Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Layak Dicoba

0
1018

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa bukan berarti kamu tidak memiliki waktu luang. Sebenarnya walaupun kamu sudah menjadi mahasiswa masih banyak waktu luang yang bisa kamu manfaatkan untuk usaha mengumpulkan pundi-pundi uang. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu lakukan walaupun kamu berprofesi sebagai mahasiswa.

Belajar sambil bekerja memang bukan hal yang mudah. Terlebih jika kamu terlanjur memiliki kerja sampinga part time atau full time. Sebab, kamu akan dituntut untuk bisa menyeimbangkan kedua profesi yang kamu tekuni. Tapi jangan hawatir, saat ini sudah banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa tanpa mengganggu peran utama mereka sebagai pelajar. Selain blajar siapa yag tidak ingin memiliki penghasilan?

Apalagi kalau ingat biaya kuliah semakin mahal, biaya hidup juga semakin melambung, tentu kita tidak bisa diam saja sementara hanya menunggu kririman dari orang tua. Biasanya prinsip seorang mahasiswa harus bisa survive dan tidak lagi mengandalkan kiriman orang tua. Lebih-lebih jika kita menjadi mahasiswa mandiri, dan idak ada lagi yang bisa di andalkan. Tentu mau tidak mau kita harus panadai-pandai memutar otak untuk memiliki usaha sampingan.

Usaha sampingan untuk mahasiswa biasanya lebih mudah dan ringan. Menyesuaikan dengan kondisi dan kantong mahasiswa. Karena waktu yang dimiliki mereka harus dibagi dengan belajar, tentu bisnis yang hendak digeluti tidak boleh ribet dan memakan banyak waktu. Selain itu, bisnis ala mahasiswa seharusnya juga tidak butuh modal banyak. Karena biasanya kantong mahasiswa rawan krisis. Jadi walaupun dengan keterbatasan ini siapa sangka mahasiswa masih bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Walaupun kebanyakan orang beranggapan bahwa dompet mahasiwa selalu saja tipis, dengan menggeluti bisnis sampingan ini kamu bisa lo mengubah persepsi itu. Mahasiwa yang berhasil menggeluti usaha mereka nyatanya bisa mandiri, bahkan memiliki pandangan bisnis yang cerah di masa depan. Kapan lagi dimulai kalau tidak dari sekaranang.

Yang terpenting untuk menjalankan usaha sampingan kita harus berpikir kreatif. Memiliki niat dan kemauan saja tidak cukup. Apalagi di zaman sekarang yang hampir semua orang memiliki ambisi untuk hidup terjamin, tentu kamu harus berusaha lebih untuk berinovasi sebaik mungkin agar mampu bersaing.

Mandiri dalam finansial? Siapa takut?!

sebenarnya usia menjadi mahasiswa adalah usia yang matang untuk bisa hidup mandiri. Salah satunya dalam hal keuangan. Cobalah memberanikan diri untuk mencoba hal-hal baru yang bisa membuatmu mmandiri. Salah satunya dengan membuka bisnis ala-ala mahasiwa. Dengan memiliki usaha sampingan kamu bisa belajar banyak hal. Tidak hanya memiliki pemasukan sendiri, tapi kamu juga bisa belajar soal kedisiplinan, managemen waktu, managemen keuangan  dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Tidak sedikit lo mahasiswa yang keterusan menjalankan peluang bisnis online sampai jadi pengusaha. Hal ini dikarenakan ketekunan dan keberaniannya mencoba hal-hal baru. Serta selalu berinovasi dalam setiap langkah bisnisnya. Apalagi kalau kita lihat, lingkungan mahasiswa adalah lingkungan yang cukup efektif untuk dijadikan peluang usaha. Kamu bisa memulainya dengan mengamati teman-teman sekelas atau sejurusanmu dari apa yang mereka butukan, dan apa yang mereka gemari. Selanjutnya kamu hanya perlu mengubah kesempatan itu untuk menjadi ladang usahamu.

Lalu bisnis apa saja sih yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Berikut ini ada bebrapa usaha yang bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan. Sembari belajar kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi uang.

1. Berjualan online

Menjadi pengusaha online memang terbilang cukup mudah. Apalagi bagi kamu yang gemar berselancar di dunia internet. Hanya bermodalkan hand phone atau laptop saja kamu sudah bisa menjadi pengusaha online. Sebenarnya usaha online memiliki banyak fariasinya, dari yang paling mudah yaitu menjadi dropshiper dan reseller, sampai membuka bisnis sendiri melalui website, blog ataupun media-media sosial.

