35 Ide Usaha Paling Kreatif Dengan Modal Kecil di Tahun 2021

Dulu, banyak orang bingung memulai ide usaha kreatif karena kendala modal terbatas. Kini, sejak tahun 2020 hingga 2021, pandemi COVID-19 menjadi isu global yang justru melukai banyak sektor, salah satunya adalah sektor bisnis. Walaupun punya modal, banyak perusahaan justru tumbang dan harus gulung tikar.

Fakta Bisnis Selama Pandemi

Seperti yang kamu lihat sendiri dalam postingan di atas, tidak hanya industri kecil yang harus tutup sementara. Beberapa memberlakukan jam dan layanan terbatas. Bukan berarti, semua harapan membangun usaha jadi pupus. Agar tetap produktif di awal tahun ini, anda harus mulai beradaptasi, mencari peluang baru, dan mencoba ide usaha kreatif bahkan dengan modal minim.

Apa Saja Ide Usaha Kreatif Dengan Modal Minim Profit Besar?

Agar bisa tetap berpenghasilan di tengah pandemi, cobalah untuk menyimak artikel berikut tentang apa saja usaha kreatif dengan modal minim, bahkan gratis.

1. Admin Medsos

Admin Medsos

Bagi kamu yang suka kerja di rumah dan sangat aktif menggunakan media sosial, kamu bisa menjadi seorang admin medsos atau social media specialist. Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut, mengingat pentingnya akun media sosial bagi perusahaan untuk melakukan pemasaran.

Walaupun bekerja di rumah atau sistem remote, Admin medsos punya beberapa tanggungjawab. Pertama, kamu harus rajin update konten jasa atau produk di akun medsos perusahaan. Kedua, paham seperti apa kebutuhan perusahaan, termasuk target market. Sebagai mimin, maka kamu adalah jembatan yang menjadi perantara bagi perusahaan dan audiens. Jadi, hubungan personal dengan audiens juga harus baik.

Lowongan pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang punya kreativitas. Setiap harinya, kamu harus membuat jadwal khusus untuk posting konten. Entah itu dengan membuat foto, caption, video, atau lainnya. Biasanya, audiens akan memberikan komentar, baik berupa tanggapan atau pertanyaan. Maka, kamu harus membalas dengan cara interaktif agar ada interaksi yang baik.

Jika kamu tertarik menjadi seorang admin medsos, persaingan pada bidang usaha ini masih tergolong minim. Menurut Payscale.com, social media specialist di Indonesia bisa memperoleh gaji hingga 9,6 juta. Bagi admin medsos Indosat Oredoo, kamu bisa meraup untung hingga 8 juta per bulan.

2. Ide Usaha Kreatif Jadi Agen Pembuatan Website

Membangun reputasi melalui brosur, iklan TV, dan lainnya tentu kurang efisien. Kedua cara tersebut membutuhkan anggaran yang nggak sedikit. Berbeda jika menggunakan website untuk memasarkan jasa atau produk.

Modal yang dikeluarkan lebih efektif, dengan informasi dan konten permanen. Website tidak ubahnya seperti rumah. Itulah mengapa website sangat penting bagi seluruh jenis perusahaan atau industri.

Ketika ingin menawarkan jasa pembuatan website, maka kamu bisa mempelajari tentang web development. Dengan pemahaman dalam bidang pemrograman, maka kamu dapat membuat website sesuai permintaan klien.

Mulailah usaha tersebut dengan membuat website, lengkap dengan company profile dan brand. Kemudian, tawarkan usaha tersebut melalui promosi, baik di website atau medsos.

Pada akhirnya, ide usaha membuat website klien tidak perlu harus membuat planning usaha langsung 100%. Kamu bisa membagi sesuai beberapa tahap, misalnya bikin brand dulu, bikin website portfolio, tentukan target, dan pasang harga.

Dilansir dari Oke Finance, pembuatan website bisa menghasilkan uang hingga 4.9 juta Rupiah per bulan. Berikut video yang bisa kamu simak jika tertarik dengan ide usaha kreatif bikin website yang mampu capai penghasilan 10 juta per bulan.

 

3. Ide Bisnis Kreatif Jadi Jasa Fotografer & Rental

Banyak orang yang sangat suka fotografi, tapi bukan berarti mereka bisa mengadakan acara sekaligus menjadi fotografer sendiri di acara tersebut, ya kan?

Itulah alasan mengapa fotografer sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan, termasuk acara pernikahan, pembukaan perusahaan baru, dan lainnya. Bahkan, kamu bisa memberikan berbagai layanan seperti still photo, food photography, atau lainnya.

Fotografer

Selain melayani jadi fotografer langsung di lapangan, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan menjual hasil jepretan pribadi ke beberapa situs. Contohnya, Shutterstock.com atau 500px.com nggak keberatan untuk membayar jika memang hasil foto kamu sesuai syarat dan ketentuan.

Jika uang tabungan sudah cukup, kamu bisa membeli peralatan untuk fotografi. Ketika sedang free. Kamu bisa menawarkan rental peralatan fotografi tersebut. Soalnya, nggak semua orang rela mengeluarkan budget agar dapat membeli peralatan untuk menyalurkan hobi.

Pojok Bisnis bahkan membuat analisa peluang bisnis Fotogafi. Profit per proyek bisa mencapai Rp 2.5 juta, tergantung paket yang kamu tawarkan. Selebihnya, simak video berikut untuk mempelajari bagaimana pola bisnisnya.

4. Ide Bisnis Jasa Videografi

Selain fotografi, jasa videografi juga menjadi peluang menarik di tahun 2021 ini. Videografer juga populer dengan sebutan content creator, yang artinya kamu harus membuat berbagai macam video sesuai permintaan klien. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan video marketing, company profile dalam bentuk video.

Nggak masalah kalau kamu belum punya skill mumpuni di bidang fotografi. Kamu bisa menggunakan internet dan mempelajari seluruh tips pengambilan video yang baik, serta belajar storyboard secara gratis langsung dari pemateri yang berpengalaman. Jadi, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas untuk belajar secara otodidak.

Videographer

Cobalah praktek seluruh tips yang diberikan. Jika sudah mulai punya karya, kamu juga bisa membuat arsip online atau buat channel YouTube dan sosmed lainnya. Bahkan, kamu bisa mencoba sebuah project kecil-kecilan seperti misalnya, membuat dokumentasi kampus, membantu bikin video marketing buat jualan temen, atau lainnya.

Seluruh hasil video tersebut wajib kamu arsipkan sebagai portofolio. Jadi, calon klien bisa melihat seperti apa hasil video yang pernah kamu buat. Semakin rajin kamu membuat video untuk berbagai event, maka semakin meningkat pula keahlian kamu sebagai seorang videografer.

