5+ Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Pemula, Modal Kecil

0
49

Bisnis yang menjanjikan tidak selalu dijalankan oleh para pebisnis yang sudah punya jam terbang tinggi. Atau, bisnis seperti ini tidak melulu tersedia hanya untuk yang punya modal besar.

Walaupun kamu seorang pemula dan hanya punya modal kecil atau bahkan tidak punya modal, kamu bisa mencoba beberapa jenis bisnis yang terbilang menjanjikan di masa depan. Kendati demikian, kamu dituntut untuk terus berinovasi, punya kreativitas tinggi, dan selalu rajin mencari peluang.

Bisnis yang menjanjikan

Langsung saja, berikut adalah macam-macam bisnis yang menjanjikan yang tersedia untuk semua kalangan. Kalau kamu bekerja keras, dijamin usaha kamu nggak bakalan sia-sia!

Buat Produk Ramah Lingkungan

Dengan modal kecil atau menengah, kamu bisa melakukan bisnis online atau offline ini di rumah atau di tempat kerja yang kamu miliki. Ada banyak produk bermanfaat yang sangat baik untuk lingkungan.

Misalnya, kamu bisa mencoba bisnis ala Deasy Esterina, pelaku bisnis yang memilih menghasilkan produk ramah lingkungan. Apa yang ia buat adalah Kreskos, sebuah tas kreatif yang berbahan sampah plastik. Selain meraup keuntungan yang fantastis, Deasy mampu mengembangkan bisnis ini hingga ke kancah internasional.

Berapa modal yang dibutuhkan Deasy? Ia memulai dengan uang hanya Rp. 10.000.000 untuk beli berbagai perlengkapan. Kemudian, ia juga memulai menjual produk dengan menggunakan media sosial. Disinilah, ia juga turut menyadarkan banyak masyarakat tentang pentingnya menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Kini, Deasy mampu menjual lebih banyak produk dan bahkan omzet yang ia capai tembus Rp. 60 juta per bulan!

Bisnis Yang Menjanjikan – Buka Kursus Online

Buat kamu yang pengen menjalani bisnis rumahan seccara online dengan modal sangat minim, cobalah untuk membuka kursus online.

Kursus yang satu ini cocok buat kamu yang punya keahlian dalam suatu bidang, namun menggunakan teknologi internet. Misalnya, untuk kamu yang jago Bahasa Inggris, kamu bisa membuka kursus atau les privat dengan cara ini.

Kalau membangun lembaga kursus reguler, ada banyak biaya yang harus kamu gelontorkan. Mulai dari harus menyiapkan tempat khusus untuk proses belajar mengajar, membeli beberapa keperluan, dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang cukup menantang dengan membuka kursus reguler adalah persaingannya yang sangat sengit.

Tentu saja, kursus online jadi lebih unik dan menawarkan angina segar. Bagaimana tidak, kamu bisa bisnis dari rumah. Kamu juga bisa mengajar anak-anak mata pelajaran penting di sekolah. Untuk kamu yang jago menjahit, kamu juga bisa membuka kursus di bidang tersebut.

Contoh real adalah Amimono. Coba kunjungi website tersebut dan kamu pasti menemukan sebuah tempat kursus untuk belajar merajut secara online. Ada banyak skil merajut yang bisa kamu pelajari seperti yubiami, crochet, atau juga knitting.

Bisnis Yang Menjanjikan – Bikin Kerajinan Tangan

Bisnis rumahan selanjutnya yang dapat kamu kembangkan secara online atau offline dengan modal kecil sampai menegah adalah kerajinan tangan. Crafts adalah salah satu ketrampilan yang banyak digandrungi orang, karena membutuhkan kreativitas tinggi.

Nah, untuk kamu yang punya sangat suka membuat berbagia kerajinan tangan, sangat mungkin mengubah hobi jadi bisnis. Bahkan, kamu juga bisa meanfaatkan bahan bekas sebagai tambahan untuk mengurangi biaya produksi. Modal yang dibutuhkan juga terbilang minim, bahkan bisa dimulai hanya dengan uang sekian ratus ribu saja.

Salah satu hal penting bagi para pelaku usaha kerajinan tangan adalah kejelian dan ketekunan. Apalagi jika proses produksi masih dilakukan secara manual yaitu handmade, yang pastinya lebih membutuhkan banyak waktu.

Contoh tokoh bisnis yang sangat inspiratif dalam hal kerajinan tangan adalah I Nyoman Gede Sumaartha. Pengusaha asal Bali tersebut memjulai bisnis dengan jualan hasil karya orang lain. Ketika ia merasa bahwa supplier punya bahan yang kurang berkukalitas, ia pun langsung mengambil keputusan memproduksi sendiri demi kepuasan pelanggan.

Terbukti, apa yang ia lakukan menarik perhatian banyak peminat. Seluruh produk yang ia buat juga bahkan memenuhi permintaan pasar internasional. Tak main-main, omzet yang dicapai terbilang fantastis yaitu Rp. 700 Juta Rupiah!

Jasa Buat Web

Bisnis yang menjanjikan berikutnya dengan modal kecil adalah dengan buka jasa web. Kamu nggak perlu harus punya skill, kalau misalnya kamu adalah seorang pemula. Soalnya, dengan menjadi broker untuk web, kamu tinggal memperkerjakan orang lain sebagai web developer yang sudah kamu percaya.

