Cerita Inspiratif Singkat Menteri Susi Dipuji Hingga Dibully

0
1256

Cerita Inspiratif singkat memang menarik untuk dibicarakan. Selain memancing motivasi agar tetap semangat dengan yang Anda targetkan, cerita yang menginspirasi selalu memberikan kesan mendalam sehingga membuat Anda jadi tidak ragu dalam melangkah meraih cita. Nah, jika berbicara tentang cerita dan inspirasi, sepertinya nama Menteri Susi harus masuk dalam deretan tokoh perempuan yang sedang digandrungi dunia, mengapa?

Cerita Inspiratif Singkat Tentang Menteri Susi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok menteri nyentrik yang satu ini. Bertugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, ada banyak hal positif yang membuat menteri Susi berhasil mencuri perhatian dunia, apa saja? Berikut informasi yang dapat Anda simak.

Cerita Inspiratif Singkat Menteri Susi Sebagai Wanita Yang Paling Dikagumi

Salah satu cerita inspiratif singkat tentang menteri Susi Pudjiastuti adalah bagaimana ia berada di ranking paling atas dari survey online. Ya, sebuah survey online yang dilakukan oleh lembaga survey independen yang berbasis di Inggris, YouGov, nama menteri Susi berhasil mencuat sebagai wanita nomor satu yang paling dikagumi di Indonesia. Bahkan, popularitasnya sangat dikagumi milenials, sehingga berhasil mengalahkan popularitas Najwa Shihab, Sri Mulyani, Agnes Monica, hingga Taylor Swift.

Selama Bekerja, 10 Ribu Kapal Asing Berhasil Diusir Bu Menteri

Dengan komitmen untuk meningkatkan jumlah nelayan lokal, wanita hebat yang satu ini benar-benar tak pandang bulu untuk mengusir kapal asing pencuri ikan. Tak tanggung-tanggung, data dari Sensus Pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa terdapat penurunan signifikan tentang rumah tangga nelayan, yaitu 50%. Di tahun 2003, total rumah tangga nelayan mencapai 1,6 juta, namun di tahun 2013 yang tersisa kurang dari 900,000. Selain mencuri ikan dan melakukan illegal fishing, kapal-kapal tersebut juga ikut menikmati solar subsidi.

Selama Bekerja, 10 Ribu Kapal Asing Berhasil Diusir Bu Menteri

Cerita Inspiratif Singkat Menteri Susi Yang Banjir Pujian Dari Malaysia

Pertemuan yang dilakukan antara menteri Susi dan Dato’ Salahuddin bin Ayub tak lepas dari salah satu usaha guna menjalin kerjasama dalam hal perikanan. Dato’s Salahuddin mengaku terkesan dengan segala upaya Susi, termasuk bagaimana pengalaman menteri tersebut untuk mengatasi berbagai masalah di bidang kelautan dan perikanan. Dalam pertemuan itu, Susi meminta kerjasama Malaysia untuk memberantas IUU fishing. Sikap berani dan tegas menteri Susi selama ini sebagai sosok dalam cerita inspiratif singkat yang membuahkan hasil. Di tahun 2013, stok ikan hanya sekitar 7,3 juta ton dan berkat pengamanan ketat, Indonesia di tahun 2017 memiliki stok ikan hingga 12,54 juta ton.

Sudah Tenggelamkan Hingga 516 Kapal Yang Mencuri Ikan

Dengan motivasi dalam bekerja yang sangat tinggi, Menteri Susi telah berhasil menenggelamkan hingga 516 kapal yang telah mencuri ikan di perairan Indonesia. Sejak ia menjabat sebagai menteri di tahun 2014, Susi Pudjiastuti memberlakukan peraturan tegas dimulai Oktober, 2014.

Mengenai data 516 kapal tersebut langsung disampaikan oleh Agus Suherman, Plt Dirjen Pengawan Sumber Daya dan Perikanan. Dari semua kapal tersebut, kapal pencuri ikan yang paling banyak, yaitu 294 kapal menggunakan bendera Vietnam, 92 kapal asal Filipina, 76 kapal milik Malaysia, dan 23 kapal asal Thailand.

Cerita Inspiratif Menteri Susi Masuk Dalam Daftar Pemikir Terbaik di Dunia

Foreign Policy mengumumkan secara khusus di akhir Januari, 2019 tentang 10 Pemikir Terbaik Di Dunia dalam bidang pertahanan dan keamanan. Lagi-lagi, Nama Susi terdengar di seluruh dunia dan diakui sebagai salah satu wanita berpengaruh. Prestasi tersebut diberikan karena keberhasilan Menteri Susi untuk mempertahankan sumber daya di laut Indonesia. Dia juga masih menyabet beberapa penghargaan seperti foto di bawah ini.

