7 Cara Motivasi Diri Agar Kerja Sukses & Punya Produktivitas Tinggi

0
856

Motivasi diri seperti apa yang akan kamu lakukan jika kamu harus tetap produktif ketika kamu benar-benar tidak punya energi? Padahal, tanpa bisa mengoptimalkan produktivitas kamu, maka peluang untuk sukses juga akan turun sangat signifikan. Tentu saja, dibutuhkan sesuatu yang dapat membantu kamu untuk meraih tujuan: Entah karena kamu ingin memajukan bisnis, entah sedang termotivasi diet, atau apapun itu, tentu energi dan motivasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan level produktivitas dan meningkatkan peluang apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

Harus diakui bahwa, untuk tetap bertahan hidup saja sudah menghabiskan banyak level energi. Apalagi, kamu punya banyak tanggungjawab diluar sana yang juga menghabiskan banyak waktu. Misalnya, kamu harus kerja full-time, atau jadi keluarga yang harus memikul beban kebutuhan. Nah, kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut untuk tetap meningkatkan motivasi diri, tetap kerja dengan semangat, percaya diri, dan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Uang Bukan Motivator Yang Tepat, Cari Motivasi Diri yang Tepat

Uang Bukan Motivator Yang Tepat, Cari Motivasi Diri yang Tepat

Seringkali, ketika hendak mengerjakan sesuatu, entah dalam berbisnis atau melamar pekerjaan, uang dijadikan sebagia motivator atau pemicu semangat. Padahal, sebuah buku karya Daniel Pink yang berjudul Drive: The Surprising Truth About What Motivates Us ternyata menunjukkan bahwa uang hanya bisa jadi motivator yang bagus untuk pekerjaan yang sangat, sangat membosankan. Jika bekerja atau melakukan hal-hal yang membutuhkan ide, kreativitas, juga memecahkan masalah, maka uang hanya menjadi musuh yang menghancurkan motivasi diri.

Sedangkan para pekerja seni, misalnya, mereka yang mengerjakan sesuatu karena kesenangan, minat, lebih cenderung mudah sukses karena mereka melakukan sesuatu bukan karena unsur mengharap imbalan. Untuk itu, jika ingin menemukan passion, maka kamu harus punya alasan sesuatu, yang bisa menekan motivasi diri agar muncul. Sesuatu yang bisa menyentil diri kamu sendiri yang paling dalam. Misalnya, kenapa pekerjaan ini sangat penting? Kerugian seperti apa kalau sampai produktivitas kamu menurun? Dan komitmen seperti inilah yang akan membantu supaya kamu tidak gagal.

Gunakan Energi Orang Lain

Gunakan Energi Orang Lain

Adalah manusiawi ketika kamu seperti kehilangan motivasi diri, motivasi kerja, atau lainnya seolah-olah kamu nggak punya inspirasi atau menyerah begitu saja. Nah, untuk itu, sebaiknya kamu mulai menggunakan energi orang lain, seperti apa maksudnya? Misalnya, kamu bisa ngobrol dengan orang-orang disekelilingmu. Bagaimana mereka mengatasi hal seperti ini? Siapakah orang yang paling kamu kagumi di tempat kerja, jika sudah berbicara tentang etos?

Atau, kamu juga bisa meningkatkan motivasi diri dengan rajin baca cerita. Ada banyak kisah inspiratif. Bahkan, penelitian menunjukkan jika cerita-cerita ini sangat efektif untuk mengubah hidup dan perilaku diri sendiri. Misalnya, kamu bisa baca cerita tentang kehidupan orang lain seperti Tara Westover, yang punya motivasi diri sangat bagus dan tak gentar mengubah hidupnya sendiri.

Jangan Memikirkan Banyak Hal

Mengerjakan proyek yang besar misalnya, sudah pasti kamu akan membutuhkan banyak energi yang terkuras. Namun, jika pikiran sedang kacau karena terlalu banyak hal, sudah pasti ini akan sangat mengganggu. Nah, banyak pengusaha yang gagal karena terlalu banyak strategi dan ide.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Waktunya untuk mengumpulkan semua pemikiran tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan berbicara dengan diri sendiri untuk motivasi diri. Misalnya, kamu bisa ngobrol dengan dirimu sendiri tentang hasil yang kayak gimana yang kamu inginkan, apa yang sudah kamu lakukan sejauh ini dan pilihan apa yang tersedia untuk membuat kamu bisa melangkah lebih maju. Tentu, kamu membutuhkan sesuatu untuk hal tersebut, misalnya seorang pelatih. Atau, kamu juga bisa menggandeng teman yang rajin denger curhatan kamu dan pastinya, kamu juga harus jadi pendengar yang baik ketika kamu mendapatkan nasehat yang berharga.