Gaji rata-rata videografer di Indonesia mencapai Rp 2,7 juta per tahun untuk gaji awal. Seiring bertambahnya jam terbang, gaji bisa mencapai hingga Rp. 48 juta per tahun. Bahkan karyawan berpengalaman bisa memperoleh gaji hingga Rp. 78 juta per tahun. Untuk memulai bisnis videografi, kamu bisa simak konten berikut:

 

5. Jasa Penulis Konten

Ide usaha murah dan kreatif berikutnya sesuai buat kamu yang punya bakat menulis. Kebutuhan informasi internet dan medsos semakin meningkat. Informasi berupa artikel sedang banyak dicari. Dikenal sebagai content writer media online atau blog, penulis artikel wajib memiliki skill di luar menulis, yaitu mempelajari SEO.

Penulis Konten

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik menulis supaya artikel dapat terdeteksi oleh Google dan masuk halaman pertama. Nggak heran kalau content writer sering menyinggung berbagai hal terkait kata kunci, tulisan natural, niche, dan lainnya.

Semakin besar pengalaman kamu dalam menulis, maka semakin besar pula rate atau tarif yang dapat kamu tawarkan. Kalau di forum luar, mungkin kamu bisa menemukan penulis artikel, dan para penulis tersebut mampu meraup hingga $500 per konten artikel. Harga tersebut bahkan terbilang harga penulis biasa.

Kamu dapat mempelajari berbagai tips menjadi penulis artikel secara mudah, yaitu mempelajarinya lewat video YouTube berikut.

6. Jasa Curhat

Eits, jangan anggep ide usaha satu ini sepele atau nggak laku ya!  Siapa tahu kamu bisa jadi Jonathan End, siapa tuh?

Banyak orang dianugerahi suara lembut, menenangkan, dan adem banget untuk didengarkan. Nah, Jonathan End adalah seorang influencer dan pernah jadi Kepala Sosmed GOJEK. Kini, ia membuka bisnis jasa dengerin curhat dengan tarif Rp 100 ribu per lima menit.

Jasa Dengerin Curhat

Biaya curhat melalui telepon tersebut bukan tanpa alasan. Jonathan End sekarang bekerja sebagai Konsultan Digital memiliki pengalaman sangat bervariasi, mulai jadi arsitek di Singapura, pengalaman bekerja di Singapura, pengalaman sebagai social media director, dan masih banyak lagi.

Selain curhat tentang percintaan, well-beingness, hidup bahagia, Jonathan menceritakan bahwa tidak sedikit kawula muda menelepon untuk curhat tentang pekerjaan atau bisnis.

Nah, kisah Jonathan End membuka bisnis ini sangat menarik. Buat kamu yang sering banget bikin orang nyaman ketika ngobrol, kamu bisa mencoba ide usaha kreatif satu ini. Simak deh videonya berikut.

7. Ide Bisnis Kreatif Menjadi Dropshipper

Dropshipping merupakan kegiatan berbisnis, dimulai menjual barang dari produsen atau supplier ke calon pembeli. Dropshipper berarti kamu nggak harus punya toko dulu atau mengirimkan barang tersebut ke pelanggan.

Tapi, produsen atau supplier pilihan kamu yang akan melakukan tugas tersebut. Sistem kerjanya, mereka hanya menggunakan nama kamu untuk melayani pelanggan. Salah satu keuntungan dari bisnis ini adalah karena kamu dapat memberikan harga lebih tinggi dari supplier atau produsen. Misalnya, jika supplier memberikan harga Rp 50 ribu, maka sangat mungkin untuk menjual hingga tembus Rp 120 ribu per produk.

Alasan mengapa kamu harus mencoba bisnis dropshipper adalah karena ide usaha kreatif ini sangat mudah. Kamu hanya fokus pada mencari supplier dan pasarkan barang. Tidak perlu harus quality control, packing barang, atur stok barang terutama dengan kebutuhan modal banyak serta mengurus pengiriman barang.

Ide Bisnis Kreatif Menjadi Dropshipper

Selain itu, modal bisnis kreatif ini terbilang cukup minim. Ide usaha tersebut hanya membutuhkan modal koneksi internet dan smartphone. Teknologi canggih membuat kamu dapat memasarkan produk melalui sosmed atau platform gratis lainnya untuk jualan, sehingga benar-benar sangat membantu!

Untuk memulai, kamu bisa membuat website terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan katalog dan rajin bikin konten promosi. Kunci keberhasilan dropshipper terletak pada pemilihan supplier atau produsen profesional. Sehingga, pelanggan puas dengan kualitas barang, suka dengan packaging dan pengiriman.

Dropshipping juga bagus untuk usaha dengan konsep simple. Kamu dapat bekerja secara fleksibel, dimanapun atau kapanpun selagi ada koneksi internet. Pelajari gimana jadi dropshipper Shopee dari tutorial berikut.

8. Konsultan Bisnis

Usaha yang sudah ada atau usaha baru tentu membutuhkan strategi bisnis tepat sasaran. Banyak orang justru punya ide, tapi tidak tahu bagaimana strategi agar mencapai tujuan berbisnis. Nah, jika kamu punya keahlian pada bidang bisnis, menjadi konsultan bisnis adalah ide tepat.

Sebagai penasihat bisnis, tentu ada berbagai hal yang harus kamu pahami. Pertama, adalah reputasi. Apa latar belakang pendidikan atau pengalaman kamu, sehingga layak menjadi seorang konsultan bisnis. Contohnya, mungkin gelar pendidikan kamu, pengalaman mengelola bisnis, dan kamu juga harus punya koneksi luas.

Konsultan Bisnis

Ide berbisnis ini juga menuntut agar kamu bisa menghadapi berbagai macam klien. Kamu bahkan dipandang sebagai profesional, sehingga wajib tahu apa tren industri yang sedang berkembang saat ini.

Karena masing-masing perusahaan atau industri itu unik, maka mereka punya masalah bervariasi. Contohnya, naik turun profit, masalah internal, dan lainnya. Sehingga, kamu harus punya strategi tepat untuk membantu memecahkan masalah tersebut, termasuk meneliti atau mengamati apa akar masalah.

Kebutuhan konsultan bisnis bagi perusahaan juga sangat besar karena walaupun perusahaan punya produk sempurna, namun percuma saja jika belum tahu kondisi pasar. Konsultan bisnis berfungsi agar perusahaan punya produk atau jasa sesuai target.

Penghasilan rata-rata seorang konsultan bisnis mencapai Rp. 5.4 juta per bulan, termasuk bonus insentif di luar gaji.

 9. Ide Bisnis Event Organizer

Buat kamu yang di jaman sekolah sering didapuk sebagai Sie Acara, Tim Kreatif untuk menyusun acara, dan lainnya, artinya kamu sudah punya bakat sebagai event organizer.

Tugas event organizer adalah mengatur berbagai jenis acara agar semua kegiatan selama acara berjalan lancar. Kamu juga harus mengatur bagaimana keperluan dalam event tersebut.

