Growth Dalam Bisnis Adalah Penting, 7 Tips Pemula Bisnis Ini Harus Baca

Pernah nggak sih kamu denger tentang bisnis growth, atau growth hacking? Makna growth dalam bisnis adalah gagasan atau pemikiran tentang strategi untuk mengembangkan usaha. Untuk kamu yang hendak membuka bisnis pertama kali, atau sedang belajar berbisnis baik online atau offline, tentu saja ini adalah hal penting untuk dipelajari.

Ketika kamu melakukan eksperimen cepat dengan memasukkan berbagai strategi untuk mendorong agar bisnis kamu bisa berkembang dengan baik dan cepat melalui langkah-langkah yang berbeda, maka itu adalah bisnis growth.

Untuk Siapa Bisnis Growth Diperlukan?

Untuk Siapa Business Growth Diperlukan?

Growth bisnis adalah hal penting terutama bagi para pelaku usaha atau bisnis rintisan digital dengan modal minim. Business hack ini memang sengaja disiapkan sebagai cara untuk menghindari kegagalan karena strategi yang kurang tepat. Dengan dana terbatas, maka sang pelaku usaha harus mencari strategi yang efektif agar bisnis bisa tumbuh.

Adakah Contoh Bisnis Growth?

Salah satu contoh bisnis growth yang bisa dipelajari adalah bagaimana McDonald’s memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat baik. Bisnis pada bidang makanan tersebut dimulai sekitar tahun 1950. Saat itu, gerai restoran cepat saji itu bahkan hanya ada di jalan tol di Amerika,tepatnya di pintu keluar.

Contoh lainnya? Misalnya adalah Grab atau Gojek. Para pengendara diwajibkan menggunakan seragam seperti jaket atau helm. Fungsinya adalah untuk membuat langkah iconic, yang khas, dan menarik tentunya.

Shopee juga menjadi salah satu platform belanja online yang mengadakan program flash sale atau juga program 12:12 dimana kamu bisa belanja di luar harga normal. Fungsinya nggak lain adalah untuk mendongkrak minat, meningkatkan penjualan, dan menciptakan reputasi yang sangat khas.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Untuk Growth Hack?

1. Evaluasi Kualitas Produk

Untuk bisnis baru yang kamu lakoni, produk apa yang kamu tawarkan? Apakah produk tersebut sudah tersedia? Ataukah, kamu sedang membuat produk baru? Untuk kamu yang sudah memiliki produk, evaluasi tentang kualitas produk sangatlah penting.

Misalnya, kamu bisa menggunakan teman untuk mencari tahu bagaimana pendapat mereka. Atau, kamu juga bisa menggunakan media sosial. Gunakan hasil tanggapan audiens sebagai bahan evaluasi untuk produk yang kamu buat. Lakukan evaluasi lanjutkan agar kamu benar-benar mampu menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Ketahui Target Konsumen

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah bagaimana kamu menciptakan jasa atau produk, untuk siapa produk tersebut dijual? Bisnis growth sangat penting diterapkan dalam hal ini. Itulah, maka disarankan untuk menentukan terlebih dahulu target konsumen. Misalnya, siapa yang akan merasakan manfaat dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga :   Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Bagaimana caranya? Tentu terbilang sederhana. Kamu harus memetakan konsumen dengan sangat detil. Kenali bagian tersebut, supaya kamu juga bisa mengambil langkah pasti dan tepat bagaimana untuk mengembangkan usaha, termasuk pengembangan produk dan perluasan manfaatnya bagi konsumen. Bahkan, dengan membuat memetakan konsumen, maka kamu juga bisa menganalisa cara bagaimana melakukan pertumbuhan bisnis.

3. Pelajari Growth Hacking

Apa itu growth hacking dan mekanismenya? Bagaimana cara menerapkannya agar bisnis bisa tumbuh secara efektif dan cepat? Mekanisme pertama yang bisa kamu coba adalah mekanisme Acquisition. Mekanisme tersebut berarti kamu akan menggunakan tool untuk melakukan publikasi produk atau jasa tanpa biaya, dikenal dengan SEO. SEO atau Search Engine Optimization harus diterapkan pada website.

Mekanisme selanjutnya adalah Activation. Fungsinya untuk mendorong pengunjung supaya mengaktivasikan web. Sedangkan mekanisme ketiga adalah Retention. Fungsinya untuk membuat para pengunjung kembali ke website. Referral adalah mekanisme keempat yang fungsinya untuk mendorong supaya para pengunjung akan mengajak teman-teman supaya menjadi pengguna di website yang kamu buat.

