5+ Peluang Usaha Di Desa Menjanjikan, Laku Tiap Hari

0
52

Tinggal jauh dari keramaian kota, bukan berarti kamu nggak bisa menemukan peluang usaha di desa. Banyak kok ide binsis menjanjikan yang bisa laku tiap hari. Apalagi, perkembangan teknologi serta komunikasi membuat jaringan internet juga masih bisa diakses di tempat terpencil pun.

Jadi, bukan hanya offline, usaha online yang dioperasikan dari desa juga masih sangat mungkin untuk dilakukan. Walaupun kamu membuat usaha offline di desa dengan modal kecil, tetap saja sangat menjanjikan untuk meraup untung setiap hari. Berikut adalah berbagai ide usaha di desa yang bisa kamu coba:

Jasa Potong Rambut dan Salon Kecantikan

Pernah kerja di salon kecantikan?  Atau punya bakat mencukur rambut dari hasil belajar otodidak? Coba deh, buka jasa potong rambut dan salon kecantikan dengan harga terjangkau.

Biasanya, tempat seperti ini jadi tempat paling rame karena cocok untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua ingin membuat rambutnya jadi lebih rapih.  Sediakan pula layanan cat rambut, perawatan kulit wajah, dan lainnya.

Peluang Usaha di Desa – Menjahit

Peluang usaha di desa berikutnya adalah dengan jadi tukang jahit. Dengan modal kecil, usaha ini terbilang sebagai usaha yang terus hidup. Pasalnya, tukang jahit mampu memenuhi salah satu kebutuhan dasar, yaitu sandang/ pakaian.

Apalagi saat ini, permintaan pakaian dalam berbagai model juga sedang tinggi. Walaupun dituntut untuk punya skill menjahit, namun dengan jadi tukang jahit di desa, kamu punya potensi untuk tetap bekerja tanpa meninggalkan rumah.

Jasa Laundry

 

Jasa Laundry

Bukan hanya orang kota saja yang sibuk dalam kegiatan sehari-harinya. Banyak juga penduduk desa yang sangat sulit ditemui dirumahnya karena bekerja di luar kota. Ada juga yang menjadi petani atau melakoni pekerjaan yang menuntut untuk pulang saat senja.

Kamu bisa memanfaatkan bagaimana padatnya aktivitas penduduk desa dengan menawarkan jasa laundry. Apalagi, memang saat ini jasa laundry dibandrol dengan harga yang terjangkau. Sehingga, pasti permintaan untuk laundry sangat tinggi.

Usaha ini sangat cocok buat kamu yang punya modal cukup. Misalnya, dengan menyiapkan mesin cuci, setrika, timbangan, seerta kantung plastik. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan ruang depan atau ruang teras rumah.

Usaha ini juga cocok buat rumah yang punya pekarangan lluas untuk jemur berbagai pakaian milik pelanggan. Akan lebih menyenangkan lagi jika kamu juga menyediakan jasa antar-jemput.

Buka Warung

Cobalah dengan membuka warung kelontong. Warung seperti ini selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga cocok buat kamu yang ingin jualan dan laku setiap hari.

Kalau ingin buka usaha seperti ini, ada baiknya untuk selalu memastikan barang tersedia. Selain itu, pastikan untuk menjual dengan harga yang lebih murah. Kemudian, pastikan juga untuk mencari tempat kulakan atau toko grosir murah.

Memang, membuka toko atau warung kelontong tidak memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Tetapi, kalau kamu mampu mengatur keuangan atau cash flow, maka bukan hal yang mustahil untuk membuat warung kamu jadi lebih berkembang dengan barang yang lebih lengkap.

Memiliki warung juga membutuhkan interaksi dan komunikasi yang baik dengan pembeli. Jika kamu melayani seluruh pelanggan secara ramah, tentu semua juga merasa betah untuk belanja di toko. Usahakan juga untuk memberikan rasa terimakasih kepada seluruh pelanggan, misalnya dengan memberi bingkisan saat lebaran.