Ide bisnis kreatif ini sangat menjanjikan karena selalu sesuai untuk berbagai acara. Mulai acara pernikahan, tunangan, rilis produk, sampai pameran membutuhkan seorang event organizer.

Untuk kamu yang sudah punya pengalaman mengatur acara, event organizer bisa jadi bisnis kreatif, memberikan omset mencapai jutaan rupiah per event loh!

Namun, jangan sampai membuka bisnis ini asal-asalan, seperti menggandeng tim kurang berpengalaman. Nggak masalah kalau kamu belum punya pengalaman. Kamu bisa kok belajar dulu, seperti mulai menjadi tim dari event organizer teman atau orang lain.

Setelah itu, kamu bisa mempelajari seperti apa cara mereka menuntaskan pekerjaan, seperti apa konsep, dan hal lainnya. Jika kamu sudah punya pengalaman cukup, cobalah membuka jasa ini sendiri.

Ide Bisnis Event Organizer

Hal berikutnya, dan harus kamu lakukan adalah memiliki tim solid. Nggak mungkin kamu bekerja sendiri mengurus semua dan bertanggung jawab terhadap persiapan di lokasi. Jadi, tim berfungsi memperingan pekerjaan, yaitu bekerja bersama dan membagi tugas.

Selain itu, kamu juga harus punya relasi. Sehingga, relasi berfungsi sebagai pemasaran dan sebagai strategi menjalin relasi bisnis. Mengapa ini penting? Kamu harus cari relasi sebagai cara mencukupi kebutuhan lain selama event. Misalnya, makeup artist, sewa sound system, supplier souvenir, dan masih banyak lagi!

Biasanya klien akan melakukan pembayaran jasa event organizer secara bertahap. Jadi, kamu harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Terakhir, Gaji event organizer bisa mencapai Rp 5 juta atau Rp 10 juta, tergantung lokasi, pengalaman, dan popularitas brand bisnis kamu. Nah, kamu bisa belajar bikin event dengan nonton video ini.

10. Ide Usaha Kreatif Desain Grafis

Ide usaha kreatif kali ini hampir mirip seperti jasa videografer atau fotografer. Desain grafis sangat dibutuhkan dalam semua bidang, termasuk dalam media cetak serta media digital.

Perusahaan apapun selalu butuh desain grafis, termasuk pada lembaga keuangan, industri, pendidikan, dan lainnya. Desain grafis dapat membantu memenuhi kebutuhan iklan visual. Itulah mengapa, pekerjaan ini gede banget peluang bisnisnya.

Ide Usaha Kreatif Desain Grafis

Untuk bekerja dalam bidang desain grafis, maka desain visual adalah makanan sehari-hari. Sebelum memulai, kamu harus memahami apa saja software desain grafis, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw dan lainnya. Pelajari berbagai panduan aplikasi desain sesuai usaha kreatif ini, entah bersumber dari buku atau online.

Selanjutnya, buatlah portofolio website supaya kamu dapat meningkatkan daya jual usaha. Gunakan platform marketplace seperti projects.co.id atau freelancer.com. Jika jasa desain grafis tersebut mulai berkembang dan kamu memiliki modal cukup, tingkatkan usaha kreatif menjadi agensi.

Ketika membuka jasa desain grafis, kamu punya usaha kreatif, bahkan selalu memberi pengalaman baru setiap saat. Kreativitas dan ilmu sesuai kebutuhan berbisnis agar dapat membuat desain yang sempurna.

Jika kreativitas terus ditempa, bahkan rajin belajar dari berbagai referensi menarik, maka kamu bisa menjadi desainer grafis profesional bayaran tinggi. Pelajari memulai usaha kreatif Desain Grafis berikut.

 

11. Ide Usaha Kreatif Jadi Influencer Medsos

Kalau kamu sering menggunakan medsos, dan merupakan public figure dengan jumlah follower tinggi, pokoknya udah kayak selebriti, maka kamu juga layak disebut Influencer. Ayla Dimitri, Prilly Latuconsina, Maudi Ayunda adalah beberapa deretan influencer yang masih muda.

Sama seperti selebriti, influencer medsos sering dilirik pelaku bisnis karena fungsinya dapat membantu pemasaran jasa atau produk. Itulah mengapa, mereka dapat menghasilkan penghasilan dari aktif medsos.

Baca Juga :   Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Layak Dicoba

Banyak orang menjadi influencer medsos karena punya daya tarik sendiri. Tentunya, jika ingin menjadi influencer sebagai ide usaha kreatif, kamu harus punya self-branding. Nggak hanya pencitraan, namun personalitas atau kepribadian nyata, solid, dan unik.

Jati diri tersebut dapat kamu tunjukkan melalui hobi, pengalaman, dan hubungan dengan komunitas relevan. Kamu juga dapat berkolaborasi, terus belajar, juga ulet serta harus sabar.

Ide Usaha Kreatif Jadi Influencer Medsos

Tak hanya itu, kamu juga harus rajin update konten akun relevan dan secara konsisten sesuai interest. Jangan lupa agar terus riset kompetitor supaya kamu bisa belajar bagaimana model dan strategi branding yang mereka lakukan.

Jadwal posting juga penting supaya pembuatan konten benar-benar terstruktur, terorganisir, dan membuat orang tertarik menjadi follower.

Ide usaha kreatif menjadi seorang influencer ini sangat populer, mengapa? Sebuah survei oleh MushFind menyebutkan bahwa 92% klien justru lebih percaya seorang influencer ketimbang endorsement atau iklan.

Itulah alasan perusahaan pasti akan lebih memilih menggunakan jasa influencer marketing supaya promosi jasa atau produk lebih efektif. Hal ini karena influencer selalu menggunakan media sosial.

Penghasilan influencer sangat bergantung pada jumlah followers. Pendapatan tersebut mulai dari Rp. 1,4 juta hingga Rp. 8,9 juta. Semua hal tentang Influencer bisa kamu pelajari di video ini.

12. Ide Usaha Blogger

Selain menjadi content writer, seseorang punya bakat menulis maka dapat mengembangkan potensinya, yaitu mencoba ide usaha kreatif sebagai blogger. Blogging adalah kegiatan lebih dari sekedar menyalurkan minat menulis. Bahkan, banyak orang rela berhenti jadi karyawan karena sudah giat dalam hobi ini.

Menjadi blogger itu nggak susah. Sama seperti memiliki akun medsos, kamu harus bisa update konten setiap hari. Jika yang kamu kuatirkan adalah kode HTML yang sulit dimengerti, kamu bisa memakai WordPress.

Ide Usaha Blogger

Blog yang sudah terdaftar Google Adsense, atau platform guna menaruh banner iklan punya potensi memberikan gaji setiap bulan jika pengunjung blog kamu kemudian klik iklan tersebut.

