Kisah Motivasi Pengusaha Dan Perusahaan Yang Bangkrut, Bisa Tajir!

0
822

Sudah baca Kisah Menteri Susi yang tetap berkarya dengan semua buli? Kisah motivasi kali ini datengnya dari seluruh para pengusaha yang sudah jadi miliarder loh atau perusahaan yang sedang terpuruk tapi bisa bangkit lagi. Perjalanan mereka begitu panjang, dan bahkan mereka sempat mengalami mimpi buruk. Ya, apalagi? Bagi para pengusaha, bangkrut adalah mimpi buruk, tapi bukan berarti mereka tidak bisa bangun lagi dan mengubah jalan hidup mereka. Nggak percaya? Coba deh, untuk kamu yang sekarang sedang merintis usaha sampingan, bisnis kecil-kecilan, atau apapun itu, selagi kamu masih muda dan perjalananmu masih panjang, kamu bisa luangkan waktu untuk baca kisah motivasi berikut ini.

Kisah Motivasi Willie Nelson Yang Terbelit Hutang

Kisah Motivasi Willie Nelson Yang Terbelit Hutang

Hutang adalah salah satu penyebab mengapa para pengusaha bisa gagal dan bangkrut. Namun, bukan berarti ini semua adalah akhir dari segalanya. Pria yang sangat berpengaruh dalam industri musik di dunia ini pernah berhasil menjual hingga 50 juta kopi, bahkan lebih. Namun, hutang pajaknya yang menumpuk hingga tembus US$ 16,7 juta ini terungkap di tahun 1997, mengungkapkan kesuksesannya ternyata bukan segalanya.

Ya, Nelson harus menghadapi masalah besar dalam hidupnya itu, sampai ia harus menjual aset, termasuk Peternakan Texas. Karena upayanya dan tetap berpikir jernih, Nelson justru meluncurkan album yang berjudul “The IRS Tapes: Who Will Buy My Memories?”. Dari sinilah, Nelson mampu melunasi seluruh hutang dan memperbaiki hidupnya.

Kisah Motivasi Grant Cardone Yang Sempat Jadi Pecandu Narkoba

Cardone adalah seorang penulis sekaligus pengusaha real estate. Ia bisa sukses dengan mudah karena obsesi yang ia miliki. Namun, cerita kesuksesannya tentu karena ada kisah kelam dalam perjalanan hidupnya.

Cordone pernah begitu terpuruk, salah satunya adalah karena ia sempat menjadi pecandu narkoba. Karena hal yang satu ini, Cordone harus menelan pil pahit, seperti kehilangan seluruh uang yang sudah ia simpan dari hasil kerja kerasnya. Bahkan, ia sendiri mengaku bahwa di usia 12 tahun, ia berhasil menyimpan lebih banyak uang dibandingkan berapa simpanan yang sudah ia buat di usia 25 tahun, keren bukan? Cuman, hanya karena narkoba, seluruhnya jadi lenyap. Kamu juga bisa baca kisah inspiratif Tara Westover yang mengubah hidupnya dengan kisah pahitnya.

Isaac Perlmutter, CEO Marvel Studio Yang Brilian

Bisnis perfilman selalu menggiurkan, jika karakter begitu kuat tertanam di benak masyarakat. Namun, bagaimana jika terlalu banyak karakter didalamnya? Hal ini pernah jadi masalah serius untuk Marvel Studio.

Marvel Studio begitu populer saat ini, namun begerak di dunia perfilman menuntut Marvel untuk bisa berinovasi. Tak heran, selain harus mengatasi bagaimana omzet tidak boleh jeblok, bagaimana karakter yang akan ditayangkan, juga bagaimana mengatasi seluruh hutang, sang CEO Isaac Perlmutter harus berani mengambil keputusan yang tepat.

Ketika Marvel Studio di ambang kehancuran, Perlmutter mulai mencari tahu apa yang menyebabkan semuanya gagal. Penyebabnya tak lain adalah karena terlalu banyak keputusan ketika berbisnis, strategi bisnis yang salah karena terlalu banyak karakter, dan kalkulasi yang kurang tepat membuat Marvel Studio kini jauh lebih sukses.

Kisah Motivasi Henry Ford, Baru Jadi multi Milyuner Setelah Usia 40 Tahun

Kisah Motivasi Henry Ford, Baru Jadi multi Milyuner Setelah Usia 40 Tahun

Mengapa kamu tidak boleh berhenti berusaha? Karena kamu di usia yang keberapa kamu akan menjadi sukses dengan segala upaya dan kerja keras yang sudah kamu lakukan. Kalau kamu suka banget dengan desain mobil Ford, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan si Henry Ford.

Ia adalah pengusaha yang memiliki pabrik mobil Ford. Namun, ia sama sekali tidak gentar ketika pabrik mobilnya, dua-duanya mulai bangkrut. Tak jera, Ford membuka pabrik ketiganya. Saat itu ia berumur 40 tahun dan membuka pabrik yang ketiga pada tahun 1903. Dari sinilah, ia mulai mendapatkan buah dari seluruh usaha pahitnya.