Dengan membuat bisnis seperti ini, kamu tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Kendati demikian, jasa ini memberikan profit yang cukup menggiurkan.

Bahkan, kamu juga bisa mengandeng usaha lain yang masih berhubungan dengan web. Hal ini penting supaya kamu juga punya penghasilan tambahan.

Ketika menawarkan jasa buat web, kamu harus menyediakan domain dan hosting. Nah, disinilah kamu bisa merangkap menjadi reseller hosting atau domain. Dengan kerjasama seperti ini, kamu juga tidak membutuhkan biaya pendaftaran atau modal.

Jasa Wedding Organizer

Pernikahan adalah bagian dari kebutuhan. Setiap pasangan, pasti juga punya impian untuk menikah, terlepas pernikahan tersebut dirayakan secara besar-besaran atau secara sederhana. Kedua kondisi tersebut sama-sama membutuhkan jasa wedding organizer.

Fungsi wedding organizer tak hanya untuk mengurus dekor. Tapi, juga untuk memastikan bahwa momen pernikahan bisa berjalan lancar dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pasangan dan tamu undangan.

Bisnis yang satu ini tergolong punya prospek. Semua ini bisa dilihat bahwa wedding organizer terus bertambah setiap tahun. Bahkan, nilai bisnis pernikahan tersebut bisa mencapai Rp. 500 Triliun!

Kunci utama membangun bisnis ini adalah kreativitas dalam membaca pasar. Salah satu pemilik vendor Wedding Organizer adalah Fitri Aulia Abdullah. Konsep spesifik yang diusung adalah wedding secara syar’i.

Berapa modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis yang satu ini? Fitri menyebut bahwa ia memulai bisnis yang satu ini tanpa modal. Sedangkan Yupitirani, seorang wedding organizer menyebut modal minimal adalah Rp. 3 Juta.

Bisnis Yang Menjanjikan – Affiliate Marketing

Dengan modal kecil, bisnis online masuk dalam tipe bisnis rumahan. Sebagai affiliate marketing, maka kamu harus mampu menggunakan berbagai cara promosi. Tujuannya adalah produk milik pihak lain bisa terjual dan kamu mendapatkan komisi. Peluang usaha ini terbilang sangat menggiurkan. Kamu bahkan bisa mencoba bisnis ini tanpa modal.

Bagaimana cara kerja seorang affiliate marketer? Sebuah kode referral akan digunakan oleh seorang pembeli produk. Kode tersebut didapatkan dari kamu supaya nanti dari kode tersebut komisi yang menjadi hakmu bisa dicairkan.

Salah satu contoh program afiliasi yang ada di Indonesia adalah Niagahoster. Misalnya, kalau kamu bisa menjual hosting, kamu bisa mendapatkan komisi sebesar 70%. Namun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri sebagai affiliate.

Jual Perangkat Lunak (Software)

Bisnis ini bisa kamu lakukan di rumah, baik dengan cara offline atau online. Kamu juga cukup menggunakan modal kecil atau menengah. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu geluti, karena memang teknologi informasi sedang sangat menjamur.

Untuk kamu yang punya kemampuan seperti pemrograman, bisnis seperti ini adalah pilihan yang ideal. Salah satu pelaku bisnis yang sukses di bidang ini adalah Donny Kris Puriyono. Sebagai Lulusan STIKI Malang, ia berhasil membuat banyak software, seperti software laboratorium sampai manajemen sekolah.

Dengan usaha ini, ia juga bisa memenuhi permintaan pasar internasional. Serta, dengan hasil kerja keras yang ia lakoni, ia pun telah berhasil membuat perusahaan IT.

Jasa Penitipan Anak

Jasa penitipan anak juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan yang bisa dilakukan dengan modal kecil sampai besar. Bisnis ini bisa dilakoni di rumah, baik secara offline atau online.

Untuk kamu yang suka dengan anak-anak, bisnis seperti ini bisa jadi pilihan yang cocok. Apalagi saat ini, orang tua selalu sibuk, entah itu ayah atau ibu, sehingga membuat mereka harus menyewa seorang baby sitter yang jauh lebih mahal tentunya dibandingkan dengan menitipkan anak di tempat penitipan khusus.

Bisnis yang menjanjikan

Idealnya, bisnis ini populer di kota-kota besar. Modal yang dibutuhkan terbilang minim terutama jika rumah kamu juga sudah cukup mendukung untuk menampung banyak anak. Namun, tentu harus membutuhkan biaya besar jika memang harus melakukan renovasi supaya rumah juga dapat disulap sebagai area bermain. Ada juga berbagai perlengkapan untuk anak-anak bermain dan tidak bosan.

KideeChildCare adalah salah satu bisnis penitipan anak yang sedang populer saat ini. Kamu bisa meniru bisnis ini dengan memulai promosi di website. Hal ini penting supaya dapat menjaring banyak konsumen. Tarif penitipan bisa dihitung perbulan. Misalnya dengan mematok Rp 500 ribu untuk tiap anak.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja jenis bisnis yang menjanjikan yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis, semoga membantu!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here