Memang, kamu harus lebih bersabar karena agar bisa menjadi blogger sukses serta menghasilkan adalah tentang proses. Kamu harus konsisten supaya dapat memperoleh pendapatan.

Blogger juga harus punya ide usaha kreatif. Contohnya dengan menjual eBook sesuai topik blog. Menghasilkan uang dari blog juga harus memenuhi algoritma Google dan tidak boleh melanggar peraturan.

Atau, bisa juga mencoba ide usaha kreatif ternak blog. Buat blog sebanyak-banyaknya, dan ketika sudah tampak pengunjung ramai, jual blog tersebut pada forum jual beli blog.

Salah satu blogger sukses adalah Michelle Schroeder-Gardner. Seorang blogger ini telah berhasil memperoleh $1.500.000 dari Making Sense of Cents, sebuah blog buatannya sekaligus telah membesarkan namanya. Simak video tentang bagaimana menjadi blogger pemula berikut.

13. Ide Usaha Kreatif Ikut Program Afiliasi

Kamu juga bisa menghasilkan uang secara online dengan ikut program afiliasi. Pekerjaan ini melibatkan kegiatan seperti membantu melakukan promosi jasa atau produk seseorang, menggunakan referral link.

Link tersebut akan menjadi lahan pendapatan. Jika pengunjung blog membaca konten review yang kamu sediakan, dan selanjutnya melakukan pembelian sesuai produk berdasarkan deskripsi, maka kamu akan memperoleh komisi.

Ide Usaha Kreatif Ikut Program Afiliasi

Selanjutnya, link tersebut bisa kamu letakkan dalam konten blog, video YouTube, atau medsos. Dalam melakukan usaha kreatif ini, kamu harus membangun personal brand, dengan memiliki follower banyak serta kuat. Atau, kamu bisa mengikuti program afiliasi perusahaan atau menggunakan perantara online.

Usaha ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghasilkan uang secara online, dengan modal minim. Dengan program afiliasi, kamu bahkan bisa menghasilkan uang saat sedang tidur, mengapa?

Hal ini karena seluruh promosi produk tersebut tidak akan hilang. Sehingga, ketika ada pembelian dari pengunjung link, maka kamu akan terus memperoleh komisi.

Beberapa program afiliasi justru gratis, tanpa modal. Hanya, pastikan kamu ikut perusahaan yang tidak memberikan syarat beli produk. Penghasilan dari afiliasi tersebut bervariasi, sesuai kebijakan perusahaan. Misalnya, Niagahoster menawarkan komisi 70%, sedangkan MasterWeb menawarkan penghasilan 600 ribu Rupiah.

Tonton video ini sampai selesai untuk lebih paham tentang program afiliasi.

14. Clothing Line

Menurut Jenny Wang selaku owner ‘Petite Studio’ menjabarkan bahwa memiliki bisnis pakaian nggak selalu butuh modal banyak. Wang bahkan memulai toko online terlebih dahulu, dengan bantuan sistem e-commerce murah.

Sedangkan tentang menggambar, kamu bisa merekrut teman terdekat untuk model dan menjadwalkan sesi pemotretan dengan model diri sendiri. Kalau kamu kreatif, selalu ada banyak cara mengembangkan usaha tersebut.

Clothing Line

Clothing Line bisa kamu coba jika kamu tertarik dengan dunia desain, seperti bikin hoodie, jaket, kaos dan lainnya. Kamu bisa menggunakan Instagram guna melakukan riset produk apa yang sedang kekinian.

Produk lainnya yang potensial adalah dengan membuat clothing line olahraga. Jutaan warga Indonesia sangat menyukai olahraga. Sehingga, desain kaos kreatif dengan kreasi logo club berbagai timnas favorit dunia tentu jadi lahan penghasilan besar.

Agar bisnis ini berhasil, kamu harus memperhatikan proses produksi. Kualitas pakaian dan hasilnya akan mempengaruhi kepuasan pembeli. Pastikan ada pabrik produksi yang dapat memenuhi keinginan kamu. Jangan sampai hasil tersebut justru tidak sesuai harapan dan bikin pelanggan kecewa.

Salah satu  pelaku bisnis clothing line sukses di Malang adalah Firdaus Alisandi. Owner “Heroin” ini merintis usaha dengan modal Rp 1 juta dan kini berhasil meraup omset hingga Rp. 30 juta per bulan!

Berikut konten video bagi pemula membangun bisnis clothing line.

15. Usaha Sewa Kostum

Desscode costume menjadi salah satu tuntutan, nggak cuman selalu ada untuk pesta anak-anak, bahkan sewa kostum pesta perusahaan terkadang juga dibutuhkan.

Selain itu, kegiatan seperti Karnaval, Hari Kartini, atau lainnya menuntut semua kalangan untuk mencari kostum terbaik. Sedangkan jika membeli hanya untuk hari itu saja, tentu membutuhkan biaya mahal.

Nah, kamu bisa membuka usaha kreatif ini untuk menyediakan berbagai kostum dokter, tentara, pakaian adat, pahlawan nasional, atau kostum pesta.

Usaha Sewa Kostum

Bisnis sewa kostum juga nggak melulu membutuhkan biaya besar. Kamu bisa memulai secara bertahap, seperti target market anak-anak. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat menambah inventori yaitu kostum orang dewasa.

Sewa baju juga minim resiko. Kalau resleting atau kancing rusak juga masih bisa diperbaiki. Walaupun jarang terjadi kerusakan total, jika kasus itu terjadi, maka penyewa hanya perlu bayar 70% dari harga awal baju.

Kamu juga bisa belajar dari Sarah Jane Nainggolan, satu dari sekian banyak pelaku bisnis sewa kostum. Modal awal yang ia keluarkan adalah Rp 1,5 juta untuk baju adat orang dewasa, dan kini sudah berhasil menghasilkan hingga Rp 30 juta per bulan!

Atau, kamu juga bisa belajar dari pengalaman KOSTUMKU dalam merintis usaha.

16. Desainer Pakaian

Ide kreatif untuk usaha berikutnya adalah menjadi desainer pakaian. Banyak masyarakat Indonesia yang  malu menggunakan kostum atau pakaian sama ketika pergi berpesta. Biasanya, karena ingin tampil berbeda.

Banyak juga masyarakat memiliki selera fashion sendiri di benak, namun belum dapat menuangkan ide usaha kreatif menjadi sebuah produk. Dalam hal ini, kamu mungkin menggambar model fashion dalam gambaran kasar.

Desainer Pakaian

Nah, jangan salah! Bakat kreatif ini dapat kamu ubah menjadi ladang penghasilan karena kamu bisa menjadi seorang desainer pakaian. Cobalah untuk membuka jasa tersebut, seperti membiarkan klien menceritakan apa pakaian yang ingin ia buat. Kemudian, kamu bisa membuat desainnya.

