Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

0
1015

Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan. Menjelajahi dunia internet memang tidak ada habisnya. Semakin kesini internet telah menjadi dunia kedua masyarakat yang memiliki berbagai macam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk mempermudah komunikasi, dengan internet kita juga bisa membuka banyak peluang bisnis online. Baik melalui media-media sosial, blog, website ataupun market place.

Peluang bisnis online melalui internet semakin kesini semakin banyak digandrungi oleh banyak orang. Baik dari kalangan pengusaha, ibu rumah tangga ataupun kalangan anak muda. Tidak heran jika saat ini banyak sekali pengusaha-pengusaha kecil yang mulai bermunculan. Hal ini disebabkan selain jaringan internet yang semakin mudah diakses oleh siapa saja, membuka usaha online juga sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Membuka bisnis online saat ini memang lagi menjadi trend tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari usaha online kecil-kecilan sampai yang sudah memiliki brand ternama. Rupanya dunia online dianggap begitu menguntungkan dan mempermudah langkah penjualan. Karena akses yang di dapat sangat luas ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan manca negara.

Jangkauannya pun tidak hanya satu kalangan saja, kita bisa membidik pasar yang terdiri berbagai lapisan masyarakat. Dari mulai anak muda, bapak-bapak, bahkan ibu-ibu rumah tangga. Sehingga peluang bisnis kita tidak hanya tersedia dalam satu aspek saja, melainkan berbagai aspek kebutuhan masyarakat.

Selain itu, menjadi pengusaha yang mandiri juga akan memberikan dampak yang bagus untuk kemajuan perekonomian negara kita. Karena semakin banyak warga negara menjadi pengusaha, berarti kita mendukung untuk menjadikan negara kita sebagai negara yang produktif. Yaitu negara yang penduduknya menjadi produsen local maupun internasional, tidak hanya menjadi konsumen saja. Apalagi semakin ke sini pemerintah telah memperlihatkan keperpihakannya terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia dan eksistensi pengusah-pengusaha mandiri yang sedang tumbuh di tengah masyarakat luas.

Mana yang Lebih Menguntungkan? Bisnis Online atau Offline?

Pada dasarnya semua bisnis itu sama saja. Sama-sama memerlukan usaha. Baik online maupun offline sama-sama memerlukan ketekunan dan kesabaran. Selain itu kita juga memerlukan modal. Walaupun ada yang butuh modal banyak, ada juga yang tidak. Nah, berikut ini kami paparkan perbedaan bisnis online dan offline dan nilai plus dan minusnya.

  1. Membuka bisnis offline membutuhkan banyak modal dan nilai fisiknya juga lumayan banyak. Karena kita harus memiliki tempat atau toko untuk berjualan. Sedangkan bisnis online tidak begitu membutuhkan banyak modal usaha dan nilai fisiknya juga tidak begitu besar. Cukup dengan komputer atau laptop saja, kamu sudah bisa memulai bisnismu sendiri.
  2. Bisnis offline cenderung berisiko tinggi. Itu karena usaha offline biasanya memasok barang terlebih dahulu agar selalu ready saat dicari pelanggan. sedangkan untuk usaha-usaha online kita bisa memilih untuk menjadi suplier, reseller, ataupun dropshiper.
  3. Jika bisnis offline cenderung memiliki pasar yang terbatas, berbeda dengan bisinis online yang miliki jangkauan pasar yang luas dan tidak terbatas.
  4. Sama halnya dengan jangkauan pasar, potentensi pendapatan bisnis offline juga terbatas. Sedangkan potensi keuntungan bisnis-bisnis online cenderung lues dan tidak terbatas. Hal ini disebabkan karena persoalan modal fisik yang cendereng besar saat hendak mendirikan usaha offline dan begitu juga sebaliknya.

Dari bebeapa hal di atas, kiranya kamu bisa mempertimbangkan, mana yang lebih mudah dan menguntungkan untuk kamu jadikan lahan usahamu.

Selain itu, menggeluti bisnis online sendiri juga memiliki beberapa potensi krugian jika kita tidak jeli memilih dan menempatkan pemasaran. Biasanya orang akan mencari barang yang paling ia butuhkan. Sehingga setiap kategori masyarakat pasti memiliki aspek kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti ibu-ibu rumah tangga misalnya, portal pencariannya pasti lebih cenderung perabotan rumah, atau bahan makanan. Berbeda dengan anak muda yang cenderung lebih tertarik kepada fashion. Begitu juga dengan bapak-bapak dan anak-anak yang memiliki kebutuhannya masing-masing.

Lalu bisnis online apa yang paling menjanjikan?

  1. Bergelut dalam bidang fashion

Mendalami bisnis yang satu ini memang tidak ada habisnya. Semakin kesini dunia fashion semakin berkembang dan digandrungi oleh banyak kalangan. Karena dengan fashion seakan-akan hidup semakin berwarna dan tidak monoton. Maka tidak heran jika seluas apapun dunia ini maka semakin banyak pula konsumen yang datang.

Kamu bisa fokus untuk mengembangkan bisnis onlinemu di bidang ini dengan mencoba menjual pakaian wanita, pria, dan anak-anak. Atau juga bisa menjual berbagai macam acsesoris. Melihat pasar indonesia yang semakin luas kamu bisa mencoba berbagai macam kategori seperti rok, gamis, celana, kulot dan lain sebagainya.

Selanjutnya kamu bisa memeilih salah satu kategori tersebut untuk kemudian kamu sesuaikan dengan pasar. Apakah targetmu adalah pasar kalangan wanita, pria, atau anak-anak. Sehingga kamu bisa mengoptimalkan barang danganmu sampai mencapai target penjualan. Dalam penjualan ini kamu hanya perlu memasarkannya lewat media-media sosial, website, blog ataupun marketplace tertentu.

  1. Mencoba menjadi reseller atau dropshiper

Membuka bisnis online memang banyak jenisnya. Selain kamu bisa membuka lapakmu sendiri, kamu juga bisa untuk menjadi reseller ataupun dropshiper dari usaha-usaha online lainnya. Pilihan ini bisa kamu jadikan salah satu lahan usahamu untuk menjadi pengusaha online tanpa menggunakan modal besar.

Jika pilihanmu menjadi reseller, berarti kamu masih perlu mengeluarkan modal walaupun tidak sebesar saat kamu membuka usaha offline. Modal ini diperlukan untuk membeli barang dagangan dalam jumlah tertentu dengan harga grosir dari produsen untuk kemudian kamu jual kembali dengan harga normal atau relatif sedikit lebih mahal.

Sedangkan untuk dropship sendiri cenderung lebih aman. Karena kamu tidak perlu memikirkan resiko untung dan rugi. Hal itu karena peranmu sebagi seorang dropshiper hanya sebagai penyambung lidah antar penjual dan pembeli. Selain kamu tidak perlu mengeluarkan modal, menjari dropshiper juga tidak beresiko. Akan tetapi seperti minimnya resiko yang diterima, untungnya pun juga tidak seberapa.

  1. Mengelola sendiri website atau blog

Salah satu usaha online yang hingga kini masih tetap eksis dan menjanjikan adalah mengelola website dan blog. Kamu bisa mengelola website ataupun blog yang bersifat pribadi ataupun bertemakan topik tertentu. Misalnya kamu bisa berbagi pegalaman hidupmu selama ini melalui tulisan yang kemudian kamu unggah dalam salah satu situs website kamu. Biasanya kisah-kisah pribadi semacam ini akan menjadi candu tersendiri di kalangan masyarakat jika kamu mengunggahnya secara berkala.

Atau kamu bisa juga menkonsep website tersebut dengan tema-tema tertentu untuk memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya. Konsep ini bisa tentang fashion, teknologi, budaya bahkan politik. Biasanya artikel yang banyak dicari adalah artikel yang baru in dan menjadi pusat perhatian di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, jika kamu ingin websitemu banyak dilihat dan dikunjungi orang, sebaiknya kamu perlu mengamati terlebih daulu apa yang sedang trending di masyarakat.

Selain itu kamu juga bisa menjadikan website atau blog yang kamu buat sebagai pasar online untuk memasarkan produk-produk jualanmu. Bisa tentang pakaian, elektronik ataupun barang-barang lain yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Demikian beberapa usaha-usaha online yang menjanjikan yang mungkin bisa kamu jadikan refrensi untuk membuka bisnismu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =