat mereka betah di kantor dengan segala kebijakan santai tapi tetap produktif.  Dengan demikian, karyawan jadi punya celah untuk memberikan sesuatu sebagai inisiatif mereka. Mereka juga akan turut memberikan yang terbaik agar bisnis yang kamu lakoni tetap berjalan dan bahkan berkembang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + four =