Sebelum membuat desain baju, kamu juga harus memikirkan apa sih desain yang akan dibeli orang. Bagaimana baju tersebut juga sesuai dengan kesukaan orang. Sehingga, kamu dapat menggabungkan trend yang ada serta gaya kekinian untuk tampilan baju yang segar.

Salah satu kisah inspiratif kali ini dari PUTHIC dalam berbisnis desain pakaian yang berhasil meraup omset hingga ratusan juta rupiah per bulan.

17. Jualan Cincin Gagal Nikah

Duh, jangan sedih ketika baca ide usaha kreatif yang satu ini. Nggak sedikit pasangan yang harus mengakui bahwa mereka gagal membangun hubungan hingga ke tahap pernikahan. Sehingga, mereka juga harus menyingkirkan berbagai kenangan, termasuk cincin rencana pernikahan.

Selain cincin, barang-barang lain yang sudah siap untuk pernikahan juga dapat dijual, daripada dibuang atau dibiarkan begitu saja. Misalnya, beberapa calon pengantin justru merancang busana pernikahan. Mereka bisa menjual busana pernikahan, mahar, rumah yang sudah dibangun berdua, atau lainnya.

Jual Cincin Nikah

Sehingga, potensi masalah dapat berkurang karena kedua pihak sepakat untuk saling memaklumi. Sedangkan untuk pihak yang membutuhkan, mereka bisa memperoleh barang tersebut dengan harga sesuai.

18. Ide Usaha Kreatif Jadi Voice Over

Dubber, voice over, atau pengisi suara adalah salah satu profesi menjanjikan di era digital saat ini. Voice over juga nggak hanya tentang memiliki suara yang enak didengar, tapi kamu harus mampu membuat narasi atau dialog dari iklan televisi sampai perkara saluran telepon yang menawarkan layanan pelanggan.

Pekerjaan ini sangat tepat buat kamu yang suka pekerjaan fleksibel, bebas, dan hanya menggunakan suara untuk berkomunikasi.

Voice Over

Alasan mengapa harus menjadi dubber adalah karena begitu banyak lini yang membutuhkan jasa tersebut. Sebelum memulai karir pada bidang ini, maka pastikan kamu mempunyai etika kerja baik, serta pelajari berbagai hal tentang narasi suara sebagai usaha kreatif industri 4.0.

Bukti Voice Over merupakan pekerjaan menjanjikan sudah dibuktikan oleh Putri Saud, seorang mahasiswi yang berhasil memperoleh penghasilan hingga 15 menit untuk ngoceh sebuah video dokumenter dan dibayar Rp 15 juta.

19. Ide Usaha Kreatif Jadi YouTuber

Selain jadi dubber, kamu juga bisa mencoba usaha kreatif, yaitu menjadi seorang YouTuber. YouTube merupakan platform video populer. Kamu bisa melihat berbagai channel setiap hari di YouTube yang menampilkan konten terbaru.

Sebagai YouTuber profesional, kamu bisa meraup ladang penghasilan yang tinggi. Bahkan, bisa mencapai ratusan juta setiap bulan, yaitu membuat konten video rutin.

Ide Usaha Kreatif Jadi YouTuber

Untuk memperoleh penghasilan melimpah, kamu harus tahu bagaimana menghasilkan uang dari YouTube. Selain harus bikin akun YouTube, kamu harus memiliki akun Google dan aktifkan pada kanal YouTube, kemudian pastikan memberi nama channel.

Agar video bisa terus viral, buatlah konsep atau ide konten video kreatif. Sesuaikan juga konten tersebut dengan target audiens. Walaupun sudah memiliki channel, kamu nggak bisa langsung memperoleh uang begitu saja dari YouTube.

Pastikan bahwa fitur monetization pada YouTube telah aktif. Fitur tersebut akan bekerja untuk menghasilkan uang sesuai syarat dan ketentuan. Sambungkan kanal YouTube pada Adsense. Setiap video nantinya akan menampilkan iklan.

Selain iklan, kamu juga bisa menjual berbagai produk, membuat program afiliasi, atau lainnya sebagai cara menghasilkan uang dari youTube selain dari AdSense.

20. Ide Usaha Kreatif Daur Ulang Kertas

Cara berikutnya untuk tetap berpenghasilan adalah mendaur ulang koran atau kertas bekas. Ada banyak hal yang dapat kamu buat dari daur ulang bahan tersebut seperti frame foto, kartu ucapan, dan lainnya. Mulanya, buat bubur kertas dan olah menjadi berbagai produk sesuai kebutuhan pasar.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana menggunakan koran juga kertas bekas, pelajari semua tutorial lengkap dari Instagram, Pinterest, atau YouTube. Karena ini merupakan ide usaha kreatif, maka semua bergantung pada ide baru dan kreativitas.

Ide Usaha Kreatif Daur Ulang Kertas

Ada banyak alasan mengapa harus mencoba daur ulang kertas sebagai usaha kreatif. Selain kertas atau koran bekas selalu mudah dicari, memulai bisnis ini juga hanya butuh modal kecil.

Selain itu, semua pihak dapat mencoba usaha kreatif ini karena mudah sekali. Sampah kertas yang terus meningkat menjadi cara memperoleh penghasilan lebih tanpa harus meluangkan waktu terlalu lama untuk daur ulang kertas.

Agar laku di pasaran, pastikan usaha kreatif daur ulang kertas diubah menjadi berbagai produk kerajinan unik atau sangat khas. Sehingga, tidak akan mudah ditiru oleh rival. Lebih baik urus hak paten jika kamu memiliki ide kreatif untuk perkembangan usaha tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu promosi, seperti menggunakan media sosial. Sehingga, memperoleh pelanggan dari berbagai kalangan untuk membuat macam-macam produk. Misalnya, brosur, kartu nama, atau lainnya.

21.Ide Usaha Kreatif Aksesoris

Aksesoris adalah salah satu kebutuhan penting untuk menunjang fashion semua orang. Sehingga, penampilan jadi lebih cantik. Aksesoris dapat berupa kalung, bros, hiasan rambut, atau lainnya yang selalu laris di pasaran.

Ide Usaha Kreatif Aksesoris

Untuk memulai berbisnis aksesoris, maka kamu harus mencari informasi terbaru tentang tren. Hal ini karena fashion memiliki desain tren yang mudah berubah.

Kamu bisa membuat kerajinan tangan ini dengan motif atau model bervariasi. Rajin mempelajari berbagai referensi membuat aksesoris di YouTube, kamu bisa belajar mempersiapkan bahan dan mulai merakit.

Bahkan, berbagai bahan pernak-pernik tersebut juga dapat kamu temukan secara mudah karena dijual bebas di pasar. Juga, sering-sering nonton tutorial supaya kamu bisa melakukan modifikasi agar produk tampak lebih unik, seperti berikut:

22. Ide Usaha Hand Lettering

Bisnis ini melibatkan kemampuan menggambar tulisan menarik. Teknik seni tulisan ini juga sedang populer dan bahkan dapat kamu lihat langsung pada berbagai tempat umum. Misalnya, pada papan acara pernikahan, dinding kafe, dan lainnya.