Apakah semua sudah cukup? Belum, dong. Mekanisme terakhir adalah Revenue. Fungsinya untuk mendorong supaya para pengguna bisa bekerja dan mendatangkan penghasilan untuk bisnis kamu. Nah, inilah mengapa mempelajari bisnis growth sangatlah bermanfaat.

4. Growth Dalam Bisnis Adalah Membuat Ekslusivitas

Berikutnya, kamu juga bisa kok membuat produk atau jasa yang kamu miliki sebagai jasa atau produk eksklusif. Ini adalah salah satu strategi yang penting untuk pertumbuhan bisnis. Misalnya, kamu bisa membuat para pelanggan membeli jasa atau produk yang kamu tawarkan hanya jika mereka menerima undangan atau mereka mendapatkan rekomendasi dari orang lain.

Walaupun seolah produk atau jasa yang kamu tawarkan terkesan sangat terbatas, namun pastikan bahwa kamu juga bisa membantu agar semua orang tetap mendapatkan produk tersebut. Strategi ini akan memberikan dampak positif. Hal ini karena emang setiap orang pasti ingin menjadi bagian dari sesuatu yang khusus. Setiap orang pasti ingin diperlakukan dengan sangat spesial.

Contoh cara ini dilakukan oleh Pinterest ketika pertama kali dikenal oleh dunia. Bahkan sampai saat ini, anda bisa mengakses seluruh fitur Pinterest jika kamu log in terlebih dahulu untuk bergabung.

Baca Juga :   Tips Bisnis Sukses: 8 Kesalahan Yang Bikin Bisnis Sulit Berkembang

5. Growth Dalam Bisnis Adalah Dengan Beri Hadiah

Siapa sih yang nggak mau dikasih hadiah? Tentu, hadiah pertama ucapan terimakasih, ucapan bahwa kamu berharga dan layak untuk mendapatkan reward tersebut. Itulah mengapa memberikan hadiah untuk para konsumen tentu membuat mereka akan merasa spesial. Bahkan, cara ini adalah cara yang ampuh untuk mendorong mereka dengan sendirinya berinisiatif untuk membantu promosi produk yang kamu lakukan.

Salah satu layanan yang berhasil menggunakan cara ini adalah Dropbox. Dropbox memberikan hadiah seperti tambahan kapasitas untuk penyimpanan data bagi siapapun yang mau memberikan rekomendasi agar menggunakan Dropbox. Itulah mengapa Dropbox sangat populer,karena dibelakang mereka, terdapat banyak pengguna yang memberikan rekomendasi pada orang lain untuk terus bergabung dengan Dropbox.

Baca lebih lanjut: Cara sukses Dropbox.

6. Beri Produk Gratis

Salah satu kata yang paling manis bagi para konsumen adalah “Gratis”. Strategi ini terbukti menarik lebih banyak konsumen. Sehingga, sampai saat ini banyak produk dipasarkan dengan cara “Beli Satu, Gratis Satu”. Atau, kamu mungkin juga tidak pernah asing dengan sabun cuci yang dijual dengan gratis piring atau gelas.

Selain terbukti efektif untuk membuat banyak konsumen baru, testimony juga akan meningkatkan brand awareness. Sehingga, produk yang kamu tawarkan akan ramai diperbincangkan.

7. Growth Dalam Bisnis Adalah Menggunakan Media Sosial

Jika kamu sudah membangun website untuk bisnis yang kamu lakoni, kini waktunya untuk mengintegrasikan website dengan media sosial. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya untuk mempromosikan usaha yang kamu buat.

Jangan salah, walaupun media sosial adalah wadah untuk mempromosikan barang yang kamu jual dengan cara gratis, yaitu hanya dengan menggunakna kuota internet, namun dampaknya luar biasa. Terbukti, banyak orang yang membuka jualan online dimana mereka tidak mempunyai toko fisik, namun akun media sosial yang mereka buat selalu ramai dengan pesanan.

Nah, itulah informasi tentang apa saja tips bisnis growth yang bisa kamu coba, dan terbukti sangat efektif. Tips-tips diatas akan membantu kamu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis yang kamu inginkan dengan strategi yang bagus untuk usaha baru, semoga bermanfaat!

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + seventeen =