5+ Ide dan Peluang Usaha Baru Untuk Pemula

0
63

Ide dan peluang usaha tentu sangat membantu kamu untuk mencari tahu apa saja bisnis yang dapat kamu jalankan. Biasanya, peluang usaha yang dipilih oleh pemula adalah yang menjanjikan namun dengan modal kecil.

Ketika ingin membangun bisnis baru, semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan yang jelas. Selain itu, celah rugi atau bangkrut juga harus diminimalisir. Nah, itulah mengapa mencari ide atau peluang usaha itu tidak boleh sembarangan atau asal pilih.

Ide dan Peluang Usaha Online

Selain itu, bagi seorang pemula, tidak akan mudah untuk bisa mencari peluang usaha baru. Apalagi, dengan seluruh pengalaman, keterbatasan, serta modal yang seringkali menjadi tantangan tersendiri.

Agar lebih mudah, kamu bisa melihat seluruh ide dan peluang usaha berikut ini:

Contoh Ide dan Peluang Usaha Freelancer

Bisnis ini bisa kamu pilih sebagai salah satu ide dengan modal kecil, namun dengan profit yang terbilang menguntungkan. Kamu juga tidak harus pergi ke kantor, bahkan cukup dengan menggunakan baju ala kadarnya dan mulai kerja dari rumah. Cara seperti ini juga bisa membuat kamu tetap menghasilkan uang dari rumah.

Untuk menjadi seorang freelance, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah waktu atau deadline.

Ada banyak tempat untuk bisa mencari job. Misalnya dengan menggunakan situs Ads.id, Fiverr.com, atau Projects.co.id. Ada juga Sribulancer.com yang juga bisa menjadi tempat untuk mencari berbagai project sesuai selera.

Freelancer juga bisa mendapatkan banyak peluang pekerjaan sebagaimana berikut:

  • Desain grafis
  • Penulis artikel
  • Buat website
  • Buat aplikasi

Usaha Jual Foto

Suka fotografi? Kamu bisa kok mendapatkan uang dari hasil jepretan. Mulailah dengan menjual jepretan hasil karya kamu lalu jual secara online. Beberapa situs yang menyediakan jualan foto mungkin bisa memberikan harga terbaik untuk hasil jepretanmu.

Beberapa tempat untuk menjual foto adalah Istockphoto.com, Fotolia.com, ShutterStock.com, dan masih banyak lagi. Dari seluruh web tersebut, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari hobi. Rasanya menarik jika kamu punya peluang usaha dari minat atau bakat yang kamu punya.

Ide dan Peluang Usaha Catering

Sampai saat ini, permintaan bisnis catering terus meningkat. Banyak orang yang ingin membuat berbagai cara, namun ingin dengan cara yang instan. Salah satunya adalah dengan memesan makanan untuk pesta melalui jasa catering.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha catering? Bisnis ini bisa dilakoni dengan budget minim atau menengah. Kamu juga bisa menggunakan peralatan masak yang ada di rumah.

Modal tentu akan mempengaruhi kemampuan bisnismu. Misalnya, modal yang banyak bikin kamu bisa masak dalam porsi yang lebih banyak, sehingga bisa menerima order lebih banyak. Untuk acara pernikahan atau acara besar-besaran, tentu kamu harus menyiapkan modal yang tidak sedikit.

Makanan Ringan

Camilan dan jajanan menjadi salah satu peluang usaha yang terbilang sangat laris di nusantara. Kamu bisa mmebuat makanan snack yang memberi banyak profit. Kamu bisa membuat kue kering, keripik, atau cemilan snack lainnya sesuai permintaan konsumen.

Selain itu, makanan ringan yang dijual di area dekat tempat wisata juga terbilang sangat efektif untuk membuat dagangan laris manis. Kamu bisa juga membuat makanan khas yang ada di kotamu. Sehingga, sangat mengundang rasa penasaran para wisatawan yang ingin wisata kuliner.

Kemudian, kamu juga bisa membuat makanan ringan dengan cita rasa yang super pedas, dengan berbagai pilihan level atau tingkat pedas. Ini membuat banyak orang merasa tertantang untuk bisa menikmati snack dengan level pedas tertinggi.