Waktunya Membuat Daftar Hal Yang Akan Kamu Kerjakan

Dengan semua ide atau gagasan yang muncul di kepala, waktunya menulis semua hal tersebut dan membuat list atau daftar rencana. Hari ini, kamu telah menentukan apa saja yang akan kamu kerjakan dan kamu harus membuat deadline kapan akan menyelesaikan proyek tersebut. Nah, bagaimana kamu akan memulai semuanya?

Pertama, tata kembali semua. Dari setiap rencana yang kamu buat, pastikan bahwa terdapat goal yang sangat penting. Cari hal tersebut dan atur sesederhana mungkin. Kamu bisa membuat jadwal waktu pada kalender untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang nantinya bisa membawa proyek tersebut ke level selanjutnya. Dengan mengatur semua secara mendalam, maka kamu juga pasti bisa menghilangkan semua pikiran yang kacau dan tidak terencana.

Ini adalah bagian perencanaan yang akan membuat pekerjaan jadi cepat selesai dan bahkan berhasil dengan lebih baik. Karena itu, mulailah bangun pagi dan buatlah rencana yang harus kamu lakukan setiap harinya. Dengan demikian, kamu juga bakal kaget bagaimana perubahan yang ada dalam diri kamu, dan bagaimana kamu jauh bisa lebih produktif dari hari-hari sebelumnya.

Motivasi Diri Dengan Plan B

Salah satu rahasia orang-orang yang sukses menemukan motivasi diri adalah karena mereka tahu, mereka selalu mau mencoba. Sama seperti cerita Thomas Alfa Edison. Penemu yang satu ini selalu merasa bahwa dirinya tidak pernah gagal. Bahkan, untuk semua usaha yang sudah ia lakukan, ia hanya bilang 1000 kali percobaan yang dia buat bukan berarti dia gagal. Thomas Alfa Edison justru bilang bahwa percobaan tersebut menunjukkan kepadanya bahwa ia butuh melakukan hal lainnya lagi dan lagi.

Itu juga berarti jangan pernah membuat batasan pada diri sendiri. Bermimpilah tanpa ada kecemasan. Karena orang-orang yang punya motivasi diri yang tinggi, pasti tidak akan kenal dengan batasan dalam benaknya. Jadi, lakukan saja dan cobalah semuanya.

Terimalah Semuanya

Terimalah Semuanya

Lupakan hal-hal yang bikin kamu jadi cemas. Jadi, kamu sudah melakukan semua yang terbaik, jadi jika hasilnya memang belum bagus, maka cobalah lagi. Terima semua hal tersebut dengan membulatkan tekad untuk memperbaiki semua. Jangan pernah cepas dengan semua hal yang menurut kamu bisa jadi masalah besar, padahal hal itu saja belum terjadi. Jangan biarkan kecemasan memprovokasi langkahmu untuk berkembang. Jadi, ambil saja resiko yang sudah kamu perhitungkan dan fokuslah pada energi dalam mempersiapkan semuanya.

Motivasi Diri Dengan Rajin Bangun Pagi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan motivasi diri adalah bangun pagi untuk melihat apa yang akan kamu lakukan hari ini, sesuai rencana tentunya. Dengan seluruh list proyek yang harus kamu kerjakan, kerjakan satu per satu. Sesekali, bangunlah, tidak perlu duduk terlalu lama di depan laptop. Mungkin ambillah waktu istirahat 5 menit disetiap list yang sudah kamu kerjakan. Kamu bisa membuat kopi atau hanya meregangkan pinggang. Olahraga sederhana terbukti efektif untuk melakukan “reset” pada tubuh dan pikiran supaya bisa fokus kembali.

Pastikan bahwa kamu punya komitmen untuk terus melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap hari. Cara ini sangat penting supaya kamu tetap fokus meraih apa tujuan dari hidup dan meningkatkan motivasi diri. Hanya dengan motivasi diri yang baik, maka sudah dijamin produktivitas juga meningkat, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =