20 Film Inspiratif Terbaik yang Mampu Memotivasimu di Tahun 2021

Siapa sih yang nggak punya masalah di dunia ini? Bahkan, orang kaya pun pasti nggak terlepas dari ujian. Apalagi di tahun 2021 ini, Pandemi masih belum juga berakhir. Semua orang harus benar-benar survive karena hidup harus tetap berjalan dalam keadaan apapun.

Nah, buat kamu yang lagi jenuh banget, atau merasa putus asa dengan masalah yang kamu hadapi, kamu bisa belajar dari berbagai film inspiratif berikut. Ada banyak pelajaran yang ngena banget, bikin jadi lebih semangat dan bersyukur tentunya. Bahkan kamu pasti bisa inget apa pesan dalam film-film berikut setelah nonton.

1. The Shawshank Redemption

Okelah, ini emang film jadul tahun 1994. Mungkin kamu belum lahir pada waktu masa film ini. Nah, The Shawshank Redemption menceritakan tentang seorang banker bernama Andy Dufresne yang dijatuhi hukuman 19 tahun penjara.

Film ini memberikan pesan kuat tentang persahabatan juga ketekunan, sehingga kamu juga bisa mengamati kehidupan di Shawshank. Dari nonton film ini, kamu bisa belajar tentang harapan, iman, dan juga ikatan.

2. Film Inspiratif Tentang Kerja Keras, Rocky

Rocky Balboa nggak hanya sebagai seorang petinju. Dari film era 1976-an ini, kamu bisa melihat bagaimana Rocky harus bekerja keras dan berjuang menghadapi kesulitan sehari-hari, termasuk urusan romansa dan karirnya.

Buat kamu yang lagi berjuang, karena dari orang biasa, pengen jadi orang yang luar biasa, film legendaris ini wajib kamu tonton!

3. 127 Hours

Kita semua pasti tahu, kalau hidup itu jadi berarti ketika sesuatu terjadi di luar dugaan. Sama kayak cerita Aron Ralson, seorang trekker ini mengalami kejadian mengerikan yang membuat dirinya terperosok selama 127 jam.

Agar ia tetap hidup, Aron memutuskan untuk mengamputasi tangannya daripada harus membiarkan dirinya tidak terselamatkan. Kalau kamu jadi Aron, kamu juga pasti akan lebih bersyukur dengan hal-hal yang kamu anggap sepele.

4. Into The Wild, Film Inspiratif Untuk Berbagi

Dirilis tahun 2007, Into The Wild menceritakan tentang seorang atlet yang bernama Chirstopher McCandless. Kehidupannya yang mapan justru tidak menjadi sumber kebahagiaanya. Barulah ia mengambil keputusan yang tidak biasa.

Christopher McCandless memutuskan untuk memberikan seluruh hartanya sebagai amal, kemudian melanjutkan perjalanan ke Alaska. Kisah dalam film inspiratif tersebut memperlihatkan bahwa dengan berbagi maka hidup jadi lebih berarti.

5. Chindler’s List

Film ini tergolong populer di tahun 1993. Chilndler’s List bercerita tentang masa genosida. Sebagai tokoh utama, Oskar Schinder merupakan pemilik pabrik yang memiliki para pekerja Yahudi.

Dalam film ini, Oskar Schinder menjadi seorang pahlawan sejati karena membuat siasat agar para pekerjanya tetap aman dan pabriknya tetap berjalan. Walaupun dia memikirkan bisnisnya, tapi dia juga sudah menyelamatkan banyak nyawa.

Keunggulan film ini terletak pada plot, dengan mengusung konsep kemanusiaan dalam bisnis saat masa perang. Pada akhir filmnya, Schlinder justru punya nasib tragis yang bikin kamu nangis karena sangat menginspirasi.

6. It’s A Wonderful Life

Film inspiratif selanjutnya yang bikin kamu banyak belajar tentang menghargai hubungan ini adalah film tahun 1946. Semua bermula gara-gara George Bailey berdoa agar ia tidak pernah terlahir. Akibatnya, seorang malaikat pun turun sebagai jawaban doa tersebut.

Perlahan namun pasti, Bailey memahami bagaimana keberadaannya sangat berpengaruh bagi orang yang ia cintai. Dengan setting musim Natal, It’s A Wonderful Life merupakan sebuah film yang benar-benar menarik untuk kamu tonton.

Walaupun plotnya sangat sederhana, justru itulah yang membuat para penonton nggak bosan untuk nonton sampai akhir.

7. Film Inspiratif Pantang Menyerah, Freedom Writers

Gimana sih rasanya kalau lagi ngomong tapi nggak di dengerin? Hal ini terjadi pada kehidupan Erin Gruwell. Sebagai seorang guru, ia harus mengajar kelas remaja yang sangat berisiko. Apalagi, semua siswanya justru meremehkan kemampuannya sebagai seorang guru.

Baca Juga :   7 Cara Motivasi Diri Agar Kerja Sukses & Punya Produktivitas Tinggi

Tapi bukan berarti Erin Gruwell nggak ada usaha sama sekali. Film inspiratif Gruwell ini menunjukkan bahwa kualitas guru sangat mempengaruhi kehidupan para siswa.

Dengan tidak berhenti mendorong seluruh siswanya agar memilih karir masa depan dan menanamkan kebiasaan baik menulis jurnal, film ini telah berhasil menginspirasi banyak guru dan siswa.

8. Amelie

Cerita dalam film Amelie tidak hanya menyibak tentang bagaimana dunia Paris Modern, tapi juga bagaimana Amelie mampu membayangkan semua orang yang hidup disekitarnya, serta membuat dunianya sendiri. Sebuah kisah imajinasi yang menyentuh, karena Amelie yang berharap membawa kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya.

Apa yang diceritakan dalam film ini memiliki kesan magis, kasih sayang, dan kepolosan seorang anak.

9. The World’s Fastest Indian

Film yang tayang tahun 2005 tersebut menceritakan tentang Burt Munro, dengan pesan mendalam untuk tetap semangat dan jangan gampang nyerah. Apalagi, jika kamu percaya pada suatu hal.

Cerita bermula ketika Selandia Baru menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat sepeda motor Indian era 1920-an, Munro tidak putus harapan.

Ia tetap percaya dengan kemampuannya, dan dengan kerja keras, Munro mampu mencetak rekor dunia sebagai yang tercepat di tahun 1967. Rekor tersebut diberikan di Bonneville Salt Flats, Utah.

Ya, film inspirasi yang satu ini memang diangkat dari kisah nyata, bagaimana seorang pria mampu mempercayai mimpinya, sehingga ia terus melakukan hal besar. Ia juga tidak membuang waktu, dan terus melakukan apapun dengan cepat sebagai bentuk kegigihannya.

10. Forrest Gump

Seperti judulnya, film ini menceritakan tentang kepolosan dan sifat kekanak-kanakan Forest.  Seorang pria ini tumbuh dengan lingkungan yang benar-benar aman dan memiliki ibu yang sangat suportif.

Berbeda dengan anak-anak lainnya, Forrest sejak kecil adalah anak yang lamban. Tapi, ia tidak menganggap ia merugikan bagi siapapun. Apa yang ia lakukan justru untuk terus membuat semua orang disekitarnya bahagia dengan cara uniknya.

Kisah jadi semakin menarik ketika muncul Jenny, seorang perempuan yang pernah jadi kekasih masa kecil. Dari film ini, kita banyak belajar tentang kasih sayang dan kepolosan. Dengan film tersebut, kita juga bisa belajar banyak bersyukur dengan hal-hal sederhana.

11. The Pursuit of Happyness, Film Inspiratif Saat Sulit

Film bertema keluarga ini memiliki kisah unik, menceritakan tentang hubungan antar ayah dan anak. Chris adalah seorang ayah yang berjuang memberikan masa depan terbaik bagi putranya.

Dengan pesan kuat tentang pantang menyerah menghadapi masalah, Chris harus menguatkan diri, sekaligus berjuang habis-habisan untuk menghadapi masalah finansialnya.

Walaupun begitu, Chris dan putranya selalu punya kebahagiaan setiap hari yang membuat film ini sangat menginspirasi siapapun yang menontonnya.

12. The Green Mile

Hadir tahun 1999, film ini membuat siapapun akan mengingat sosok Paul yang harus menghadapi masalah hukum. Tidak hanya mengusung tentang persahabatan, tapi film ini juga menceritakan tentang kemanusiaan.

Plot menarik untuk para penonton, seperti “Apakah kamu bakalan memilih melakukan hal benar atau justru hanya untuk menjalankan kewajiban saja?”

13. The Pianist

Kisah perjuangan Wladyslaw Szpilman agar dapat tetap hidup dalam reruntuhan Warsawa karena peperangan sangat menginspirasi. Apalagi, kamu mungkin terkejut saat tahu bahwa film ini ternyata diusung dari kisah nyata.

Bahkan, film ini begitu detail, menceritakan perubahan Warsawa. Szpilman menggunakan musik untuk tetap mendukungnya dalam keadaan sulit.

Baca Juga :   Cerita Motivasi Islam yang Menyentuh Hati

14. Life of Pi

Kapal tujuan Kanada mengalami masalah yang membuat seluruh awak kapal tidak bernyawa, kecuali Pi. Ia satu-satunya yang berhasil selamat, namun ia berada di tengah lautan, bersama dengan harimau, hyena, juga orangutan.

Seluruh petualangan Pi menjadi kisah perjuangan tersendiri bagi para penikmat film. Kamu juga akan menikmati suguhan visual segar karena pemandangan alam dalam film tersebut.

15. A Beautiful Mind

Diangkat dari sebuah buku karangan Sylvia Nasar, film ini mengupas berbagai hal penting – komitmen, kesuksesan, juga kebodohan pikiran manusia.

Adalah John Nash, seorang ahli matematika yang akhirnya menemukan sesuatu dalam dirinya yang tak pernah ia sadari. Ia menemukan jati dirinya sebagai seseorang yang mengerikan.

16. 12 Angry Men

12 pria mencoba mencapai keputusan bersalah, tapi Henry Fonda justru berbeda. Ia justru menunjukkan sikap ragu terhadap seluruh elemen kasus yang muncul.

Film ini mengajarkan bahwa tidak semua keputusan itu tidak bisa berubah. Ditengah perdebatan yang terus memanas, justru masalah pribadi muncul, dan saat itulah hal pelik justru jadi prioritas kedua.

Selain itu, film yang hanya shooting di satu ruangan ini mampu menunjukkan berbagai perilaku manusia.

17. Life is Beautiful, Film Inspiratif Keluarga

Film di tahun 1997 ini layak masuk dalam deretan film inspiratif, mengapa? Karena berhasil mengusung tentang harapan dan imajinasi.

Guido adalah seorang pria yang sudah berpisah dengan istrinya, Dora. Namun, ia terus berusaha untuk membuat putra semata wayangnya senang. Guido tidak berhenti melakukan hal-hal positif dan terus bersemangat. Walaupun, kondisi keluarga seperti ini tentu tidak akan mudah baginya.

Guido memiliki keyakinan bahwa tidak ada hal yang penting baginya, kecuali untuk membuat keluarganya kembali bersatu, dalam kondisi apapun.

18. Rush

Sudah pernah nonton film ini? Tonton deh. Plot Rush mengangkat tentang persaingan James Hunt dan Niki Lauda.

Kedua pembalap F1 ini harus berhadapan agar menjadi yang terbaik, sehingga kamu dapat menikmati alur cerita yang melibatkan fisik dan mental kuat.

Persaingan dan perlombaan untuk menjadi terbaik itu sekaligus mengajarkan banyak hal, bahwa kamu harus bekerja keras untuk menjadi yang terbaik.

19. The Blind Side, Film Paling Inspiratif

Kalau kamu bilang bahwa ikatan keluarga hanya karena faktor hubungan darah, tentu ini nggak bener. The Blind Side menceritakan tentang keluarga Tuohy yang mengadopsi Micheal, remaja kulit hitam yang tidak punya rumah. Keputusan ini membawa perubahan besar dalam kehidupan keluarga tersebut.

Film inspiratif ini mengajak siapapun yang nonton agar belajar tulus, memberi tanpa mengharap imbalan.

20. The Greatest Game Ever Played

Francis adalah pribadi keras kepala, punya keinginan kuat, sampai-sampai ia nggak peduli walaupun ayahnya berbeda pendapat dengannya. Nah, ngomongin tentang kisah dimana sang anak bisa memberontak dari ayah yang dominan, kamu juga bisa baca kisah inspiratif, Tara Westover.

Balik lagi ke film ini ya, Francis adalah seorang caddy, ia nggak hanya menikmati bagaimana orang kaya bermain, tapi juga ia bisa melihat idola masa kecil.

Film ini layak berada dalam deretan film inspiratif terbaik sepanjang masa karena mengangkat tentang mimpi, kesuksesan, dan perjuangan. Nabok banget buat siapapun yang punya mimpi, pengen sukses, tapi masih belum start apapun.

Nah, sekarang kamu sudah baca beberapa penjelasan singkat terkait film inspiratif di atas. Semoga, setelah nonton beberapa dari film ini, kamu jadi lebih semangat dan punya motivasi lebih saat menghadapi tahun 2021 ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 2 =