Ide Usaha Hand Lettering

Menguasai teknik hand lettering dan media penulisan menjadi bagian pertimbangan untuk menjalankan ide usaha kreatif ini. Selain menggunakan media umum seperti kanvas, kertas, kamu juga harus memastikan bahwa tulisan tersebut bertahan lama.

Media yang semakin beragam juga menuntut agar kamu menggunakan metode pewarnaan bervariasi supaya hasilnya maksimal. Hand lettering juga terus dikagumi karena kamu dapat membuat sesuai permintaan pelanggan untuk hadiah wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya.

Hand Lettering bahkan menjadi pilihan Lutviani, mahasiswi lulusan Universitas Islam Negeri Bandung yang punya hobi menggambar itu membuka bisnis tersebut dengan modal awal Rp 350 ribuan untuk nyicil perlengkapan lukis.

Fia menawarkan Hand Lettering dengan custom made watercolor lettering. Setiap karyanya dibanderol dengan harga bervariasi, mulai Rp 105 ribu sampai Rp 450 ribu.

Ide bisnis kain

23. Usaha Dekorasi Kain

Memanfaatkan kain perca untuk memulai ide usaha kreatif membuat berbagai pernak pernik dekorasi. Kain perca juga dapat dibeli dengan harga terjangkau. Bahkan, jika kamu punya relasi dengan para penjahit, kamu bisa memperoleh kain sisa.

Ada banyak hal yang bisa kamu buat dengan memanfaatkan kain perca. Misalnya, usaha kreatif tersebut bisa dengan membuat tempat tisu, bungkus perabotan, sarung bantal, kotak pensil, dan lainnya.

Agar hasil tidak monoton dan memiliki kesan unik, akan cantik jika kamu mengkombinasikan kain perca dengan kain flanel, satin, dan brokat. Walaupun desain sederhana, dengan kombinasi motif, warna, dan bahan akan membuat usaha kreatif jadi lebih menarik dan laris di pasaran.

Baca Juga :   5 Pekerjaan Sampingan Online Dibayar Tinggi

Jihan Handmade adalah salah satu home-based industry yang laris di pasaran dengan memanfaatkan peluang usaha kerajinan kain perca.  Jihan Handmade berdiri dengan modal awal Rp 1 juta untuk membuat berbagai produk, mulai dari tas, dompet, dan lainnya dengan harga mulai dari Rp. 40 Ribu hingga membuat selimut dengan harga Rp. 3 Juta.

Wall Mural Ide Bisnis

24. Usaha Kreatif Membuat Mural

Mural juga salah satu kerajinan yang punya peluang menjanjikan. Usaha kreatif ini tentu membutuhkan keahlian, karena nggak semua orang dapat membuatnya dengan hasil memuaskan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus memiliki pemahaman teknik mural yang sesuai lokasi. Kemudian, kamu dapat menjual jasa tersebut untuk kantor, café, rumah, dan tempat umum lain. Selain hias mural, kamu juga dapat memberikan kursus membuat mural bagi siapapun yang tertarik.

Hias mural dibutuhkan berbagai tempat atau sarana umum untuk menarik perhatian para pelanggan. Misalnya, mural pada café seringkali dijadikan sebagai spot untuk foto, dan viral di sosmed.

Mural memberikan kesan artistic, sehingga banyak pengunjung yang akan betah berlama-lama untuk menikmati nuansa seni.

Penghasilan lukis mural tergantung ukuran per meter. Kamu bisa memperoleh mulai dari Rp. 80 Ribu hingga Rp 100 Ribu per meter.

25. Jual Lampion Hias

Jual Lampion Hias

Berbicara tentang lampion, ada banyak sekali jenisnya. Pertama, adalah lampion kertas, lampion kain, dan lampion air. Ada juga lampion terbang yang populer dengan sebutan sky lantern. Sedangkan untuk taman, bisa juga dengan membuat lampion karakter.

Lampion hias merupakan salah satu bagian penting untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah. Bahkan, lampion hias juga sering digunakan untuk berbagai acara. Nggak harus menunggu imlek, kamu pasti melihat lampion di restoran, mall, hotel, café dan lainnya sebagai ornamen untuk menambah estetika.

Untuk kamu yang memiliki kemampuan atau minat dalam kerajinan, buatlah lampion hias. Membuatnya juga dapat memanfaatkan bahan-bahan bekas, termasuk pipa atau lainnya.

Agar tidak mengeluarkan banyak modal, berikan layanan jenis custom. Artinya, pelanggan harus memesan sesuai bentuk dan warna yang diinginkan. Setelah ada pesanan, kamu dapat langsung mengerjakan proyek tersebut.

Modal usaha kreatif ini juga terbilang kecil. Kamu harus mengeluarkan uang untuk beli kertas, rotan, mesin untuk mencetak, serta berbagai alat produksi.

Ketika mengembangkan usaha kreatif ini, kamu bisa mencoba kok bekerja sama dengan kalangan korporasi. Misalnya, dengan menawarkan produk pada event organizer. Sehingga, mereka dapat menggunakan seluruh ornamen untuk kepentingan dekor pernikahan.

Tidak sedikit pula perusahaan yang memilih lampion sebagai alat promosi. Mereka menggunakan lampion dengan menambahkan logo perusahaan. Masyarakat yang menerima akan membawa lampion tersebut sebagai ornamen dekor.

26. Usaha Kreatif Kerajinan Rotan

Usaha Kerajinan Rotan

Ide usaha kreatif berikutnya adalah menggunakan rotan untuk membuat berbagai perabotan rumah. Memang, rotan bukan hal baru, tapi kamu dapat memanfaatkannya untuk berbagai kerajinan tangan. Semakin kamu mampu membuat produk kreatif, pasti punya daya jual.

Rotan menjadi pilihan favorit masyarakat karena bahan tersebut cukup awet. Banyak pelaku usaha menyulap rotan dengan bentuk kaku.

Namun, kamu bisa membuat lebih menarik seperti menjadi karakter menggemaskan untuk keranjang baju kotor, kotak aksesoris, tempat lampu, dan lainnya. Kemudian, jual dengan harga bervariasi sesuai tingkat kesulitan.

Berbicara tentang berapa modal untuk ide kreatif ini, tentu semuanya tergantung pelaku usaha masing-masing. Semuanya punya ketentuan dalam membuat  kerajinan rotan. Pastinya, kamu harus membuat produk kerajinan rotan untuk keluarga. Contohnya, untuk perabotan rumah tangga, hiasan rumah, aksesoris dan lainnya.