Walt Disney, Nyaris Bangkrut Tapi Tidak Menyerah

Tahun 1920, Walt Disney, seorang pebisnis ini harus menghadapi usahanya yang berada di ujung tanduk. Sampai-sampai, Disney tak mampu membayar seluruh karyawan dalam perusahaannya.

Tiga tahun kemudian, orang tuanya memberikan pinjaman uang. Keputusan Disney saat itu adalah dengan membangun perusahaan baru pada tahun 1928. Jika kamu adalah fans berat karakter Mickey Mouse, karakter inilah yang membuat dirinya selamat dengan popularitas yang tak lekang oleh waktu.

Kisah Motivasi Tai Lopez Yang Cuman Punya Saldo Tabungan USD47

Tai Lopez nggak akan pernah melupakan bagaimana kisah hidupnya yang kini menjadi kisah motivasi bagi banyak orang. Bagaimana tidak, Lopez pernah cuman punya uang USD47 sekaligus ia adalah seorang pengangguran, tidak punya mobil, dan bahkan tidak punya gelar pendidikan yang baik. Takdir seolah membuatnya tidak akan punya masa depan yang cerah, tapi Lopez mampu mengubah hidupnya, penasaran seperti apa?

Lopez tidak berhenti mencari pekerjaan. Walaupun dia cuman seorang karyawan, punya gaji kecil, tapi ia masih terus mencoba. Karena jenuh, ia pun berhenti bekerja. Ia mampu menjadi investor sukses setelah berhasil merubah pola pikirnya, yaitu 1 jam kerja tapi menghasilkan uang seperti 100 jam kerja.

Kisah Motivasi Robert Budi Hartono, Kebakaran Hebat Tapi Bisnis Berkembang

Kisah Motivasi Robert Budi Hartono, Kebakaran Hebat Tapi Bisnis Berkembang

Untuk para pengusaha, kisah motivasi Robert Budi Hartono wajib jadi bahan renungan. Sebagai pengusaha asli Indonesia, nama Robert sendiri sudah masuk dalam jajaran orang terkaya menurut Forbes di tahun 2018. Robert adalah satu dari sekian orang yang punya saham terbesar BCA dan Djarum dengan total kekayaan mencapai 238 Triliun rupiah, wow!

Perjalanan usahanya tidak pernah mulus. Djarum adalah perusahaan keluarganya yang pernah terbakar dengan semua aset yang nyaris ludes. Di tahun yang sama, ayahnya, Oei Wie Gwan meninggal dunia. Berjuang bersama sang kakak, Robert Budi Hartono memutar otak untuk tetap menyelamatkan usaha ayahnya. Tanpa takut rugi, ia dan sang kakak memutuskan untuk mengganti seluruh peralatan manual jadi modern. Djarum pun sampai saat ini dikenal sebagai perusahaan yang mendunia.

Irwan Hidayat, Presdir PT Sido Muncul Dengan Keputusan Kontroversial

Tahu dong PT Sido Muncul sudah tidak bisa diragukan lagi soal popularitasnya. Namun, dibalik semua itu, PT Sido Muncul pernah krisis di tahun 2004. Hal itu karena perusahaan punya utang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pendapatan dan keuntungan.

Irwan Hidayat kemudian mencoba mengambil keputusan controversial yaitu mengiklankan produk dengan cara tidak biasa. Ia tidak memilih artis yang populer ketika itu. Pada saat itu, Roy Marten tidak bisa tidur nyenyak karena kasus istrinya, Anna Maria. Irwan pun memilih Anna Maria sebagai bintang iklan produknya. Ia beranggapan, memilih orang yang sedang kesusahan pasti bikin iklan jadi hits, dan benar saja. Penjualan Sido Muncul saat itu mencapai dua kali lipat!

AJ Rivera, Pernah Bangkrut Karena Terlalu Berani

Rivera pada tahun 2014 pernah mengambil keputusan terlalu berani. Pengusaha ini memutuskan untuk mengembangkan usaha, terlebih pada lokasi baru. Sayangnya, apa yang ia upayakan justru membuatnya terjatuh. Selain harus rugi, tabungannya juga ikut terkuras habis.

Ia pun membangun komunikasi bersama teman-temannya. Tak lama setelah itu, mereka bersama-sama mendirikan perusahaan konsultan untuk perusahaan yang diambang kebangkrutan. Dari sinilah, usahanya mulai berhasil. Hanya 12 bulan ia dan teman-temannya bisa mendapatkan USD 1,6 juta.

Richard Teerlink, Menyelamatkan Harley Davidson Yang Nyaris Krisis

Richard Teerlink dikenal ketika ia memulai karir di Harley Davidson. Sebagai kepala keuangan, Teerlink punya kemampuan yang sangat baik untuk mengelola keuangan perusahaan.  Karena usahanya, ia menjabat hingga 8 tahun sebagi CEO dengan hasil Harley terus berkembang lebih pesat. Apa yang ia lakukan adalah memperbaiki mutu produk dan meningkatkan kualitas pelayanan.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 3 =