Bagi kamu yang malas beraktifitas di luar rumah tapi ingin punya penghasilan, usaha online ini bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. Banyak yang bisa kamu lakukan mulai dari berjualan, menulis, menterjemah dan lain sebagainya. terkadang, usaha online ini juga tidak membutuhkan banyak modal lo. Selain itu usaha ini juga terbilang mudah. Siapa saja bisa menjadi pengusaha online. Tinggal tentukan saja apa yang hendak kamu lakukan melalui dunia internet ini.

Salah satu kelebihan dari usaha ini adalah kita tidak diharuskan melangkah keluar rumah hanya untuk memulai usaha online ini. Kita juga tidak harus memiliki modal fisik seperti tempat penjualan, toko dan lain sebagainya. selain itu usaha online bisa menjadi sangat efektif untuk dilakukan bagi kalian yang hendak melatih bentuk komunikasi yang baik di dalam dunia maya. Karena usaha-usaha online akan lebih banyak menghabiskan waktu berkomunikasi melalui media internet tanpa harus bertemu dan bertatap muka.

2. Menjadi blogger ataupun yutuber

Jika kamu memiliki hobi menulis atau suka eksis di depan kamera, kamu bisa mencoba kegiatan yang satu ini. Menjadi blogger ataupun yutuber akhir-akhir ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat. Bukan hanya kalangan anak-anak muda saja, tapi juga kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Melalui kedua platform ini kamu bisa menyalurkan hobi yang kamu miliki sekaligus mencari ladang usaha. Kamu bisa mengaktifkan google adsense agar kamu bisa mendapatkan uang dari hasil tulisan dan video yang kamu buat.

Jangan lupa untuk mempromosikan blog dan youtubemu kepada teman dan orang-orang sekitar kamu agar semakin banyak yang melihat videomu dan membaca tulisanmu. Semakin banyak pengunjung dan pembaca akan semakin banyak pula pundi-pundi rupiah yang bisa kamu dapatkan. promosi ini bisa kamu lakukan melalui media-media sosial yang kamu miliki seperti Whatsap, Facebook. Jika tulisan dan videomu bagus dan banyak dinantikan oleh orang banyak, kamu juga bisa menyalinnya dalam sebuah buku sebagai pengalaman hidupmu. Buku ini bisa kamu cetak dan kamu pasarkan. Menggiurkan bukan?!

3. Menjadi penulis freelance

Salah satu pekerjaan sampingan yang juga bisa kamu coba adalah menjadi penulis freelance. Bukan hanya menjadi blogger saja lo yang menjanjikan, menjadi penulis website juga sangat menggiurkan. Selain mudah, kamu juga bisa melatih skill dan hobi menulis yang kamu miliki. Kamu bisa mengandalkan berbagai situs freelance untuk mencari lowongan ini.

Untuk fee-nya sendiri tergantung kesepakatanmu dengan klien. Ada yang menetapkan harga borongan , ada juga yang memberikan harga per-satuan tulisan yang kamu buat. Biasnaya fee ini akan diberikan berdasarkan seberapa banyak karakter, kata dan halaman tulisan yang kamu kerjakan. Semakin banyak dan menarik, akan semakin mahal fee yang akan kamu dapatkan.

4. Fotografer

Taukah kamu, memiliki foto bagus dan mengagumkan sekarang ini sedang menjadi tren tersendiri lo di dunia maya. Apalagi para influencer yang setiap harinya dicermati dan diikuti oleh orang lain. Tentu mereka harus menjaga penampilan agar selalu terlihat kece dan menarik. Nah, biasanya para influencer ini akan mencari fotografer yang bagus untuk mengabadikan moment mereka.  Karena dengan foto yang berkualitas mereka bisa meningkatkan engagement atau followers yang mereka miliki.

Bagi kamu yang hobi di bidang fotografi, kamu bisa menjual skill yang kamu miliki dan menukarknya dengan rupiah. Kamu bisa menjual skill yang kamu miliki kepada orang lain yang membutuhkan jasamu. Jangan lupa untuk memasang dan menetapkan ratecard terlebih dahulu ya! Agar kamu tidak kelimpungan saat ditawar atau ditanya soal harga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 10 =