Kalau kamu penasaran berapa penghasilan dengan menjadi pengrajin rotan, kamu bisa meraup hingga Rp 71 juta rupiah per tahun.

27. Souvenir Kustom

Tips Usaha Souvenir

Kamu juga bisa mencoba ide usaha kreatif kerajinan tangan berhubungan dengan souvenir kustom.

Ide usaha kreatif ini dapat kamu mulai dengan modal kecil. Bahkan, usaha tersebut juga dapat berjalan walaupun di rumah. Tingkat persaingan usaha tersebut juga tergolong masih rendah.

Peluang souvenir custom juga sangat banyak. Jika memiliki kemampuan atau kreativitas membuat souvenir, maka dapat membuat sendiri. Atau, bisa juga dengan cara semi produksi. Maksudnya, tidak semua bagian souvenir tersebut hasil kerja 100% industri yang kamu bangun. Kamu bisa membeli souvenir yang sudah ada. Kemudian, lakukan modifikasi kecil supaya sesuai tema pesanan.

Pastikan kamu dapat memenuhi permintaan berbagai jenis cinderamata, seperti bingkai foto, pouch earphone, atau lainnya sesuai permintaan pengantin agar menjadi pebisnis di bidang ini yang bisa sukses.

Biebie Gift contohnya, bisnis souvenir pernikahan ini berhasil membuktikan bahwa potensi usaha tersebut cukup besar. Mereka berhasil membuat berbagai produk dan tentu saja, masing-masing souvenir item pasti punya harga berbeda. Kamu bisa memberikan keunikan pada layanan, seperti misalnya konsultasi gratis. Justru dengan kualitas layanan, usaha kamu makin dilirik.

28. Jasa Hias Mahar Pernikahan

Jasa Hias Mahar Pernikahan

Ide usaha kreatif membuat kerajinan juga bisa dalam bentuk hiasan mahar pernikahan. Tidak sedikit pengantin yang telah merencanakan agar proses penyerahan mahar dilengkapi dengan dekor mahar unik.

Contohnya adalah dengan mendekor uang mahar secara kreatif. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka usaha kreatif. Usaha ini cukup mirip seperti scrapframe. Keduanya membutuhkan kemampuan dan kreativitas membuat kerajinan dari kain kertas, serta pernak-pernik.

Mahar dihias sedemikian rupa, kemudian ditambahkan bingkai agar tetap rapi. Tidak harus uang asli untuk desain, tapi uang mainan. Hanya sebagai simbol sehingga akan lebih mudah mendesain karena dapat dipotong atau dilipat.

Usaha hias hantaran seserahan ini juga nggak membutuhkan modal besar. Bahkan, kamu sudah bisa membuat mahar pernikahan dengan biaya mulai dari Rp 1 juta. Modal tersebut untuk beli berbagai bahan usaha kreatif ini. Contohnya adalah kaca, mika, pita, bunga plastik, nampan, dan lainnya.

Usaha kreatif ini juga tidak membutuhkan toko atau lokasi usaha. Semuanya bisa langsung kamu kerjakan di rumah.

Scrap frame design

29. Usaha Kreatif Scrap Frame

Selain foto, kamu juga bisa membingkai lukisan. Scrapframe merupakan paduan gambar dengan kain atau kertas, kemudian menjadi seni tiga dimensi supaya tampak menarik.

Usaha kreatif tersebut sangat sesuai buat kamu yang suka kerajinan tangan menggunakan bahan kertas. Membuat frame punya nilai lebih, yaitu menambahkan keunikan dan kekukuhan kerajinan.

Selain itu, pembeli dapat memajang scrapframe untuk dekor meja atau hiasan dinding. Bahkan dengan scrapframe justru membuat foto jadi lebih mengesankan dan cantik.

Kamu juga tidak perlu harus kursus terlebih dahulu, karena dapat mempelajari seluruh tutorial di internet secara otodidak. Kemudian, gunakan kreativitas untuk mengembangkan produk agar lebih inovatif.

id.rumah kertas adalah salah satu contoh ide usaha kreatif scrap frame yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, dapat digunakan sebagai hadiah ulang tahun, ucapan terimakasih, dan kado pernikahan.

Harga per scrapframe bisa mencapai hingga Rp 300 ribu, tergantung kerumitan desain dan ukuran frame. Nah, semua tergantung usaha kamu dalam memasarkan produk.

30. Toko Bunga

Toko Bunga

Usaha toko bunga atau florist juga bisa kamu coba sebagai ide usaha kreatif dengan modal kecil. Cobalah dengan memberikan layanan lain seperti merangkai buket bunga.

Jasa ini sangat mudah ditemukan dimanapun, tapi permintaan karangan bunga selalu ramai. Karangan bunga digunakan untuk mengucapkan selamat karena wisuda, pernikahan, atau pembukaan usaha baru. Karangan bunga juga laris di pasaran dengan ucapan bela sungkawa.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membuka toko bunga. Pertama, pastikan toko tersebut terletak pada lokasi strategis. Sehingga, siapapun bisa langsung melihatnya. Usahakan toko tersebut ada dekat pusat kota, jalan raya, dan area universitas.

Siapapun yang berlalu-lalang jadi lebih mudah melihat seluruh hiasan bunga. Sedangkan keuntungan toko bunga dekat universitas adalah agar dapat memenuhi permintaan bunga untuk seminar, wisuda, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan modal usaha kreatif ini. Pastikan bahwa rencana anggaran sudah diatur sedemikian rupa. Sehingga, nantinya ide usaha kreatif ini jadi lebih mudah berkembang.

Modal paling minim adalah Rp 1 juta rupiah. Karena modal tersebut paling kecil, maka kamu harus mencari ide kreatif dalam membuka toko tersebut.

Salah satu toko bunga sukses adalah Meme Florist yang memberikan pelayanan mengirim bunga pada berbagai daerah. Jenis buket serta papan bunga juga sangat fleksibel untuk berbagai acara. Sehingga, potensi penjualan juga sangat besar.

31. Ide Usaha Kreatif Jualan Barang Antik

Ide Jual Barang Antik

Zaman yang semakin canggih dan modern ini justru bikin banyak orang kangen dengan hal-hal kuno. Atau, bahkan tidak sedikit juga kaum millenials yang gemar koleksi barang antik karena kagum dengan peradaban. Jadi, nggak ada salahnya untuk mulai terjun membangun usaha kreatif jual beli perabotan antik.

Untuk memulai, tentu kamu harus paham betul tentang barang antik dan pasarnya. Kamu harus membangun relasi dengan komunitas kolektor barang kuno. Sehingga, kamu tahu apa saja barang yang laris di pasaran.

Otomotif, kamera analog, dan perabot adalah beberapa contoh barang yang paling banyak dicari. Tidak sedikit juga yang datang mencari barang elektronik jaman dahulu untuk dekorasi rumah, seperti telepon, televisi, dan lainnya.

Agar ide usaha kreatif ini berjalan lancar, maka kamu harus punya komitmen dan percaya diri. Pastikan kamu punya keyakinan kuat untuk membangun ide kreatif ini sebagai hobi dan baca peluang.

Modal juga menjadi hal berikutnya yang harus kamu pikirkan. Berbisnis barang antik berarti kamu sedang berinvestasi, sehingga keuntungannya baru terlihat di masa depan. Mengolah modal harus kamu pahami supaya dapat melihat keuntungan ketika barang tersebut kamu jual.

Pastikan juga bahwa barang antik tersebut punya kualitas bagus. Sehingga, keuntungan sangat signifikan dan mengundang perhatian para kolektor.

32. Bisnis Roti dan Kue

Bisnis Roti dan Kue

Sama seperti camilan, selagi kamu dapat membuat kue atau roti unik, dengan banyak kreasi dan brand, pasti juga akan laris. Niatkan berbisnis bakery dengan menentukan lokasi dan ruang yang cukup. Akomodasi oven kue, rak barang, serta rak kue setelah dipanggang, meja kursi, atau lainnya sebagai inventaris.

Pastikan juga memiliki usaha kreatif dengan rencana bisnis yang matang. Mulailah dengan menyediakan nama bisnis, dan pertimbangkan apakah toko tersebut milik pribadi, mitra, atau bahkan korporasi. Tentukan juga rencana modal yang ingin kamu anggarkan.

Dengan modal kecil, ide usaha kreatif membuka toko bakery bisa kamu mulai kok. Misalnya, dengan menentukan terlebih dahulu apa jenis kue yang ingin kamu jual. Apakah itu donat, muffin, atau kue lainnya.

Media promosi juga mungkin akan kamu butuhkan untuk membuka bisnis ini. Pastikan ada calon pelanggan dan buatlah iklan dengan penawaran menarik menggunakan medsos.

Terakhir, terus belajar dari pengalaman seorang mentor. Sehingga, kamu bisa memikirkan strategi yang tepat agar ide usaha kreatif cepat tumbuh tapi nggak mudah mati.

Semua itu terletak dari bagaimana mengelola bisnis tersebut secara kreatif. Salah satu contoh ide usaha kreatif kue dan roti populer adalah Babe Bakery, sebuah perusahaan asal Jakarta yang punya berbagai roti tanpa menggunakan bahan pengawet.

33. Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Percepatan ekonomi menjadi salah satu bukti perubahan pola hidup pada masyarakat. Sekarang ini, mayoritas orang punya kesibukan terus meningkat. Sehingga, mereka harus sering makan saat sedang di luar rumah.

Untuk itu, ide usaha jasa kreatif sangat dibutuhkan untuk memangkas anggaran makan luar. Apalagi bagi yang sudah punya keluarga. Dengan kesibukan tersebut, sedikit sekali waktu luang untuk memikirkan menu belanja.

Agar dapat menjawab kebutuhan tersebut, maka kamu dapat memulai usaha paket bahan makanan yang siap masak. Ide usaha kreatif ini belum banyak dilirik oleh pelaku usaha loh.

Kamu bisa langsung mempelajari seperti apa ide iCook, sebuah usaha kreatif bergerak pada bidang kuliner dari Kota Malang tersebut menawarkan aneka bahan makanan untuk segera dimasak.

Dengan belanja di iCook, maka para pelanggan bisa langsung memasak semua bahan langsung. Mereka tidak perlu mencuci, memotong, atau lainnya sebab bahan-bahan tersebut dijual dalam kondisi 100% siap masak. Keren kan, konsepnya? Belajar dengan tonton video berikut.

34. Bisnis Katering

Ide Bisnis Katering

Masyarakat Indonesia punya budaya kuliner bervariasi. Jadi, jangan gengsi untuk menunjukkan bakat kamu memasak berbagai menu. Hanya, milikilah bisnis katering yang bikin kamu takmpa beda.

Misalnya, kamu bisa menawarkan bisnis katering sehat. Jasa katering ini tersedia guna memenuhi kebutuhan gizi pelanggan. Sehingga, seluruh menu yang kamu menyediakan merupakan aneka makanan dengan kandungan garam rendah ketika pelanggan sedang diet mayo.

Artinya, bisnis katering sehat membutuhkan pengetahuan tentang gizi makanan serta kesehatan. Dalam hal ini, kamu mungkin harus mengajak ahli gizi untuk berkolaborasi.

Salah satu bisnis sukses dengan menawarkan katering sehat adalah Gorry Gourmet, sebuah jasa catering dari Jakarta. Seluruh menu tersedia dan ditawarkan sangat baik untuk para penderita kanker, diabetes, serta kondisi kesehatan lainnya.

35. Ide Bisnis Kreatif – Camilan

Ide Bisnis Kreatif Camilan

Ide usaha industri kreatif terakhir adalah dengan membuat camilan. Memang, camilan adalah salah satu bisnis industri makanan, terbilang sudah umum. Tapi, bukan berarti nggak ada peluang sama sekali untuk bersaing dan unggul.

Bahkan, setiap tahunnya, selalu saja ada pelaku bisnis kreatif dengan menawarkan menu baru.

Salah satunya adalah Irvins Salted Egg, sebuah produsen jajanan ringan, bahkan telah berhasil tembus hingga ke pasar Asia Tenggara karena menawarkan camilan unik dengan rasa telur asin.

Jadi, selagi bisa punya inovasi terbilang unik, kamu bisa menjadikan ide bisnis apapun sebagai usaha sampingan.

Kesimpulan 

Nah, sekarang kamu sudah mempelajari apa saja ide usaha kreatif, semuanya menggunakan modal yang minim. Sudah menemukan ide usaha tepat? Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari seperti apa strategi menjalankan bisnis kreatif sesuai pilihan.

Semua orang punya peluang untuk berbisnis. Kendati demikian, kamu harus memikirkan bagaimana agar usaha tersebut bisa sukses.

Selain harus menata niat dan komitmen menjalankan bisnis, kamu juga harus mencari tahu apakah ide usaha tersebut dapat memecahkan masalah masyarakat. Jika jasa atau usaha tersebut hanya untuk kepentingan atau kecintaan pribadi, tentu nggak bakalan menjual.

Selalu ingat bahwa ide usaha kreatif harus tepat sesuai target market. Selain itu, cari tahu juga insight tentang bagaimana agar bisa sukses. Produk atau jasa dengan daya jual adalah yang bisa menawarkan solusi. Setiap punya inovasi atau ide usaha, selalu catat dan terapkan dengan baik.

Semoga dengan informasi ini, kamu jadi lebih semangat mengembangkan ide usaha kreatif dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Walaupun, membangun bisnis memang tidak bisa dalam hitungan satu malam. Dengan perencanaan matang, langkah hati-hati, dan terus mempelajari target market, bisnis kamu pasti meroket! Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 19 =