Usaha Warung Kopi

Tinggal dengan area pekarangan di dekat rumah yang luas? Kamu bisa membuat lahan tersebut jadi lebih bermanfaat dengan buka warung kopi. Buatlah usaha seperti model angkringan atau kafe yang menjadi salah satu contoh ide bisnis yang menjanjikan.

Saat ini, banyak remaja yang memilih menggunakan warung kopi sebagai tempat untuk nongkrong atau janjian bareng teman. Banyak orang yang tertarik di warung kopi karena adanya fasilitas seperti WiFi gratis dan harga makanan yang jauh lebih merakyat.

Pom Mini

Pom mini atau pertamini saat ini menjadi salah satu pilihan ide dan peluang bisnis yang cocok buat pemula. Bahkan, hampir di beberapa tempat sudah ada pertamini karena memang peluang bisnis rumahan ini punya untung yang menjanjikan.

Setiap liternya, kamu bisa mendapatkan laba hingga Rp. 1000. Sehingga, tinggal dikalikan berapa liter yang dibutuhkan oleh masing-masing pembeli. Untuk memulai bisnis tersebut, kamu harus menyiapkan sebuah mesin pompa atau pom mini dengan harga yang terbilang cukup sesuai dengan keuntungan yang kamu raup.

Jual Pulsa dan Kuota Internet

Bagi pemula, salah satu ide bisnis yang tepat adalah dengan jual pulsa atau juga kuota internet. Bisnis bisa kamu jalankan secara mudah dan dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Apalagi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar. Kamu bisa menentukan modal sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Mengapa bisnis ini bisa jadi pilihan tepat? Karena hampir semua orang pasti membutuhkan pulsa atau juga kuota. Kamu tinggal mencari cara jadi agen pulsa di tempat yang tepat.

Sewa Kamera

Banyak orang yang suka selfie, dokumentasi, atau sekedar mengabadikan momen yang jarang terjadi bareng keluarga. Untuk melakukan itu semua, dibutuhkan kamera. Disisi lain, harga kamera juga terbilang sangat mahal. Sehingga, untuk kamu yang sudah punya kamera dan jarang dipakai, kamu bisa kok menggunakannya untuk bisnis.

Mulailah dengan menawarkan jasa sewa kamera tersebut sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Modal yang kamu butuhkan juga tidak banyak. Hanya peralatan seperti tripod, kamera, dan juga memori.

Usaha seperti ini cocok buat kamu yang punya kamera dengan jenis terbaik sehingga harga juga sesuai dengan fasilitas yang sudah kamu berikan. Bahkan, jika kamu punya drone, kamu juga bisa menyewakan alat canggih yang satu ini.

Ide dan Peluang Usaha Ternak Bebek

Salah satu contoh ide dan peluang usaha yang bisa kamu coba sebagai pemula adalah ternak bebek. Banyak peminat ayam telur yang membuat kamu harus bersaing dengan ketat. Namun, ternak bebek terbilang pilihan yang ideal karena tidak butuh modal yang cukup banyak.

Ide dan Peluang Usaha Ternak Bebek

Untuk kamu yang tinggal di desa, ternak yang satu ini juga terbilang menjanjikan. Saat musim panen padi usai, kamu bisa menggiring bebek menuju ke sawah untuk mencari makanan. Disinilah kamu bisa menghemat anggaran untuk pakan bebek.

Itulah informasi yang dapat kamu simak tentang apa saja ide dan peluang usaha yang terbilang menjanjikan untuk pemula. Walaupun kamu belum punya modal banyak, bukan menjadi alasan untuk tidak bisa membangun bisnis dari nol.

Kamu juga bisa menggunakan cara online untuk meningkatkan penjualan bisnis yang kamu lakoni. Misalnya dengan menggunakan sosial media, forum online, grup facebook, chat, dan lainnya. Semua itu sangat berguna untuk membantu mempromosikan jasa atau usaha yang kamu miliki, semoga membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here