Cerita Inspiratif Menteri Susi Masuk Dalam Daftar Pemikir Terbaik di Dunia

Menteri Susi Setop Subsidi Solar Dan Bongkar Modus Pengusaha

Dilansir dari Liputan6, Menteri KKP ini mengakui ada banyak modus para pengusaha agar tidak perlu membayar pajak perikanan tangkapan laut yang mereka hasilkan di dalam negeri. Dia menuturkan bahwa pengusaha sering mengurangi volume ikan. Penggunaan kapal 100 GT kemudian ditulis hanya 30 GT. Cara ini sering digunakan agar dapat terhindar dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tak hanya itu, Menteri Susi juga memaparkan alasan menghentikan subsidi solar untuk kapal di atas 30 GT yang sebenarnya bukan UMKM. Kapal-kapal tersebut adalah kapal para pengusaha.

Menteri Susi Cegah Kerugian Negara Hingga 1.37 T Dari Lobster

Dari tahun 2015 hingga 12 Juli 2019 ini, pemerintah berhasil mencegah adanya penyelundupan lobster sebanyak 263 kasus. Jumlah benih lobster yang berhasil dicegah mencapai hingga 9.825.677 ekor atau setara dengan Rp. 1.37 T. Operasi terbaru dilakukan setelah Kepolisian Negara Republik Indonesia menggandeng Badan Karantina Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). Dengan adanya tim gabungan tersebut, maka pemerintah berhasil menggagalkan kasus penyelundupan benih lobster juga benih sidat atau glass eels dari dua lokasi, Lampung dan Jambi. Tentu cerita inspiratif singkat ini menjadi motivasi bagi dunia terutama bagaimana untuk menangani permasalahan penyelundupan benih.

Cerita Inspiratif Singkat Menteri Susi Dengan Gebrakan Tinggalkan Plastik

Susi Pudjiastuti, menteri yang satu ini bahkan secara langsung berhasil mengajak seluruh masyarakat untuk peduli lingkungan. Tak tanggung-tanggung, ide yang keluar kali ini adalah memakai sneakers buatan Converse yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang. Cerita inspiratif singkat ini mengundang banyak perhatian baik dari pemerintah Indonesia sampai masyarakat di seluruh dunia.

Ada-ada saja akal Menteri Susi yang langsung bergerak cepat membuat sebuah video dan mengunggahnya dalam instagram. Menteri Susi langsung mempromosikan produk tersebut dengan menyebutkan bahwa sepatu tersebut dibuat dari botol-botol plastik yang didaur ulang.

Menteri Susi Banjir Pujian, Di Indonesia Dianggap Preman

Menteri Susi Banjir Pujian, Di Indonesia Dianggap Preman

Di dunia, Menteri Susi mendapatkan banyak pujian, baik sebagai pengusaha dengan cerita inspiratif singkat atau seorang Menteri yang berhasil meningkatkan pasokan ikan dan sumber daya laut. Dari curhat Sui Pdujiastuti, Dia kira hidupnya akan dihormati banyak orang ketika duduk di jajaran Menteri. Namun, hal luar biasa yang jauh dari dugannya terjadi. Susi mengakui bahwa tidak sedikit yang sering menyerang baik berupa bully, hoaks, dan lainnya karena pencapaian yang ia lakukan di KKP. Tak gentar, Dia juga sering disebut sebagai preman oleh orang-orang yang kurang menyukainya. Selain disebut preman, menteri Susi juga sering mendengar dirinya disebut sebagai si tato atau si smoke.

Tentu masih ada segudang hal positif atau prestasi dari Bu Menteri. Semua hal tersebut patut menjadi daftar cerita inspriatif singkat yang semakin menarik untuk disimak. Namun, terlepas dari itu semua, Bu Menteri yang satu ini menunjukkan memberi pelajaran berharga. Tentu tidak mudah jadi pemimpin pemerintahan atau pengusaha wanita. Terlepas dari hal itu, wanita harus berani mengambil resiko, tegas, dan teliti dengan peluang.

Dirinya juga mengakui bahwa perjuangan untuk terus meningkatkan hasil tangkapan laut masih belum selesai. Namun, Menteri Susi juga mengaku cukup bangga bahwa perikanan di Indonesia kini berhasil menjadi contoh di sluruh dunia. Bahkan, beberapa buku yang diterbitkan oleh universitas di Amerika turut menceritakan tentang manajemen perikanan di Indonesia. Terus maju ya Bu, ditunggu lebih banyak cerita inspiratif singkat, semoga selalu sehat dan terus berkarya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 4 =