Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Banget

0
948

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula. Kamu pengen belajar dan berbisnis? Tentu saja bisa. Tidak sedikit mahasiswa yang berpikir untuk memiliki kegiatan sampingan yang menghasilkan uang. Selain terus belajar para mahasiswa ini biasanya memutar otak untuk mencari pekerjaan agar bisa menunjang kehidupan mereka. Banyak juga yang rela banting tulang agar sekolah merekea tetap jalan, dan pemasukan lancar.

Bisnis mahasiswa saat ini memang sedang naik daun. Biasanya banyak mahasiswa mencari ide untuk mencoba bisnis dengan modal sedikit. Tentu bisnis yang dilakukan harus sesuai kantong mereka. Sebenarnya bisnis apapun bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Asal mereka mampu berpikir kreatif dan pandai membaca situasi dan kondisi. Karena pada dasarnya bisnis mahasiswa ataupun usaha lainnya sama-sama membutuhkan ketekunan dan kreatifitas yang tinggi.

Mahasiswa, Bisnis dan Jiwa Kreatif

Sebenarnya mahasiswa sendiri adalah pribadi yang aktif dan kreatif. Sehingga bagi mereka tidak susah untuk memulai suatu bisnis yang mudah dan ringan di modal. Apalagi mereka hidup di tengah-tengan manusia yang setiap harinya membutuhkan banyak hal. Mulai dari makanan, peralatan belajar, fashion dan lain sebagainya. Tentu hal ini bisa dijadikan peluang membuka usaha yang menjanjikan.

Setiap mahasiswa tentu memiliki motivasi  yang berbeda-beda dalam memualai bisnis mereka. Entah untuk tambahan uang jajan, meringankan beban orang tua atau bahkan ada juga yang mulai bisnis dengan niat membangun usaha jangka panjang. Semua itu bisa diwujudkan asal ada kemauan. Kamu bisa terus belajar sembari bekerja dan mendapat pemsukan secara konsisten. Siapa bilang pelajar tidak bisa jadi pengsaha?!

Belajar sambil bekerja tentu boleh-boleh saja. Asal mampu menyeimbangkan antara keduanya. Jangan sampai lo pekerjaan sampinganmu menjadi penghambat kegiatan akademismu. Bisa-bisa kamu gagal lulus gara-gara terlalu enjoy melakukan pekerjaan. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membuka usaha kamu mencermati dulu jenis bisnis apa yang sesuai dan tidak mengganggu belajarmu. Biasanya bisnis untuk mehasiswa adalah bisnis-bisnis ringan, modal sedikit dan mudah dilakukan. Agar kuliah dan usahamu bisa berjalan beriringan.

Apalagi mahasiswa mandiri yang harus dituntut untuk survive, biasanya mereka akan lebih totalitas untuk mengembangkan usahanya. Maklum, kantong pelajar memang rawan krisis. Lebih-lebih jika kiriman pas-pasan, bisa-bisa mereka memeras keringat hanya untuk bayar kuliah dan buat makan. Belum lagi kalau kamu termasuk mahasiswa mandiri yang sudah tidak bisa lagi mengandalkan orang tua, tentu kamu harus menemukan seribu cara untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan kamu. Nah, salah satunya ya dengan menggeluti bisnis ala-ala mahasiswa ini.  Bisnis yang mudah dan ringan di kantong. Jangan lupa untuk memilah-milah jenis bisnis yang hendak kamu tekuni ini. Agar kerja dan belajarmu tetap stabil.

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Di antara bisnis-bisnis mahasiswa yang ringan dan mudah adalah sebagai berikut.

1. Menjual Pulsa Elektrik

Menggeluti bisnis ini memang cukup efektif untuk dilakukan para mahasiswa yang sedang mencari kerja sampingan. Karena bisnis yang satu ini cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak modal. Selain itu menjual pulsa elektrik juga sangat mudah dilakukan oleh mahasiwa karena target pasarnya sangat jelas. Apalagi biasanya bagi para mahasiswa pulsa menjadi kebutuhan yang cukup krusial untuk menunjang aktifitas mereka sehari-hari.

Untuk memulainya kamu hanya cukup bermodalkan 50-100 rb rupiah untuk mengisi saldo pulsa yang kamu miliki. Untung yang di dapat dari bisnis ini memang tidak begitu banyak, tapi jika kamu lakukan dengan senang hati dan pelanggan puas, bisa jadi bisnismu akan semakin berkembang dan pelangganmu akan semakin banyak.

