Rumah Mewah 1,2 M hanya Rp.50rb, Apa Buka Lapak Gak Rugi ?

0
157

Saya dari dulu penasaran dengan undian-undian yang dilakukan oleh beberapa perusahaan start up raksasa e-commerce seperti BukaLapak, Shopee, dan beberapa perusahaan lainnya. Saya heran, ini perusahaan rela bakar duit demi memberikan kenyamanan kepada usernya dengan cara bagi-bagi hadiah, apa gak rugi ? Hadiahnya itu bukan nominal yang kecil tapi sampai ratusan ribu dollar (Miliaran). Meskipun perusahaan mereka adalah perusahaan besar dan jumlah uang segitu bisa dibilang sedikit bagi mereka, tapi tetap saja yang namanya berbisnis sejatinya adalah mencari keuntungan.

Beberapa saat yang lalu saya melihat iklan undian BukaLapak yang menghadiahi ‘Rumah Mewah’ seharga 1,2M. Saya pikir ‘ni orang gak rugi apa ? Segitu niatnya sampe membuat iklan agar orang mendaftar buat dapetin hadiah undiannya’. Nah, itu artinya mereka care sama usernya kan, sampai dibuat campaign gitu loh. Kurang baik apa BukaLapak coba?

Terus untungnya buat BukaLapak apa ? Jujur saya awalnya juga bingung sama hal ini, tapi setelah melihat iklan mereka hari ini di Facebook saya mendapat beberapa kesimpulan.

1. Mereka gak rugi justru mereka untung besar.

Alasannya sederhana, mereka mampu mengumpulkan dana dari usernya. Seperti yang kita tahu BukaLapak merupakan salah satu startup Unicorn asal Indonesia dengan pengguna lebih dari 10jt user (4% penduduk Indonesia).

Sekarang kita ambil hitungan terkecilnya saja, 5% dari total user BukaLapak mengikuti undian ‘Rumah Mewah’ terlepas dari user baru ataupun lama. Berarti ada sekitar 500rb user yang mengikuti undian dan ditambah campaign/iklan mereka, mungkin mereka bisa mendapatkan user tambahan sekurang-kurangnya 50rb orang. Jadi total 550rb user. Untuk mengikuti undian ‘Rumah Mewah’ user harus membayar Rp.50.000 dengan catatan uang akan dikembalikan jika user tersebut tidak beruntung.

Sekarang coba kalikan dana yang sudah BukaLapak kumpulkan, 550.000 x Rp.50.000 = 27.500.000.000 (27,5 M).
Pemenang undian akan diumumkan setelah satu bulan (umumnya 3-4 minggu).

Oke, sekarang kalian sudah sukses membuat BukaLapak mendapatkan pinjaman uang senilai 27,5 M hingga satu bulan kedepan. Uang yang sudah mereka kumpulkan ini akan digunakan dalam program-program ‘yang menguntungkan’ bagi mereka. Atau sederhananya mereka akan memutar uang kalian dalam satu bulan kedepan. Jika, kalian pernah dengar atau tahu istilah Deposito bank, maka kalian pasti mengerti berapa keuntungan yang akan mereka dapatkan. Jika didalam Deposito biasanya bunga yang didapatkan dalam sebulan berkisar dari 3-6%, maka setidaknya BukaLapak mampu mendapatkan keuntungan 6% atau sekitar 1,6M. Atau bahkan jika mereka tidak untung, setidaknya mereka tidak rugi ‘Keuangan’.
Jika undiannya sudah dilakukan, bagi user yang tidak beruntung dananya bisa dikembalikan dan user yang beruntung mendapatkan hadiahnya. (Angka 6% diatas mungkin terlalu kecil jika kita berbicara tentang BukaLapak, tapi ini hanya contoh sederhana saja).

Jadi, dari contoh diatas BukaLapak sukses mendapat keuntungan 1,6M. Tapi karena mereka memberi hadiah senilai 1,2M, maka keuntungan bersihnya hanya 400jt.
Tapi setidaknya BukaLapak tidak rugi tapi justru untung.

2. Keuntungan berikutnya adalah BukaLapak makin eksis dikalangan masyarakat Indonesia dan Jumlah user yang semakin bertambah.

Karena BukaLapak menggunakan iklan untuk menarik minat user maka user BukaLapak harusnya bertambah sebab user yang ingin mengikuti undian haruslah mendaftar terlebih dahulu di BukaLapak.
“Terus kenapa kalau user bertambah, kalau tidak belanja kan percuma saja.” Memang, anggapan itu tidaklah salah tapi juga tidak benar. Kalian ingat setiap user udah ikut meminjamkan uang mereka Rp.50rb kepada BukaLapak ? Itu adalah transaksi pertama kalian yang secara tidak langsung ‘dipaksa’ oleh BukaLapak. Emang siapa yang tidak tergiur sih dengan rumah seharga 1,2M cuma bayar 50rb ?

Dengan bertambahnya user di BukaLapak mampu meningkatkan jumlah transaksi di BukaLapak. Jumlah user dan jumlah transaksi ini adalah dasar perhitungan sebuah startup untuk menentukan nilai Valuasi perusahaannya. “Terus kalau nilai Valuasinya tinggi emang kenapa?” Ya gpp, cuma untung aja.
Dengan nilai valuasi yang tinggi berarti perusahaan start up mampu mendatangkan minat investor untuk menanam saham. Semakin tinggi Valuasi semakin menguntungkan perusahaan. Kalian bisa baca tentang Valuasi di TIA id : https://id.techinasia.com/valuasi-startup-pengertian-cara-hitung

Jadi kesimpulannya, BukaLapak tidak pernah rugi ketika memberikan program berhadiah mereka. BukaLapak justru untung besar. Perusahaan mereka makin dikenal dan eksis dikalangan masyarakat dan terus bertumbuh.

Tulisan saya diatas hanyalah pendapat. Saya juga sudah lama penasaran dengan hal-hal diatas dan tiba-tiba terpikir jawaban seperti yang diatas setelah melihat iklan BukaLapak. Jika ada kritik dan saran monggo, semoga pendapat saya diatas memberikan manfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here