Ini Dia Manfaat Minum Kopi Menurut Hasil Studi Terbaru, Mencengangkan!

0
980

Manfaat minum kopi baru-baru ini ditemukan oleh para peneliti. Mereka juga memaparkan bahwa dari hasil penelitian tersebut, ternyata minum kopi memberikan beberapa manfaat kesehatan yang sangat tidak terduga. Padahal, masyarakat kebanyakan telah mengkonsumsi kopi sebagai minuman sejak abad ke-15. Dan, bahkan para karyawan dan pekerja lainnya menikmati kopi di tempat kerja lebih dari satu abad. Penasaran seperti apa hasil penemuan tentang manfaat minum kopi? Berikut ulasannya.

Minum Kopi Mengurangi Resiko Kematian

1. Minum Kopi Mengurangi Resiko Kematian

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, hasilnya sangat memukau. Penelitian ini melibatkan 500.000 orang, dimana mereka adalah penikmat kopi. Mereka punya rentang hidup 10 tahun lebih lama dibandingkan oranglain yang tidak suka minum kopi.

Tentu hasil studi tersebut terdengar sangat sulit diterima. Namun, teori menyatakan bahwa kopi punya lebih dari 10,000 senyawa kimia yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Dari penelitian yang hampir mirip juga menyibak tentang manfaat minum kopi pahit. Studi ini dilakukan di Spanyol dimana melibatkan 20.000 orang yang berusia 45 tahun atau lebih. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa mereka hanya punya resiko kematian lebih rendah yaitu sekitar 30% saja karena kebiasaan mereka yang minum kopi 2 cangkir setiap hari.

2. Manfaat Minum Kopi: Mengurangi Resiko Sakit Jantung, Stroke, juga Bunuh Diri

Manfaat minum kopi hitam juga telah diteliti dalam sebuah studi yang cukup besar, yaitu dari Harvard School of Public Health. Penelitian ini membuktikan bahwa 200.000 dokter dan perawat yang berusia lebih dari 30 tahun memiliki resiko lebih rendah terhadap kematian yang dikarenakan sakit jantung, stroke, diabetes, penyakit syaraf, atau bahkan bunuh diri karena rajin minum kopi.

Dengan menikmati dan minum kopi setiap hari satu cangkir sudah efektif untuk menurunkan tingkat kematian sebesar 6%. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa peneliti menguji 5,209 orang dalam Framingham Heart Study, sebuah studi epidemiologis yang cukup teruji dan menemukan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara mengkonsumsi kopi dengan menurunnya resiko sakit jantung. Disebutkan, setiap satu cangkir kopi yang diminum dapat menurunkan potensi sakit jantung atau stroke sebesar 8% dibandingkan orang-orang yang tidak pernah minum kopi.

Tidak sedikit pula penelitian tentang manfaat minum kopi ini diteliti oleh negara lain, seperti di Korea Selatan. Namun, dalam penelitian tersebut dengan 25,000 objek penelitian menyebutkan bahwa meminum kopi berlebihan, setiap hari ada kaitannya dengan gejala awal sakit jantung.

Poinnya adalah bahwa dari tiga penelitian diatas, penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelatif, bukan kausatif.

3. Manfaat Minum Kopi: Membantu Membakar Lemak

Hasil penelitian ini datangnya dari sebuah penelitian di University of Nottingham, Inggris. Mereka bahkan mempublikasikanpenelitian tersebut dalam jurnal Scientific Reports. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan sebuah sistem yang disebut thermal imaging system. Fungsinya adalah untuk mengukur temperature leher masing-masing objek. Dengan mekanisme tersebut, maka mereka bisa mengetahui berapa “brown fat” atau lemak yang sudah terbakar.

Sampai saat ini, penelitian tersebut tidak mampu menyibak mengapa hal tersebut terjadi.  Mereka belum bisa menentukan apakah hal tersebut terjadi karena adanya kandungan kafein dalam kopi atau karena alasan lainnya sehingga dapat membakar lemak di area leher. Saat ini, mereka masih meneliti senyawa dalam kafein untuk menguji apakah mampu menghasilkan efek yang sama. Jika nanti hasilnya positif, maka manfaat minum kopi bagi wanita yang pengen diet ini pasti tidak boleh kamu tinggalkan, ya! Tapi, tetap saja ada beberapa makanan yang wajib kamu tinggalkan ketika sedang diet juga.