Nilai plusnya dari bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu belajarmu. Karena kamu cukup mengirimkan pulsa yang dipesan kepada pelanggan. jangan lupa untuk mempromosikannya lewat grup-grup mahasiswa yang kamu miliki, atau bisa juga melalui media-media sosial. Jelaskan bahwa kamu jual pulsa elektrik dengan harga yang murah dan pelayanan yang bagus.  Walaupun keuntungannya kecil, kalau pelanggan semakin banyak untung yang di dapat pun akan semakin melimpah.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum memulai usaha ini adalah memilih server terbaik, mendaftarkan diri kamu kepada agen-agen pulsa, melakukan pengesian saldo, dan menetapkan harga bersaing. Setelah itu kamu sudah bisa melakukan promosi dan berjualan.

2. Usaha Sampingan menjadi Dropshiper

Katimbang menjadi reseller, biasanya para mahasiswa lebih memilih menjadi dropshiper sebagai salah satu pilihan usaha online. Karena menjadi dropshiper lebih cocok dilakukan oleh mahasiswa pemula. Selain menjanjikan, bisnis ini juga relatif gampang dan simpel. Menjadi dropshiper tidak perlu repot-repot mengemas dan mengirim barang kepada pelanggan. sehingga waktu yang dimiliki akan  lebih longgar.

Menjadi dropshiper juga tidak membutuhkan modal banyak. Hanya cukup menggunakan handphone dan komputer untuk memasarkan barang yang hendak dijual. Biasanya para dropshiper hanya akan mempromosikan barang dagangan melalui media-media sosial, wesite ataupun blog.  Jika memang ada pelanggan yang tertarik dan hendak membeli, dropshiper hanya perlu mengkonfirmasikannya kepada suplier untuk segera mengirim barang tersebut kepada pembeli. Singkatnya, menjadi dropshiper hanya sebagai perantara antara suplier dan pembeli.

Kelebihannya lagi, kamu tidak perlu memikirkan resiko untung dan rugi. Karena semua barang dan proses pengiriman ditangani langsung oleh suplier. Sehingga jika ada kendala pemasaran tidak akan berpengaruh kepadamu. Akan tetapi resiko yang tidak terlalu besar ini juga menjadikan untung yang kamu dapatkan tidak terlalu besar. Karena kamu tidak bisa mendapatkan barang dengan harga grosir seperti reseller. Harga jualnya pun akhirnya harus sesuai harga pasar dan tidak terlalu tinggi.

3. Menjadi Bloger atau Penulis Website

Biasaya banyak dari mahasiswa yang memiliki hobi membaca dan menulis. Alih-alih menulisnya dalam buku harian, sebenarnya akan lebih menguntungkan jika mengekpresikannya melalui media-media internet sepeti website atau blog. Kamu bisa menuliskan banyak hal yang kamu sukai. Mulai dari pengetahuan ilmiyah, berbagi pengalaman hidup, pengalaman travelling atau seputar tips-tips ringan agar sukses belajar.

Selain memiliki blog dan website pribadi, kamu juga bisa kerja sampingan menjadi  penulis freelance di salah satu situs website. Kamu bisa menuliskan banyak hal tergantung permintaan klien. Entah yang bersifat kajian akademis, artikel bisnis, ataupun artikel-artkel ringan seputar kehidupan sehari-hari. Sistem kerjanya sendiri dinilai seberapa banyak kamu menulis. Semakin banyak kamu menghasilkan tulisan maka gaji yang kamu dapatkan akan semakin banyak. Walaupun demikian, setiap pengelolaan situs website memiliki kesepakatan yang berbeda-beda tergantung bagaimana pihak management bersepakat dengan para penulisnya.

4. Menjual Makanan Ringan

Sebagai usaha sampinganmu, kamu juga bisa memulainya dengan menjual makanan-makanan ringan. Makanan ini bisa kamu buat sendiri, atau kamu ambil dari pemasok jajanan. Biasanya kebanyakan mahasiswa hanya menjual jasa untuk menjual jajanan ringan di sekitar kampus. Modal dan bahan akan tanggung oleh penjualnya. Kita hanya perlu menjualnya dan mengambil keuntungan dari setiap barang yang sudah laku terjual. Jika dangannya laku banyak untung yang kamu dapatkan juga akan banyak.

Selain itu juga ada sistem borongan. Dimana pemilik barang akan membayarmu seperti pekerja-pekerja biasanya. Yaitu harian, mingguan ataupun bulanan. Gaji ini tidak dihitung dari seberapa banyak kamu bisa menjual barang dagangan tapi berapa kali kamu aktif dan masuk kerja.

Sekian beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa pemula yang bisa kamu jadikan refrensi untuk memulai usahamu di tengah-tengah kesibukan belajarmu.  

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 17 =