Jasa Mebel atau Konstruksi

Usaha lainnya yang dapat kamu laukan saat di desa adalah dengan membuka jasa pembuatan perkakas rumah tangga. Mulai dari kursi, tempat tidur, almari, daun pintu, dan masih banyak lagi.

Agar permintaan tetap ada, kamu juga harus memberikan pelayanan lainnya. Misalnya, usahakan juga menyediakan jasa reparasi furniture. Furnitur atau perkakas yang rusak dan masih mungkin untuk diperbaiki akan membuat pelanggan terus berdatangan.

Dkendati demikian, membuka jasa seperti ini membutuhkan keahlian. Jika sudah berkembang, kamu juga bisa mulai dengan menambah pekerja untuk membantu. Pastikan seluruh produk pesanan digarap dengan rapih.

Peluang Usaha di Desa – Beternak Lele

Ternak lele juga bisa jadi salah satu jenis usaha menjanjikan. Buatlah tempat pembibitan lele supaya bisa membuat indukan lele bertelur dan bisa kamu jual bibitnya. Tentu saja, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih usaha yang satu ini.

Pertama, kamu harus menyiapkan makanan khusus. Cacing sutera adalah pakan yang tepat untuk benih agar bisa tumbuh dengan ukuran tertentu. Bibit kemudian bisa dijual ke para peternak lele.

Kedua, kamu juga harus mengeluarkan modal untuk membanggun kolam-kolam khusus yang ada di sekitar rumah atau di pekarangan rumah. Kamu bisa memelihara beberapa bibit lele berkualitas untuk dibesarkan sampai siap dikonsumsi. Kenapa lele pilihan tepat? Ikan ini bisa tetap hidup walaupun di air yang keruh.

Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung adalah salah satu binatang ternak yang spesial, mengapa? Ayam ini punya kualitas nutrisi yang tak tergantikan. Selain itu, ayam kampung juga aman dari berbagai penyakit. Itulah mengapa banyak orang yang suka mengonsumsi ayam kampung.

Ternak ayam kampung juga bisa jadi salah satu peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan. Kamu bisa memelihara banyak ayam kampung. Jika sudah siap panen, kamu bisa setor seluruh ayam tersebut ke kota. Usaha ini juga cocok buat kamu yang punya modal besar dan dengan lahan kandang yang luas.

Jamur Tiram

Pengen punya pemasukan setiap hari? Kamu juga bisa mecoba berbisnis jualan jamur tiram. Menjadi petani jamur tiram bisa dimulai dengan modal minim.

Untuk memulai, siapkan bahan baku untuk media pertumbuhan jamur. Harga bahan baku tani jamur tiram di desa juga murah. Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah dedak, kapur, dan kayu.

Siapkan jua plastik atau drum bekas sebagai tempat untuk menanak log atau baglog. Bahan bakar yang diperlukan adalah kayu. Selanjutnya, gunakan internet untuk mulai belajar bisnis jamur tiram, termasuk untuk memasarkannya.

Peluang Usaha di Desa - Jasa Cetak atau Desain

Peluang Usaha di Desa – Jasa Cetak atau Desain

Semua orang pasti butuh jasa untuk desain. Hampir masing-masing rumah punya bisnis yang ditawarkan. Selain butuh spanduk, mereka juga butuh papan nama bisnis, serta lainnya. Kamu juga bisa membuat undangan, atau desain foto, atau lainnya.

Usaha ini layak juga untuk kamu kembangkan di rumah, walaupun tinggal di desa. Jika kamu punya bakat lebih, kamu juga bisa mengembangan dengan menawarkan jasa lainnya. Misalnya, dengan jasa menulis, jasa fotokopi, jasa print, dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja peluang usaha di desa yang terbilang menjanjikan. Kamu juga nggak perlu jauh-jauh merantau. Semua bisa kamu kembangkan berdasarkan modal yang kamu miliki. Apalagi, saat ini ada bantuan online juga.

Jadi, kalau kamu punya kuota internet atau kuota chat, kamu juga bisa mempromosikan jasa yang kamu miliki tersebut. Semakin banyak mata yang melihat promosi tersebut, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mengembangkan usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here