4. Suka Minum Kopi Bikin Awet Muda

Jika dibandingkan dengan studi di poin-poin sebelumnya, penelitian ini terbilang bukan penelitian yang sangat besar. Studi ini dilakukan di Stanford University yang melibatkan 100 orang penikmat kopi selama bertahun-tahun. Namun, teori yang dihasilkan dari penelitian ini sungguh mencengangkan, mengapa?

Ketika manusia semakin menua, maka mereka akan mengalami mekanisme inflamasi yang fundamental karena usia dan juga penyakit kronis yang menggerogoti tubuh. Namun, dengan minum kopi yang punya kandungan kafein tinggi, tentu dapat melawan reaksi kimia yang memicu inflamasi tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Mark Davis, professor dalam bidang mikrobiologi dan imunologi di Stanford bahwa orang yang suka minum kopi mendapatkan manfaat tersebut dan baginya temuan ini sangat mengejutkan.

5. Minum Kopi Meningkatkan Kesehatan Otak, Mengurangi Resiko Kognitif Yang Melemah

Sementara dari penelitian yang dilakukan oleh the Krembi Brain Institute di Universitas Toronto menemukan bahwa mengkonsumsi kopi punya korelasi untuk mengurangi penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini dijelaskan oleh Donald Weaver sekali wakil direktur.

Rahasia terbesar yang berhasil diungkap dalam penelitian tentang manfaat minum kopi tersebut sepertinya layak dihubungkan dengan adanya kandungan senyawa yang disebut phenylindanes. Senyawa ini tercipta ketika dalam proses pemanggangan biji kopi. Senyawa-senyawa inilah yang bekerja untuk menghentikan penimbunan dua macam protein yang sangat beracun di otak, yaitu tau dan beta-amyloid, dua protein yang menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson, tentunya.

Jadi, phenylindanes merupakan inhibitor dual yang ditemukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian inilah yang membuat banyak peneliti tercengang, karena mereka tidak mengira hal tersebut terjadi.

5. Minum Kopi Meningkatkan Kesehatan Otak, Mengurangi Resiko Kognitif Yang Melemah

Kesimpulan

Jika berbicara tentang penelitian, tidak hanya terpaku dalam topik manfaat minum kopi, tapi di semua bidang, tentu hasilnya tidak pernah ada akhirnya. Tentu, para peneliti akan terus melakukan penelitian. Beberapa penelitian lainnya bahkan telah menyarankan kamu untuk mulai doyan minum kopi dalam batas normal, karena dapat memberikan manfaat lainnya. Misalnya saja, minum kopi bisa membuat kamu lebih pintar menghitung. Juga, kopi meningkatkan kualitas percakapan dalam sebuah grup atau komunitas, dan bahkan meningkatkan kualitas produktivitas karyawan.

Sedangkan untuk jumlah atau porsi minuman kopi yang harus kamu minum setiap harinya secara optimal, sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan Maret, tahun 2019 yang juga diterbitkan dalam jurnal yang berjudul The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kafein akan memberikan dampak buruk terhadap kardiovaskular jika kamu mengkonsumsinya sebanyak lima cangkir.

Nah, kalau kamu menggunakan takaran ons yaitu antara enam sampai delapan ons, maka standard minum secangkir kopi adalah 35 ons setiap harinya. Jadi, kalau kamu nggak minum kopi sebanyak itu, tidak perlu ada yang perlu dikuatirkan.

So, kamu suka minum kopi? Kalau kamu adalah penikmat kopi dan sedang tidak ada secangkir kopi yang bisa kamu minum dihadapanmu saat ini, apa yang kamu rasakan ketika kamu membayangkannya? Cobalah, bayangkan kamu punya secangkir kopi hangat dengan kepulan asap diatasnya, serta aromanya yang khas. Tentu, kamu pasti sudah merasakan manfaat seperti ada sesuatu yang membuatmu merasa berenergi, yang seolah-olah kamu bisa merasakan kamu akan minum kopi itu. Bukankah ini sebuah manfaat dari minum kopi, padahal sedang tidak minum kopi?

Itulah mengapa tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang menyediakan kopi di bar atau dapur mini agar para karyawan punya energi baru untuk tetap menjaga produktivitas mereka, selain hanya untuk membuat mata lebih ‘melek’ menghadapi tugas lemburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + one =